primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Hati-Hati, Sebaiknya Tidak Berikan Makanan Ini pada Bayi di bawah Usia 1 Tahun

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso SpA

Topik: bayi, Nutrisi

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh dengan sehat. Untuk menjaga kesehatan anak, MomDad bisa mendapatkannya dari makanan. Namun, tidak semua jenis makanan bisa diberikan pada anak, lho. Lebih hati-hati, yuk ketahui makanan apa saja yang sebaiknya tidak diberikan anak di bawah usia 1 tahun! 

Madu

Madu tidak boleh diberikan untuk anak di bawah usia 12 bulan karena dapat menyebabkan keracunan makanan serius yang disebut dengan botulism. Sebelum si Kecil berusia 12 bulan, sebaiknya jangan berikan ia makanan yang mengandung madu, termasuk yogurt, sereal atau biskuit dengan kandungan madu ya, MomDad.

Keju

Keju atau yogurt yang tidak dipasteurisasi, karena dapat mengandung bakteri yang bisa menyebabkan diare berat. Selain itu, minuman atau makanan lain yang tidak dipasteurisasi, seperti susu juga berisiko membuat anak terkena bakteri berbahaya. 

Makanan dengan gula tambahan

Makanan dengan tambahan gula, pemanis rendah kalori, atau pemanis tanpa kalori tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 1 tahun. Misalnya seperti, muffin, yogurt rasa, atau kue kering. Anak di bawah usia 2 tahun tidak boleh mengonsumsi gula tambahan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli camilan, MomDad wajib periksa kembali label fakta nutrisi pada kemasan dan pastikan tidak ada gula tambahan ya, MomDad.

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi, seperti makanan kalengan, makanan beku (sosis, atau daging asap), dan keripik kemasan juga tidak dianjurkan. Jika ingin membeli makanan tersebut, periksa kembali label fakta nutrisi pada kemasan dan pastikan kandungan garamnya sedikit.

Ikan yang mengandung merkuri tinggi

Ikan dengan kandungan merkuri tinggi seperti ikan marlin, ikan hiu, tuna sirip kuning, tuna mata besar, dan king makerel sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan pada anak di bawah usia 1 tahun. Pasalnya, merkuri dapat menyebabkan masalah pada otak dan sistem saraf pusat bila kadarnya terlalu tinggi di dalam tubuh.

Daging mentah atau setengah matang

Daging merah, unggas, ikan dan seafood mentah atau dimasak setengah matang mengandung bakteri dan/atau parasit yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan. Oleh karena itu, jika si Kecil mengonsumsi makanan-makanan ini, disarankan untuk memasaknya hingga benar-benar matang.

Telur mentah

Telur mentah dan setengah matang menampung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Meski diyakini bahwa meminum segelas susu dengan telur mentah bisa meningkatkan kekebalan tubuh, namun para ahli merekomendasikan kalau bayi, anak-anak dan wanita hamil tidak mengonsumsi telur mentah.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat ya untuk MomDad dan si Kecil. Jika ingin tahu artikel menarik seputar tumbuh kembang anak lainnya, MomDad dapat membacanya melalui aplikasi PrimaKu atau website primaku.com. Jangan lupa juga follow kami di Instagram @offical.primaku, ya! 

Yuk, like, save, dan share artikelnya!

Sumber foto: iStock

Referencehttps://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/foods-and-drinks/foods-and-drinks-to-limit.html

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Perlu Hati-Hati, Begini Tips Merawat Tali Pusat pada Bayi ya...
25 Mei 2022
cover
Hati-Hati, Kenali Gejala Flu Singapura pada Anak!
29 Jun 2022
cover
Hati-Hati, Ini Varian Makanan yang Berisiko Bikin Anak Terse...
29 Jul 2022
cover
Hati-Hati, Kekurangan Zat Besi pada Anak Bisa Berakibat Fata...
18 Agu 2022
cover
Hati-Hati, Ini Risiko Pemberian MPASI Lebih Cepat pada Bayi!
17 Okt 2022
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: