primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Telur Puyuh untuk MPASI

Author: Annasya

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Telur Puyuh, MPASI

Saat si Kecil sudah mulai MPASI, ada banyak bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai bahan MPASI. Salah satunya yaitu telur puyuh. Ada banyak kandungan yang bisa membantu tumbuh kembang bayi, loh. Untuk tahu lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Kandungan dalam telur puyuh

BeFunky-collage (3).jpg

Umumnya, telur puyuh mengandung nutrisi yang hampir sama dengan telur ayam. Namun, per 100 gram atau sekitar 10 butir telur puyuh mengandung protein, lemak, vitamin B12, riboflavin atau vitamin B2, dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan 100 gram telur ayam (sekitar 2 telur ayam). Selain zat gizi yang disebutkan, telur puyuh juga mengandung kolin, folat, fosfor, dan selenium. 

Selenium dan riboflavin dapat membantu memetabolisme makanan dan mengubahnya menjadi energi. Vitamin B12 dan zat besi merupakan nutrisi penunjang sel saraf dan untuk menjaga kesehatan sel darah merah agar senantiasa berada pada level optimal. Selain itu, kolin juga merupakan bahan pembentuk asetilkolin, suatu neurotransmitter yang digunakan oleh sel saraf untuk mengirimkan sinyal ke otot, bahan pembentuk tulang, otak, serta pertumbuhan sel. Meskipun tidak banyak, telur juga mengandung vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium dari saluran cerna. 

Aturan mengonsumsi telur puyuh untuk bayi

BeFunky-collage (4).jpg

Telur puyuh aman untuk dikonsumsi bayi setiap hari, namun MomDad perlu memastikan bahwa telur sudah matang sebelum dikonsumsi agar si Kecil terhindar dari infeksi salmonella. Selain itu, sebaiknya perkenalkan juga bayi dengan berbagai jenis protein hewani dan bukan hanya telur. Misalnya protein hewani yang berasal dari unggas, daging, ikan, atau seafood agar bayi mendapatkan manfaat nutrisi dari variasi makanan. Karena tidak ada makanan yang dapat disebut sebagai “superfood”, maka MomDad perlu memperkenalkan si Kecil kepada berbagai variasi makanan. 

Bersamaan dengan boleh mulai diberikannya MPASI, MomDad boleh mulai memberikan telur puyuh saat bayi sudah mencapai usia di atas 6 bulan. 

Itu dia penjelasan mengenai pemberian telur puyuh untuk bayi. Saat si Kecil sudah mulai mengonsumsi MPASI, untuk dapat tumbuh menjadi anak yang sehat, perlu diberikan berbagai bahan makanan bergizi yang salah satu di antaranya adalah telur puyuh. 

MomDad mau share informasi atau pertanyaan seputar MPASI dan Laktasi bersama orang tua lainnya? Yuk, ceritakan pengalaman MomDad di Forum MPASI & Laktasi! Selain itu, MomDad juga bisa bertanya seputar kesehatan si Kecil dan akan dijawab langsung oleh ahli, lho.

Sumber foto: Freepik

Referensi:

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Kaya Nutrisi, Ini Ragam Menu Sahur dan Berbuka yang Tepat un...
26 Apr 2022
cover
Puding Roti Srikaya
4 Agu 2022
cover
Inspirasi Resep MPASI Ikan Salmon yang Kaya Omega 3
1 Des 2022
cover
Selai Srikaya
30 Jan 2023
cover
Inspirasi Menu MPASI Double Prohe, Kaya Nutrisi!
5 Jul 2023
cover
Ide Resep MPASI Khas Nusantara Kaya Rasa untuk Usia 8 Bulan
16 Jul 2023
cover
Ide Resep MPASI Berbahan Tempe, Mudah Diolah & Kaya Nutrisi
15 Sep 2023
cover
5 Makanan Kaya Zat Besi untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak
27 Okt 2023
cover
Ide Resep MPASI Kaya Nutrisi & Anti Ribet, Bikinnya Gampang!
2 Nov 2023
cover
Sumber Makanan Kaya Mineral yang Baik untuk Dukung Tumbuh Ke...
9 Nov 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: