primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Masak MPASI Pakai Slow Cooker vs Kompor, MomDad Tim yang Mana?

Author: Fauziah Sabtuanisa

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: MPASI, Tips, Slow Cooker

Di zaman sekarang sudah banyak pilihan peralatan masak yang dapat membantu MomDad dalam membuat MPASI si Kecil. Selain kompor, salah satu alat yang bisa digunakan untuk memasakan MPASI adalah slow cooker. Tapi, mana yang lebih baik untuk memasak MPASI, dengan menggunakan kompor atau slow cooker?

Perbedaan slow cooker dan kompor

BeFunky-collage (48).jpg

Slow cooker adalah alat masak yang menggunakan daya listrik dan dapat mematangkan makanan melalui suhu yang tidak terlalu tinggi. Masak MPASI menggunakan slow cooker biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, namun bisa ditinggal-tinggal tanpa takut gosong. Oleh sebab itu, tidak sedikit MomDad yang menggunakan slow cooker untuk memasak MPASI. Selain menghemat waktu dan bisa melakukan kegiatan lain, slow cooker juga praktis saat digunakan dan tidak repot.

Memasak MPASI dengan menggunakan slow cooker memang memakan waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan dengan kompor biasa. Namun, MPASI yang dimasak dengan slow cooker diklaim dapat mempertahankan dan menjaga kandungan nutrisi serta kualitasnya karena menggunakan suhu yang tidak terlalu tinggi.

Sayangnya, tidak semua jenis makanan bisa dimasak dengan slow cooker. Ada makanan yang sebaiknya tidak dimasak menggunakan slow cooker, seperti beras. Pasalnya, beras sering kali tidak bisa matang dengan sempurna jika dimasak dengan slow cooker. Apalagi jika durasi memasaknya tidak benar atau temperatur yang dipilih kurang tepat. 

Sedangkan kompor merupakan alat masak yang menggunakan kayu bakar, minyak tanah (pada masa lalu), gas atau listrik untuk menghasilkan api atau panas yang akan dihantarkan melalui sebuah media, mungkin  panci, untuk mematangkan makanan.

Saat menggunakan kompor untuk membuat MPASI, MomDad sebaiknya tidak lalai. Sebab, MPASI yang sedang dimasak bisa saja menjadi gosong atau terlalu matang. Kandungan gizi MPASI yang dimasak dengan kompor pun tetap terjaga, selama tidak menggunakan api yang besar dan tidak terlalu matang.

Jadi, lebih baik slow cooker atau kompor?

Memasak MPASI untuk si Kecil menggunakan slow cooker atau kompor biasa sama saja baik dan amannya. Yang berbeda hanyalah lama dan efisiensi waktu yang digunakan. 

Mengggunakan slow cooker untuk membuat MPASI akan dapat mempermudah MomDad yang bekerja dan tidak memiliki cukup waktu untuk memasak pada pagi hari. Bila menggunakan kompor biasa, MomDad harus tetap berjaga sampai MPASI matang dan siap disajikan.

Sebenarnya, yang lebih penting bukanlah apakah MomDad akan menggunakan slow cooker atau kompor biasa, melainkan nutrisi yang terkandung di dalam MPASI, apakah mengandung cukup zat gizi untuk si Kecil.

Jadi, MomDad tim bikin MPASI pakai slow cooker atau kompor? Yuk, share di Forum MPASI & Laktasi!

Narasumber: dr. Moretta Damayanti, Sp.A(K)

Sumber foto: Freepik

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Bubur Ayam Masak Mentega
13 Mar 2023
cover
Tak Perlu Beli Baru, Gunakan Alat Masak Ini untuk Persiapan ...
18 Apr 2023
cover
Bubur Kentang Salmon Masak Santan
18 Apr 2023
cover
Resep Bumbu Dasar biar Masak MPASI Lebih Praktis & Cepat
23 Mei 2023
cover
Alat Masak yang Perlu Disiapkan untuk MPASI
21 Jun 2023
cover
Apakah Boleh MPASI Hanya Dimasak Satu Kali?
3 Agu 2023
cover
Ajak si Kecil Masak & Bikin Kue Bareng, yuk!
8 Okt 2023
cover
5 Pilihan MPASI BB Booster Bumbu Masak Anti GTM
31 Jan 2024
cover
Berbahaya bagi Kesehatan, Hindari Bahan Panci Ini untuk Masa...
22 Apr 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: