primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Sampai Kapan Anak Harus Minum Susu Formula?

Author: Annasya

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Susu Formula

Susu formula (sufor) merupakan alternatif makanan bagi bayi usia < 6 bulan yang tidak dapat memperoleh ASI maupun ASI donor. Bagi bayi yang sudah memasuki usia MPASI, susu formula masih merupakan sumber energi sekitar 30-70%, bergantung pada usia bayi.

Pada anak diatas 1 tahun, energi dari makanan cair (ASI atau susu formula) masih menyumbang sekitar 30% kebutuhan energi. Tidak ada aturan berapa lama harus menghentikan susu formula, karena hal itu akan sangat bergantung pada kondisi individual anak, serta apakah anak masih terindikasi memerlukan asupan tambahan dari sufor.

Bagaimana sih menentukan apakah anak masih membutuhkan susu formula atau sudah siap untuk berhenti minum susu formula? MomDad dapat menentukan melalui pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak. Umumnya pada anak > 1 tahun, UHT sudah boleh diberikan sebagai tambahan protein dan energi bagi anak tanpa kebutuhan medis khusus. Anak yang memiliki masalah gizi umumnya memerlukan susu formula khusus (pangan keperluan medis khusus) untuk menunjang pertumbuhannya.

Perbedaan antara susu formula dan susu sapi

BeFunky-collage - 2023-08-25T105550.027.jpg

Susu sapi dalam konteks susu sapi segar mengandung energi, protein, vitamin dan mineral yang sudah alami terdapat di susu sapi. Sedangkan, susu formula telah diformulasikan khusus melalui teknologi pangan agar komposisinya menyerupai ASI dan terdapat sedikit perbedaan kandungan antara susu formula untuk masing-masing kelompok usia.

Lantas, apa sih yang terjadi jika anak minum susu formula lebih lama dari yang direkomendasikan? Susu formula yang berlebihan dan tidak sesuai kebutuhan akan berisiko menyebabkan anak mengalami overweight atau obesitas, anemia defisiensi besi, serta karies gigi jika anak sering tidur dengan botol susu di mulutnya. Namun, untuk anak dengan kondisi keperluan gizi khusus, harus tetap minum susu formula lebih lama dari biasanya.

Referensi: American Academy of Pediatrics (Copyright @ 2023). From Bottle to Cup: Helping Your Child Make a Healthy Transition. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/feeding-nutrition/Pages/Discontinuing-the-Bottle.aspx


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Cara Mengukur Panjang dan...
28 Mar 2022
cover
Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Stunting dan Gizi Buruk!
19 Mei 2022
cover
Jangan Sampai Salah! Ini Cara Tepat Menjaga Kebersihan Telin...
20 Mei 2022
cover
Sampai Usia Berapa Anak Mengompol Dikatakan Normal? Cari Tah...
17 Jun 2022
cover
Si Kecil Jangan sampai Kekurangan Zat Besi!
16 Mei 2023
cover
Biang Keringat Bayi sampai Berair, Berbahayakah?
28 Agu 2023
cover
Sampai Kapan sih Obat Boleh Disimpan? Cari Tahu di Sini!
2 Nov 2023
cover
Sampai Kapan Orang Tua Bisa Mandi bersama Anak? Ini Batasan ...
28 Nov 2023
cover
Anak Alami ADB, Sampai Kapan Perlu Terapi Zat Besi?
9 Jan 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: