primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Ramai Oknum Guru Menculik Murid, Perhatikan Ini saat Memilih Sekolah

Author: Dhia Priyanka

Topik: Parenting Lifestyle, Lifestyle, Tips, Sekolah

Beberapa waktu lalu, berita dihebohkan dengan penculikan anak yang dilakukan oleh seorang guru di Tangerang Selatan. Dampaknya, banyak para orang tua yang mempertanyakan bagaimana sistem keamanan sekolah tersebut, sehingga hal seperti itu bisa terjadi. Dari kejadian ini, kita jadi belajar bahwa memilih sekolah yang aman untuk anak dan melindunginya dari risiko penculikan merupakan salah satu hal yang wajib dipertimbangkan oleh orang tua. Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih sekolah yang aman:

  • Tinjau kebijakan sekolah

Periksa kebijakan sekolah terkait keamanan dan langkah-langkah yang diambil untuk melindungi anak. Pastikan sekolah memiliki kebijakan yang ketat terkait keamanan siswa dan penjagaan pintu masuk.

  • Fasilitas dan infrastruktur

Periksa keadaan fasilitas dan infrastruktur sekolah. Pastikan pintu dan pagar terkunci dengan baik, adanya pengawasan CCTV, sistem keamanan yang memadai, serta prosedur evakuasi dalam keadaan darurat.

  • Staf yang berkualifikasi

Pastikan sekolah memiliki staf yang berkualifikasi dan berpengalaman dalam menghadapi situasi darurat. Tanyakan tentang pelatihan keamanan yang diberikan kepada staf dan pengawas sekolah.

  • Pengawasan yang ketat

Pastikan ada pengawasan yang ketat terhadap semua orang yang memasuki lingkungan sekolah. Pastikan ada prosedur yang jelas untuk mengidentifikasi pengunjung dan pengawasan yang teratur selama waktu belajar.

  • Komunikasi yang efektif

Perhatikan bagaimana sekolah berkomunikasi dengan orang tua terkait keamanan anak. Pastikan ada saluran komunikasi yang terbuka dan efektif untuk berbagi informasi dan kejadian yang relevan.

  • Program kesadaran keamanan

Tanyakan apakah sekolah memiliki program kesadaran keamanan yang melibatkan siswa, guru, dan orang tua. Program-program ini dapat membantu anak-anak memahami pentingnya keamanan dan mengajarkan mereka langkah-langkah yang harus diambil dalam situasi berisiko.

Tips di atas dapat memberikan panduan dan rekomendasi yang berguna dalam memilih sekolah yang aman, tetapi selalu penting untuk menggabungkan penilaian pribadi dan informasi yang aktual dari sumber terpercaya ya, MomDad.

Referensi:

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: