primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Sabun Antiseptik hingga Cair, Mana yang Lebih Baik untuk Bayi?

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Sabun Bayi

Memilih produk bayi membutuhkan banyak pertimbangan, termasuk dalam menentukan sabun bayi. Selain dari merek atau harga, MomDad juga perlu mempertimbangkan jenis sabun bayi, yang terdiri dari sabun batang, cair, dan antiseptik. Dari ketiga jenis, sebenarnya mana sih yang lebih baik untuk bayi? Sebelum menentukan, yuk simak penjelasan berikut!

Jenis Sabun

sabun bayi (1).jpg

Ada berbagai jenis sabun bayi yang bisa MomDad temukan di pasaran. Namun, ada 3 jenis sabun bayi yang paling sering ditemukan dan umum digunakan, antara lain:

  • Sabun batang: Sabun batang adalah jenis sabun yang umumnya berbentuk persegi panjang atau silinder dan biasanya digunakan dengan cara menggosokkannya langsung pada kulit.
  • Sabun cair: Sabun cair adalah jenis sabun yang berbentuk cairan, biasanya dikemas dalam botol. Berbeda dengan sabun batang yang padat, sabun cair lebih mudah untuk disemprotkan atau dituangkan ke tangan atau spons saat digunakan. Sabun cair sering digunakan untuk mencuci tangan, mandi, atau membersihkan area tubuh lainnya.
  • Sabun antiseptik: Dikenal juga sebagai sabun antibakteri atau sabun antimikroba, sabun antiseptik mengandung bahan kimia tertentu yang tidak termasuk dalam sabun biasa. Tujuan penambahan bahan kimia tersebut adalah untuk mengurangi atau mencegah infeksi bakteri. Sabun antiseptik mempunyai bersifat polar dan nonpolar, sehingga membuat bakteri lebih mudah larut.

Sabun yang Direkomendasikan untuk Bayi

sabun bayi (2).jpg

Saat memilih produk baby bath, pilihlah bahan-bahan alami yang MomDad kenali. Para ahli pun mengatakan bahwa para orang tua sebenarnya tidak perlu sabun antibakteri. Faktanya, sabun biasa sama efektifnya dalam menghilangkan kuman seperti sabun antiseptik. Sabun antiseptik umumnya hanya mengandung bahan kimia tambahan, seperti triclosan, yang sebenarnya tidak diperlukan oleh bayi. Ditambah lagi, barrier kulit bayi masih lemah, sehingga bahan kimia pada sabun berisiko membuat kulit kering dan iritasi.

Sementara itu, sabun batangan lebih jarang direkomendasikan karena kuman dapat tumbuh di permukaan dan mudah menular.

Beralih ke sabun cair, yang lebih disukai daripada sabun batangan. Sabun ini lebih mudah digunakan dan biasanya tidak menyebabkan kuman menyebar dari satu orang ke orang lain jika sabun digunakan bersama. Selain itu, bahan pelembap juga sering ditambahkan pada sabun cair untuk mencegah kulit kering.

Sebagai pilihan, berikut 3 produk sabun mandi yang aman untuk kulit sensitif si Kecil. MomDad juga bisa membeli produk-produk di bawah menggunakan voucher Tokopedia x PrimaKu untuk mendapatkan diskon, loh!

1. Mustela Bebe Gentle Cleansing Gel

sabun bayi (3).jpg

Sabun mandi dengan kandungan alami yang aman untuk bayi sejak baru lahir. Formula alami khas Mustela membersihkan tubuh dan rambut bayi dengan lembut dan tidak pedih di mata. Diperkaya dengan Avocado Perseose®, yang berfungsi untuk melindungi, memperkuat, dan menjaga kelembapan kulit bayi. Formulasinya hipoalergenik, cocok untuk kulit bayi yang masih sensitif. Beli Mustela Bebe Gentle Cleansing Gel di sini.

2. Tropee Bebe Chamomile Body Wash

sabun bayi (4).jpg

Sabun Mandi Chamomile Tropee Bebe diperkaya dengan ekstrak Minyak Chamomile dan Minyak Jojoba, terbuat dari bahan-bahan yang berfungsi untuk membantu menenangkan, menyejukkan, dan melembapkan kulit. Kandungannya yang natural, membuat sabun ini aman digunakan untuk bayi atau newborn. Yuk, beli Tropee Bebe Chamomile Body Wash di sini.

3. Buds Organics Infant Head To Toe Cleanser

sabun bayi.png

Buds Organics Infant Head to Toe Cleanser merupakan sabun dan shampo bayi yang berfungsi membersihkan kulit tanpa menimbulkan iritasi serta menjaga kelembapan sekaligus menutrisi kulit bayi. Dilengkapi dengan sertifikat organik Ecocert, yang merupakan lembaga sertifikasi organik terbesar di dunia yang memastikan seluruh proses pembuatan produk bebas dari bahan kimia berbahaya dan ramah lingkungan, membuat produk ini aman digunakan untuk si Kecil. Dapatkan Buds Organics Infant Head to Toe Cleanser di sini.

Penting untuk memilih sabun mandi bayi yang sesuai dengan kebutuhan kulit bayi dan menghindari produk yang mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi. Selalu perhatikan reaksi kulit bayi terhadap produk yang digunakan dan konsultasikan dengan dokter jika MomDad memiliki kekhawatiran tentang perawatan kulit si Kecil.

Referensi:

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: