primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Selain Usia, Ini 5 Tanda Anak Siap Sekolah yang Orang Tua Wajib Tahu!

Author: Fauziah Sabtuanisa

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti Sp.A

Topik: Sekolah, Lifestyle

Apa yang membuat MomDad memutuskan untuk menyekolahkan anak? Mungkin bagi sebagian orang tua akan menjawab karena sudah cukup umur. Faktanya, selain karena usia, ada pertimbangan lain yang dapat dipertimbangkan untuk menyekolahkan si Kecil. Agar persiapan sekolahnya semakin matang, yuk ketahui bersama mengenai tanda apa saja yang perlu diperhitungkan sebelum menyekolahkan anak!

Tanda anak siap sekolah

Bukan hanya faktor usia, tanda lain si Kecil siap sekolah adalah ia mampu berkomunikasi dengan baik dan dapat berkomunikasi dua arah dengan lawan bicaranya. Dengan begini, anak dapat dengan leluasa dan percaya diri untuk mengungkapkan atau mengutarakan keinginannya kepada orang lain. Selain itu, komunikasi yang terjalin baik, juga dapat membuat hubungannya dan orang lain terasa menyenangkan.

Kemampuan bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain secara baik

Memiliki kemampuan bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain secara baik menjadi salah satu faktor lain bahwa anak sudah siap sekolah. Sebab, anak yang sudah mampu bersosialiasi akan dapat dengan mudah memiliki rasa percaya diri, sehingga bisa menempatkan dirinya pada lingkungan yang tepat.

Misalnya: si Kecil dapat fokus terhadap suatu tugas yang diberikan olehguru, bergiliran menunggu antrian, mengikuti perintah, berempati terhadap orang lain, berteman, dan menguasai diri atau menahan diri untuk tidak bersifat agresif terhadap temannya.

Kemampuan anak untuk menggunakan toilet dengan baik (toilet trained)

Sebelum menyekolahkan si Kecil, pastikan ia sudah dapat menggunakan toilet dengan baik (toilet trained) ya! Setidaknya, ia sudah pandai memberi tahu sang guru bahwa dirinya mau buang air kecil atau buang air besar.

Proses ini tidak hanya mengajarkan si Kecil untuk mandiri, tetapi juga untuk menguji kepintarannya. Menurut Standford Children, toilet training merupakan sebuah ilmu edukasi untuk mengenali sinyal tubuhnya agar buang air kecil dan buang air besar.

Perkembangan sensorik yang baik

Perkembangan sensorik merupakan suatu keterampilan dan kemampuan si Kecil menggunakan panca indera untuk mengeksplorasi dan mengenal dunia di sekitarnya. Perkembangan sensorik anak mengacu pada kemampuan otak untuk menerima, menafsirkan, dan secara efektif menggunakan informasi yang disediakan oleh semua indera.

Misalnya: si Kecil sudah mampu berhitung, bisa menulis angka dan huruf, mengetahui bentuk-bentuk (lingkaran, persegi panjang dan lainnya), sudah bisa nalar dan berdebat, serta memahami instruksi.

Memiliki kemampuan berbahasa, berhitung, menulis dasar

Tanda lainnya si Kecil sudah siap sekolah yaitu memiliki ketertarikan dan mampu dalam berbahasa, berhitung dan menulis dasar yang diperlukan sebagai penunjang aktivitas sekolah.

Misalnya, si Kecil memiliki pemahaman tentang konsep dasar hitungan 1 sampai 10, konsep bunyi-huruf tertentu (misal suara aaa untuk huruf A, dan seterusnya), bentuk dan hubungan antar berbagai objek.

Itulah 5 tanda anak siap sekolah yang penting diketahui setiap orang tua. Semoga bermanfaat ya untuk MomDad.

Jika ingin tahu artikel menarik seputar tumbuh kembang anak lainnya, MomDad bisa membacanya melalui aplikasi PrimaKu atau website primaku.com. Jangan lupa juga follow Instagram @official.primaku, ya! 

Suka dengan penjelasan di atas? Yuk like, save, dan share artikelnya!

Reference:​ https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/preschool/Pages/Is-Your-Child-Ready-for-School.aspx

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Selain Salmon, Jenis-Jenis Ikan Ini Bisa Diolah sebagai Menu...
22 Jun 2022
cover
Selain Berikan Obat Sirup, Lakukan 5 Hal Ini Saat Anak Demam...
20 Okt 2022
cover
Selain Speech Delay, Ini Jenis Gangguan Bicara yang Perlu Di...
28 Des 2022
cover
Selain Bernutrisi, Memberikan Finger Food juga Bisa Melatih ...
13 Sep 2023
cover
Kreasi Menu MPASI Karbohidrat selain Nasi, Ini Alternatifnya...
4 Des 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: