primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Kenapa Harus Memilih Bahan Pangan yang Fresh? Ini Alasannya!

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso SpA

Topik: Bahan Makanan, Fresh Milk

Saat membeli bahan pangan untuk diolah menjadi makanan/minuman keluarga, MomDad pasti memilih yang kualitasnya masih fresh dan bagus. Sebab, MomDad percaya bahwa bahan pangan fresh lebih baik dari segi kesehatan, kualitas maupun rasa. Hal ini karena bahan pangan yang fresh belum terkena proses pengawetan atau pengolahan yang dapat menyebabkan nutrisi alaminya rusak atau hilang. Apalagi jika MomDad menyajikannya untuk keluarga, terutama si Kecil. Sudah seharusnya mendapatkan nutrisi alami secara maksimal agar mudah diserap tubuh.

Kenapa harus pilih bahan pangan fresh?

BeFunky-collage - 2023-05-08T133807.983.jpg

Untuk memiliki kualitas masakan yang sehat dan penuh nutrisi, MomDad perlu memulainya dari memilih bahan pangan yang fresh. Bahan pangan fresh memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih sehat dibandingkan dengan bahan makanan yang frozen atau tidak fresh. Seperti contoh ayam baru dipotong dengan ayam frozen tentunya MomDad akan lebih memilih ayam yang baru dipotong karena lebih fresh dan dipercaya lebih baik!

Manfaat yang didapat dari memilih bahan pangan fresh pun sangat baik lho untuk kesehatan, di antaranya: [1,2]

  • Kaya nutrisi alami

Bahan pangan fresh mengandung lebih banyak nutrisi alami seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebab, nutrisi di dalamnya tidak mengalami proses pemanasan yang dapat mengubah bentuk, sehingga menyebabkan reaksi kimia dan sulit diserap oleh tubuh.

Untuk beberapa jenis dan produk makanan, perlu ditambahkan vitamin atau nutrisi buatan, di mana nutrisi buatan akan lebih sulit diserap tubuh dibandingkan nutrisi alami.

  • Rasa lebih baik

Bahan pangan segar umumnya memiliki rasa lebih lezat dan baik dibandingkan bahan makanan yang telah diawetkan atau diproses.

  • Terhindar dari risiko penyakit

Bahan pangan segar memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkontaminasi oleh bakteri, virus, atau parasit, sehingga dapat membantu mengurangi risiko terkena infeksi makanan atau keracunan makanan. Misalnya, susu yang baik adalah susu yang mengandung senyawa BioActive yang hanya ada di fresh milk pasteurisasi. Senyawa bioactive bisa memberikan reaksi sehat ketika ada peradangan atau inflamasi, agar kita terhindar dari kanker, memproteksi daya tahan tubuh kita sebelum sakit, sebagai anti bakteri, dan anti inflamasi.

Dampak jika memilih bahan pangan tidak segar

BeFunky-collage - 2023-05-08T133957.641.jpg

Jika MomDad memilih bahan pangan yang tidak fresh, maka dapat berdampak negatif pada kesehatan. Berikut adalah beberapa dampak buruk yang dapat terjadi jika mengonsumsi bahan makanan yang tidak fresh: [3,4]

  • Kehilangan nutrisi. Bahan pangan yang tidak fresh dapat kehilangan sebagian besar nutrisi alami seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Hal ini dapat menyebabkan defisiensi nutrisi dan masalah kesehatan lainnya.
  • Penyerapan nutrisi pada tubuh tidak maksimal. Semakin fresh maka nutrisi alami yang diserap bisa lebih maksimal, sehingga lebih maksimal manfaat nutrisi yang didapat oleh tubuh.
  • Pengurangan kualitas rasa dan tekstur. Bahan pangan yang tidak fresh dapat memiliki rasa yang tidak enak dan tekstur yang berubah. Hal ini dapat membuat makanan menjadi kurang alami untuk rasa yang diberikan.
  • Bahaya bahan pengawet. Bahan pangan yang telah diawetkan mengandung bahan kimia tertentu yang dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara terus-menerus.
  • Risiko terkena infeksi makanan atau keracunan makanan. Bahan pangan yang tidak fresh dapat terkontaminasi oleh bakteri, virus, atau parasit yang dapat menyebabkan penyakit seperti diare, muntah, dan demam.

Tips memilih bahan pangan fresh

BeFunky-collage - 2023-05-08T134122.098.jpg

Memilih bahan pangan seperti daging, sayur, dan buah harus fresh atau yang tidak melalui banyak proses dan tidak merusak nutrisi alaminya, sehingga lebih mudah terserap maksimal oleh tubuh segala kebaikan nutrisinya. Bahan pangan yang sudah melalui banyak proses, cenderung mengandung bahan pengawet dan biasanya, nutrisinya sudah berkurang atau rusak. Inilah yang membuat MomDad selalu percaya kalau fresh selalu lebih baik

Nah, sama halnya saat memilih susu. Pilihlah susu yang segar atau fresh milk atau biasa dikenal dengan Fresh Milk Pasteurisasi. Gimana sih cara memilih susu yang benar-benar susu segar?

  • Terdapat tulisan 'pasteurisasi' pada kemasan

Tidak hanya tulisan Fresh Milk saja, yang betul-betul fresh milk harus ada tulisan “Pasteurisasi” di kemasannya. Dikarenakan jika tidak ada tulisan pasteurisasi biasanya nutrisi alami pada susunya sudah rusak.

  • Terbuat dari 100% Fresh Milk

Lebih baik lagi kalau terdapat label 100% Fresh Milk yang menandakan tidak ada campuran lain, sehingga lebih maksimal manfaat dari nutrisi yang didapat oleh tubuh.

  • Melihat dari warna

Susu segar haruslah berwarna putih murni susu, karena jika berwarna putih keruh ataupun kekuningan, susu tersebut bisa jadi sudah melalui proses pemanasan lebih lanjut, sehingga pada umumnya manfaat nutrisi alaminya sudah berkurang, bahkan hilang.

  • Rasa

Biasanya rasa yang terlalu creamy pada susu menandakan bahwa susu tersebut sudah di proses terlalu lama atau ditambahkan creamer, rasa susu segar asli pasti yang memang masih terasa asli susu, light, dan segar.

Manfaat lain yang bisa MomDad dapatkan saat memilih susu segar yang benar-benar fresh seperti Greenfields Fresh Milk yang tidak ada pada jenis susu lain adalah nutrisi BioActive, yang dapat memperbaiki jaringan tubuh, memberikan manfaat seperti, sumber antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, dan antikanker. Nutrisi alami lainnya seperti Protein, Zinc, Magnesium, Vitamin, Kalsium, dan lainnya lebih berkualitas sehingga mudah diserap oleh tubuh. Semakin mudah diserap tubuh, semakin banyak manfaat nutrisi yang didapat oleh tubuh untuk Extra Proteksi.

photo_2023-06-14_10-16-33.jpg

Nah, jangan lupa pastikan untuk memilih yang terbaik untuk si Kecil dan keluarga, seperti Greenfields Fresh Milk yang 100% Fresh Milk Pasteurisasi. Greenfields Fresh Milk terbuat dari 100% susu segar, yang diproses melalui proses pasteurisasi, sehingga nutrisi alami yang ada di dalamnya masih terjaga dan sangat baik untuk tumbuh kembang anak dan melengkapi nutrisi harian yang dibutuhkan si Kecil.

Rasa dari Greenfields Fresh Milk juga light, segar dan tidak bikin eneg. Greenfields Fresh Milk hadir dalam berbagai rasa, seperti Full Cream, Chocomalt dan Strawberry, Moccachino, dan lain sebagainya, serta varian ukuran mulai dari 200 mL, 500 mL, 1000 mL, dan 1890 mL.

Perlu diingat bahwa bayi di bawah usia 1 tahun BELUM BOLEH mengonsumsi susu sapi segar/fresh milk. Bayi di bawah usia 1 tahun masih membutuhkan ASI sebagai asupan utama.

MomDad bisa dapatkan Greenfields Fresh Milk di e-commerce mulai dari harga Rp13.000 – Rp38.000.

Referensi:

  1. Harvard Health Publishing. (2019). The health benefits of fresh food. Diakses pada tanggal 8 Mei 2023, dari
    https://www.health.harvard.edu/blog/the-health-benefits-of-fresh-food-2019121618480
  2. FoodPrint. (2021). Why Choose Fresh, Whole Food? Diakses pada tanggal 8 Mei 2023, dari https://foodprint.org/issues/why-choose-fresh-whole-food/
  3. Centers for Disease Control and Prevention. (2022). Food Safety. Diakses pada tanggal 8 Mei 2023, dari https://www.cdc.gov/foodsafety/index.html
  4. The Nutrition Source. (2021). Processed Foods. Diakses pada tanggal 8 Mei 2023, dari https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/processed-foods/
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Makanan dari Sumber Hewani Lebih Diutamakan untuk MPASI, Ken...
17 Mar 2022
cover
Kenapa Ya si Kecil Suka Mengemut Makanan?
20 Apr 2022
cover
Kenapa ya si Kecil Lama Saat Menyusu? Ini Penjelasan Ahli!
23 Mei 2022
cover
Penyebab Berat Badan Bayi Tak Kunjung Naik, Kenapa ya?
31 Mei 2022
cover
Si Kecil kok Sulit Buang Air Besar, Kenapa ya?
8 Jul 2022
cover
Si Kecil Sering Buang Air Besar setelah Menyusu, Kenapa ya?
11 Jul 2022
cover
Si Kecil Enggak Mau Menyusu, Kenapa ya?
28 Jul 2022
cover
Kenapa sih si Kecil Suka Menggaruk Telinga?
11 Agu 2022
cover
Si Kecil kok Mengejan Keras Saat BAB, Kenapa ya?
23 Agu 2022
cover
Bayi sering Kagetan Saat Tidur, Kenapa ya?
19 Sep 2022
cover
Kenapa sih Bayi Perlu Vaksinasi Influenza?
1 Des 2022
cover
Tinggi Badan Anak Stuck, Kenapa, ya?
20 Des 2022
cover
Demam Hanya di Kepala Bayi Saja, Kenapa, ya?
12 Jan 2023
cover
Si Kecil Gampang Sakit, Kenapa ya?
9 Feb 2023
cover
Kenapa Nutrisi Susu Segar Pasteurisasi Lebih Baik untuk si K...
3 Apr 2023
cover
Kenapa Bayi Lebih Nyenyak Tidur jika Digendong?
26 Apr 2023
cover
Anakku Belum Bisa Duduk Sendiri, Kenapa ya?
27 Apr 2023
cover
Anakku Malas Bergerak, Kenapa ya?
1 Mei 2023
cover
Kenapa Orang Tua Perlu Selektif Memilih Bath Toys?
17 Mei 2023
cover
Kenapa ya Aku jadi Orang Tua yang Nggak Sabaran?
19 Mei 2023
cover
Kotoran Telinga Anak Bau, Kenapa ya?
1 Jun 2023
cover
Ini Alasan Penting Kenapa Anak harus Naik Tekstur
26 Jul 2023
cover
Kenapa Bayi tak Dianjurkan Makan Makanan Padat sejak Dini?
27 Jul 2023
cover
Anak saat Bayi Gemuk, tapi Besarnya Kurus, Kenapa?
28 Jul 2023
cover
Anakku Menolak Naik Tekstur, Kenapa ya?
10 Agu 2023
cover
Anakku Belum Bisa Duduk Tegak, Kenapa ya?
23 Agu 2023
cover
Ini Alasan Penting Kenapa Anak Perlu Konsumsi Makanan Bervar...
30 Agu 2023
cover
Kenapa sih Bayi Perlu Dibangunkan saat Tidur?
31 Agu 2023
cover
Kenapa sih Bayi Takut Menginjak Rumput atau Pasir?
19 Sep 2023
cover
Kenapa sih Anak Perlu Diberikan Pilihan?
14 Okt 2023
cover
Ini Alasan Kenapa Sebaiknya Hindari Penggunaan Gula pada MPA...
26 Nov 2023
cover
Kenapa sih Bayi Suka Terbangun saat Subuh?
27 Nov 2023
cover
Kenapa sih Bayi Punya Aroma yang Khas?
12 Des 2023
cover
Kenapa Harus Waspada Kalau anak Batuk Terus-menerus, Apakah ...
29 Nov 2023
cover
Lindungi Anak & Keluarga, Ini Alasan Kenapa Orang Tua Perlu ...
6 Mar 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: