primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Mencampur ASI Perah dengan MPASI, Boleh Enggak ya?

Author: Radhita Rara

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti Sp.A

Topik: ASIP, MPASI, ASI

Setelah si Kecil sudah memulai MPASI, kebanyakan ibu ingin bereksperimen soal menu makanannya. Salah satu yang menjadi pertanyaan adalah bisa tidak ya mencampur ASI dengan MPASI? Terutama bagi Mom yang masih memiliki ASI perah (ASIP) berlimpah, tak ada salahnya untuk mencampurkannya dalam menu makanan anak. ASIP pun pada dasarnya bisa dicampurkan dengan berbagai jenis makanan, misalnya alpukat. 

Namun, mencampurkan ASIP dan MPASI tentu ada aturannya, MomDad. Nah, untuk itu PrimaKu akan membahasnya dalam artikel kali ini. Yuk simak!

Bolehkah mencampur ASIP dengan MPASI?

pexels-mart-production-7491407.jpg

ASI perah dapat digunakan bersama makanan yang disiapkan sebagai MPASI. Misalnya, untuk melarutkan MPASI. Nah, beberapa makanan yang bisa dilarutkan seperti sereal atau bubur bayi instan. Perlu diingat juga, MPASI adalah makanan pendamping ASI, bukan pengganti ASI. Jadi, MomDad tetap bisa memberikan ASI diluar MPASI si Kecil, ya.

Bayi yang sudah mendapatkan ASI telah mengenal cita rasa ASI. Menambahkan ASI pada MPASI akan membantu membuat bayi merasakan cita-rasa yang sudah dikenalnya (familiar).

Hal yang perlu diperhatikan saat mencampur ASIP dan MPASI

Ada banyak cara membuat MPASI, mulai dari memasaknya sendiri di atas kompor atau dengan slowcooker. Apabila ASI hendak dicampurkan ke dalam MPASI, pastikan bahwa MPASI tidak berada dalam keadaan panas, sebab suhu yang tinggi dapat merusak protein di dalam ASI. Jadi, jangan mencampurkan ASIP saat memasak makanan bayi di atas kompor, ya. 

MomDad juga perlu memastikan bahwa ASI perah yang digunakan masih dalam kondisi baik (tidak basi). Bila MPASI yang dicampur ASI perah tersebut tidak habis, sebaiknya segera dibuang, karena tidak bisa dimakan kembali. 

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu MomDad ketahui mengenai mencampur ASI perah dengan MPASI. Pada dasarnya, ASIP tetap bisa dicampurkan dengan MPASI tetapi dengan aturan tidak dalam keadaan panas. 

Untuk mengetahui lebih banyak konten informatif lainnya mengenai ASIP dan MPASI, MomDad bisa mengikuti instagram @official.primaku atau dengan membaca artikelnya di aplikasi PrimaKu. 

Suka dengan penjelasan di atas? Yuk, like, save, dan share artikelnya!

Sumber foto: iStock

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Apakah Boleh Mencampurkan Susu UHT pada MPASI?
21 Jun 2022
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: