primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Penting, Ini Nutrisi yang Perlu Ada dalam Menu MPASI!

Author: Fitri Permata

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: MPASI, Nutrisi

ASI biasanya cukup memenuhi kebutuhan kalori bayi selama bulan pertama kehidupan bayi. Namun, ASI saja tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalori bayi di usia 6 bulan. Oleh karena itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) ketika bayi berusia 6 bulan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya

Pada masa MPASI, anak disarankan untuk makan makanan sehat yang berisikan berbagai bahan makanan segar dari lima kelompok makanan sehat, yaitu : sayur, buah, bulir-buliran (padi, gandum, sereal), produk susu sapi dan turunannya, serta protein. Setiap kelompok makanan memiliki kandungan zat gizi yang berbeda dan semua saling mendukung satu sama lain untuk tumbuh kembang anak.

Nutrisi yang Tidak Boleh Terlewatkan dalam MPASI

mpasi_2.jpg

MPASI yang baik mengandung makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral) yang lengkap, dengan jumlah yang cukup. MomDad dapat menggunakan berbagai bahan makanan dari kelima kelompok makanan di atas untuk memasak MPASI yang lezat dan bergizi.

Setiap kelompok makanan yang telah disebutkan di atas memiliki fungsinya masing-masing untuk menunjang Kesehatan anak. Misalnya, sayur dan buah mengandung berbagai vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A yang berperan dalam Kesehatan mata, vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, pendukung penyerapan besi, hingga imunitas tubuh, juga berbagai mineral yang memiliki peran masing-masing. Tidak ada satu makanan tunggal yang memiliki seluruh zat gizi secara lengkap dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh, sehingga anak perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan dari kelima kelompok makanan yang telah disebutkan. 

Referensi: Raising Children. Healthy food for babies and toddlers: the five food groups. January 22, 2021.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Penting, Ini 5 Cara Jitu untuk Cegah Stunting sejak Dini
31 Jul 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: