primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Seberapa Penting Peran Finger Food pada Masa MPASI?

Author: Dhia Priyanka

Topik: 7-12 bulan, Article, Finger Food

Semakin bertambah usia, si Kecil perlu diperkenalkan kepada makanan dengan berbagai tekstur dan rasa. Memasuki usia 6-9 bulan, bayi bisa mulai diperkenalkan kepada finger food atau makanan yang dapat digenggam. Nah, seberapa penting sih peran finger food pada masa MPASI? Yuk, simak manfaat hingga tips memberikan finger food untuk si Kecil berikut!

Manfaat finger food

Grouu_1.jpeg 

Finger food memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak. Sebab, melalui finger food MomDad dapat memberikan stimulasi:

1. Perkembangan oromotor

Finger food dapat meningkatkan perkembangan kekuatan rahang serta melatih gerakan lidah, dari gerakan maju mundur pada saat menyusu menjadi gerakan menyamping. Kemampuan lidah bergerak menyamping untuk memindahkan makanan ke geraham belakang sangat diperlukan agar kita dapat lebih efisien mengunyah makanan.

2. Refleks gag

Bayi baru lahir dilahirkan dengan refleks muntah yang sangat sensitif. Pada usia MPASI, refleks ini mulai menurun dan bergeser lebih jauh ke belakang mulut. Penurunan dan pergeseran posisi refleks ini diperlukan agar bayi dapat memulai makan makanan padat tanpa terganggu reflek gag ini.

3. Sensori

Makanan tidak hanya sekadar tentang rasa, tetapi kombinasi dari semua indra (penglihatan, sentuhan, gerakan, penciuman, pendengaran dan keseimbangan/duduk di kursi tinggi). Oleh sebab itu, si Kecil tidak hanya perlu belajar tentang rasa makanan dengan cara mencicipinya, namun dia juga harus belajar memproses dan memetakan semua sensorik otak.

4. Motorik halus

Memberikan finger food dapat mengembangkan keterampilan makan sendiri dan motorik halus bayi. Finger food juga melatih anak melakukan gerakan bertujuan seperti memasukkan makanan dari tangan ke dalam mulutnya. Hal ini melatih kemampuan hand-eye coordination.

Porsi dan frekuensi finger food dalam sehari

Grouu_2.jpeg

Tidak ada aturan khusus pemberian finger food untuk anak. MomDad bisa mengatur frekuensi pemberian finger food pada waktu makan utama atau pada waktu snack. Namun, untuk memastikan keamanan bayi, proses makan finger food harus di dalam pengawasan. Selain itu, MomDad juga tidak boleh berharap bayi dapat menyelesaikan makanannya dengan cepat atau langsung menyukai makanan yang ia coba.

Kriteria makanan finger food yang sehat dan aman untuk anak

Saat memilih finger food untuk si Kecil, MomDad perlu menerapkan beberapa hal agar makanan yang dimakan si Kecil sehat dan aman. Yuk, simak kriteria finger food berikut!

1. Pilih makanan sesuai kemampuan si Kecil

Meskipun finger food dianjurkan untuk bayi mulai dari usia 6 bulan, MomDad perlu menyesuaikan makanan sesuai dengan kemampuan si Kecil. Bayi usia 6-8 bulan, umumnya menggunakan seluruh tangannya untuk mengambil makanan. Ini berarti mereka harus mengatupkan tangan di sekitar makanan untuk memegangnya. Jadi, makanan harus lebih besar daripada telapak tangannya karena ia tidak bisa membuka kepalan tangan untuk mendapatkannya. Potongan makanan yang panjang paling cocok untuk usia ini, panjang yang diperlukan adalah sekitar 5 cm (2 inci).

Sementara bayi berusia 9 bulan ke atas sudah, dapat mengambil potongan makanan yang lebih kecil. Pada usia ini, bayi biasanya bayi sudah mengembangkan kemampuan genggaman menjepit pada usia ini dan menggunakan ibu jari dan telunjuk untuk makan sendiri.

2. Perhatikan tekstur makanannya

Tekstur juga perlu diperhatikan. MJika makanan yang terlalu lembek, maka akan berubah menjadi bubur/ hancur saat dipegang. Kalau terlalu keras, bayi tidak akan bisa menggerogotinya dan berisiko tersedak.

3. Jangan takut akan rasa

Jangan takut dengan berbagai rasa. Bayi yang terbiasa makan makanan dengan rasa yang berbeda-beda sejak dini, cenderung lebih mudah menerima makanan baru.

4. Coba dengan berbagai metode memasak

Cobalah metode memasak yang berbeda, seperti rebusan, tumisan, atau kukusan. Makanan yang dimasak dengan metode berbeda dapat mengubah tekstur dan rasa makanan.

MomDad enggak perlu bingung mau memberikan si Kecil finger food apa, karena Grouu punya 3 varian finger food yang bisa dijadikan pilihan!

1. Parmesan Chicken Finger

Grouu_Parmesan_Chicken.jpeg.jpg

Camilan daging ayam yang mengandung banyak vitamin A, D, E, dan K, serta sayuran ini, kaya akan protein. Dibuat menggunakan ayam kampung organik, Grouu Parmesan Chicken Finger memiliki rasa gurih karena terdapat bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang di dalamnya. Bahan-bahannya pun dimasak secara perlahan selama 24 jam, sehingga teksturnya lembut. Cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas.

2. Melted Cheese Meatball

Grouu_cheese_melted.jpeg

Mengandung 70 kalori, Grouu Melted Cheese Meatball merupakan camilan daging dengan tekstur lembut yang mengandung banyak vitamin A, D, E dan K, serta kaya akan protein. Selain itu, finger food ini juga mengandung sayuran dan keju yang menambah nilai nutrisi serta kaya akan rasa.

3. Crispy Rice Cake

Grouu_Crispy_Rice_Cake.jpeg.jpg

Grouu Crispy Rice Cake merupakan camilan sehat yang terbuat dari beras pilihan, sehingga aman dikonsumsi untuk si Kecil dan seluruh keluarga. Crispy Rice Cake memiliki 4 varian rasa yang disukai si Kecil, yaitu:

Cara penyajiannya pun beragam, lho. Grouu Crispy Rice Cake dapat dimakan langsung atau ditambah dengan selai, buah atau makanan favorit si Kecil.

Tertarik mencoba 3 varian finger food dari Grouu? MomDad dapat membeli ketiga varian di atas di marketplace mulai dari harga Rp26.000 - Rp59.000!

Nah, itu dia penjelasan mengenai finger food yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. Yuk, terapkan pada si Kecil dan jangan lupa ikuti tips di atas, ya!

Referensi:

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Seberapa pentingkah serat untuk remaja?
3 Agu 2021
cover
Seberapa pentingkah vitamin A untuk anak?
12 Sep 2021
cover
Seberapa pentingkah suplementasi vitamin dan mineral pada an...
12 Sep 2021
cover
Seberapa Penting sih Memberikan Snack dalam MPASI? Ini Kata ...
15 Apr 2022
cover
Agustus Bulan Vitamin A, Seberapa Penting untuk Anak?
19 Agu 2022
cover
Seberapa Pengaruhnya Kalsium dalam Tumbuh Tinggi Anak?
7 Okt 2022
cover
Seberapa Penting Pemberian Snack di Masa MPASI
23 Nov 2022
cover
Susu & Suplemen Vitamin, Seberapa Penting untuk Balita?
26 Nov 2022
cover
Seberapa Penting Imunisasi Influenza untuk Cegah Batuk Pilek...
26 Jan 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: