primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Seberapa Penting sih Memberikan Snack dalam MPASI? Ini Kata Dokter Anak!

Author: Radhita Rara

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso Sp.A

Topik: MPASI, Snack

Usia 6 bulan, saat ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan gizi bayi, MomDad perlu memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk mendukung pertumbuhan si Kecil. Pada periode pemberian MPASI, anak bisa diperkenalkan tekstur, rasa, dan porsi yang sesuai dengan tahapan usia anak.

Tak hanya menu makanan utama, anak juga perlu makanan selingan atau snack agar lebih banyak mengenal varian rasa, lho! Selain itu, varian zat gizi yang didapat juga akan semakin beragam. Lantas, seberapa penting sih memberikan snack dalam MPASI? Yuk, simak penjelasan dokter berikut ini!

Pentingnya memberi snack dalam MPASI

asian-baby-girl-restaurant-with-spoon-eats-food_38013-207.jpg
Menurut dr. Moretta Damayanti, SpA (K) selaku UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik, pemberian snack dalam MPASI cukup penting. Alasannya, pertama adalah untuk memenuhi kebutuhan zat gizi MPASI. Dengan memberikan snack atau camilan, MomDad dapat menambah jumlah pemberian nutrisi tanpa perlu memaksa anak makan dalam jumlah banyak pada saat makan utama. 
Camilan memungkinkan MomDad memberikan nutrisi dalam jumlah sedikit lebih sering. Namun, perlu MomDad ingat, bahwa meskipun namanya snack atau camilan, makanan selingan ini juga harus bergizi dan tidak mengandung bahan-bahan yang tidak menguntungkan untuk kesehatan.
Selanjutnya, snack dianggap penting karena dapat memperkenalkan variasi pola makan pada si buah hati. Tidak semua jadwal makan padat diberikan sebagai menu utama: ada saatnya makan dalam porsi besar, dan ada saatnya porsi kecil atau snack.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan snack
Seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam memberikan camilan, MomDad juga perlu melihat kandungan gizi di dalamnya, ya. Selain itu, MOmDad bisa memilih jenis dan komposisi makanan yang memenuhi kebutuhan makro dan mikronutrien. Pasalnya, ASI sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan zat tersebut. 
Frekuensi dan volume pemberian MPASI juga perlu disesuaikan dengan usia bayi. Misalnya, pada saat awal pemberian MPASI, kita dapat mulai memberikan MPASI 2-3 kali per hari dengan volume cukup 2-3 sendok makan setiap porsi. Setelah itu, secara bertahap MomDad dapat menaikkannya menjadi 3-4 kali per hari dengan volume sampai 125 ml (1/2 mangkuk) pada usia 9-12 bulan.

Kriteria snack untuk anak
Kalau pada porsi makanan utama MomDad bisa mengutamakan makanan seperti daging dan sayuran, pada menu selingan, MomDad bisa memberikan buah, biskuit, atau kue yang mengandung nilai nutrisi.
Tidak kalah penting, dalam memberikan makanan selingan, MomDad perlu memastikan agar jumlah asupan dan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Menu snack juga harus dipastikan kaya rasa dan menarik agar si kecil tidak bosan. 

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu MomDad perhatikan dalam memberikan camilan atau snack pada si kecil. Untuk mengetahui lebih banyak konten informatif mengenai MPASI dan tumbuh kembang anak, MomDad bisa mengikuti akun instagram @official.primaku atau langsung baca artikelnya di PrimaKu, ya. 

Sumber foto: Freepik dan Pexels
Narasumber: dr. Moretta Damayanti, SpA (K) UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik
Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.




familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Seberapa pentingkah serat untuk remaja?
3 Agu 2021
cover
Seberapa pentingkah vitamin A untuk anak?
12 Sep 2021
cover
Seberapa pentingkah suplementasi vitamin dan mineral pada an...
12 Sep 2021
cover
Agustus Bulan Vitamin A, Seberapa Penting untuk Anak?
19 Agu 2022
cover
Seberapa Pengaruhnya Kalsium dalam Tumbuh Tinggi Anak?
7 Okt 2022
cover
Seberapa Penting Pemberian Snack di Masa MPASI
23 Nov 2022
cover
Susu & Suplemen Vitamin, Seberapa Penting untuk Balita?
26 Nov 2022
cover
Seberapa Penting Peran Finger Food pada Masa MPASI?
5 Des 2022
cover
Seberapa Penting Imunisasi Influenza untuk Cegah Batuk Pilek...
26 Jan 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: