primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Selain Bernutrisi, Memberikan Finger Food juga Bisa Melatih Stimulasi, lho!

Author: Fitri Permata

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Finger Food, Stimulasi

Umumnya orang tua dapat mulai memberikan finger food ketika anak sudah mampu memegang makanan dan memasukkannya ke dalam mulut, lalu mengunyahnya. Kemampuan ini mulai dicapai pada usia anak mendekati 9 bulan. Sebelum mengenalkan finger food, MomDad dapat meningkatkan tekstur makanan anak sesuai usia dan kemampuannya, mulai dari bubur saring halus, bubur saring kasar, bubur kasar tanpa disaring kemudian finger food. Selain baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, memberikan finger food juga memberikan manfaat lain lho, termasuk melatih stimulasi, seperti berikut!

1. Melatih kemandirian

finger_food_1.jpg

Anak yang berlatih mengonsumsi finger food belajar memasukkan makanan ke mulutnya sendiri, hal ini sangat penting dalam melatih kemandirian anak untuk “self feeding”. Seiring perkembangan kemampuan ini, orangtua dapat menambah penggunaan alat makan pada usia > 1 tahun untuk melatih anak menggunakan sendok/garpu untuk memasukkan makanan ke mulutnya.

2. Melatih motor halus

finger_food_2.jpg

Koordinasi mata dan tangan serta kemampuan menjimpit adalah yang dilatih ketika seorang anak belajar makan finger food. Awalnya gerakan menjimpit ini mungkin tampak sloppy/clumsy, namun seiring Latihan dan perkembangan kemampuannya gerakan ini akan semakin tepat.

3. Melatih self regulation

finger_food_3.jpg

Anak yang makan menggunakan finger food belajar untuk merasakan sinyal tubuhnya. Ia akan makan ketika lapar, dan berhenti makan Ketika kenyang. Pada anak yang makan dengan disuapi dan dibantu distraksi dapat terjadi mindless eating, yakni kondisi anak tidak sadar bahwa ia sedang makan karena fokusnya bukan ke makanan atau proses makan itu sendiri melainkan distraksi yang disediakan oleh pengasuh/orang tua.

4. Mengenalkan anak terhadap berbagai stimulasi sensori dari suatu makanan

finger_food_4_(1).jpg

Melatih anak makan sendiri menggunakan finger food dapat memanjakan anak dari stimulasi multisensori dari suatu makanan. Ia dapat merasakan stimulasi taktil dari meraba makanan, stimulasi menghidu dari bau dan aroma makanan, stimulasi gustatory (pengecapan) dari rasa makanan di mulutnya, stimulasi visual (melihat makanan) dan stimulasi pendengaran (dari bunyi makanan tersebut Ketika dikunyah atau masuk ke mulutnya). Hal ini dapat memperkaya pengalaman anak dan meningkatkan kemungkinan ia menerima berbagai makanan baru.

Ternyata memberikan si Kecil finger food tak hanya baik untuk nutrisinya, tetapi juga dapat melatih stimulasi. MomDad bisa memberikan si Kecil finger food di jadwal camilan agar dia bisa mendapatkan berbagai manfaat di atas.

Referensi:

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Selain Salmon, Jenis-Jenis Ikan Ini Bisa Diolah sebagai Menu...
22 Jun 2022
cover
Selain Usia, Ini 5 Tanda Anak Siap Sekolah yang Orang Tua Wa...
16 Jul 2022
cover
Selain Berikan Obat Sirup, Lakukan 5 Hal Ini Saat Anak Demam...
20 Okt 2022
cover
Selain Speech Delay, Ini Jenis Gangguan Bicara yang Perlu Di...
28 Des 2022
cover
Kreasi Menu MPASI Karbohidrat selain Nasi, Ini Alternatifnya...
4 Des 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: