primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Berbahaya, Hindari Hal Ini saat Menggandeng Anak!

Author: Annasya

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Menggandeng, Tips

Ternyata saat menggandeng anak harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, lho. Sebab, jika caranya salah, anak dapat merasa kesakitan di bagian lengannya. Menggandeng dan menarik anak pada area lengan berisiko menimbulkan kondisi yang disebut dengan nursemaid elbow. Nursemaid elbow ini sering disebut juga sebagai pulled elbow dan dapat menyebabkan nyeri lengan.

Gambar di bawah ini menunjukkan bahwa sendi siku seorang anak terdiri dari tulang humerus, tulang radius, dan tulang ulna.

ll.png

Sumber foto: https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/nursemaids-elbow

Pada gambar kanan, menunjukkan adanya ligamen atau pengikat yang mengikat sendi siku. Pada seorang anak, ligamen tersebut masih lemah sehingga jika ada traksi dengan kekuatan kecil saja dapat menyebabkan pergeseran tulang radius dari lokasi normalnya.

Nursemaid elbow sering terjadi pada anak balita karena umumnya ligamen anak masih kendur. Trauma terjadi ketika anak ditarik atau diangkat dari lengannya sehingga jarak antara kedua tulang di siku akan menjauh dan mengakibatkan ligamen dapat masuk diantara kedua tulang. Seiring pertambahan usia, ligamen ini akan semakin kuat dan tidak terjadi lagi nursemaid elbow pada usia di atas 6-7 tahun.

Kondisi lain yang berkaitan dengan hal ini adalah apabila anak diayun di tangannya, gerakan menarik anak misalnya saat ia ingin menyebrang jalan, saat ia akan terjatuh dan ditarik oleh pengasuh, atau ketika anak bermain atau tertidur dan bagian siku tertindih tubuhnya.

Untuk menghindari hal ini, MomDad harus menghindari menarik anak di lengannya dan jika perlu mengangkat anak, lakukan pada area ketiak.

Apa gejala yang mungkin dikeluhkan anak?

Jika keliru cara dalam menggandeng, anak akan merasakan rasa sakit pada lengan. Gejala yang mungkin dikeluhkan anak adalah nyeri ketika ia menggerakkan siku, cenderung menghindar ketika sikunya digerakkan, dan menahan sikunya tetap dalam posisi lurus atau sedikit menekuk. Dan apabila di area siku terdapat pembengkakan, memar, dan nyeri hebat maka mungkin dapat terjadi patah tulang.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, MomDad perlu berhati-hati saat menggandeng atau menggendong si Kecil, karena jika caranya salah dapat menimbulkan rasa sakit pada persendiannya.

Referensi:

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: