primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Geographic Tongue, Kondisi Lidah yang Menyerupai Pulau pada Peta

Author: Marisha A

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Geographic Tongue, Lidah

Geographic tongue atau lidah geografis adalah kondisi peradangan kronik pada lidah yang bentuknya menyerupai pulau-pulau pada peta. Peradangan ini biasanya muncul pada permukaan atas dan sisi lidah. Meskipun terlihat mengerikan, kondisi ini tidaklah berbahaya.

Penyebab geographic tongue

istockphoto-1272938333-612x612.jpg

Hingga saat ini, penyebab geographic tongue belum diketahui dengan pasti. Namun, ada beberapa penyakit yang berhubungan dengan risiko mengalami geographic tongue, seperti penyakit atopi, psoriasis (autoimun), dan diabetes. Beberapa faktor bisa menjadi penyebab munculnya geographic tongue, seperti:

  • Gen atau riwayat keluarga
  • Psoriasis, bagi yang mengalaminya memiliki kemungkinan lebih besar mengalaminya karena sejumlah penelitian menyebutkan geographic tongue adalah bentuk lain dari psoriasis
  • Hormon
  • Kekurangan vitamin B

Ciri-ciri geographic tongue

geographic.jpg

Geographic tongue ditandai dengan munculnya bercak kemerahan yang dikelilingi bercak berwarna putih pada lidah. Umumnya timbul mulai dari sisi samping lidah dan dapat berpindah-pindah, dapat hilang timbul sehingga membentuk gambaran peta.

Bercak dapat tidak menimbulkan gejala, namun dapat pula disertai nyeri, rasa terbakar, serta sensitif terhadap makanan panas dan asam. Karena sering tidak bergejala, tidak semua orang yang mengalami kondisi ini menyadari bahwa dia mengalami geographic tongue.

Cara mengobati geographic tongue

child-pediatrician_656297-1000.jpg

Geographic tongue tidak memerlukan pengobatan khusus, pengobatan hanya ditujukan kepada penyakit yang diduga menjadi faktor risiko. Untuk pasien yang bergejala, dapat diberikan obat untuk mengurangi gejala  atau vitamin. Pasien juga disarankan untuk menghindari makanan panas, pedas, dan asam, serta menjaga kebersihan rongga mulut.

Tidak ada hal khusus yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya geographic tongue. Namun, MomDad disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam, serta minuman beralkohol dan merokok.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai geographic tongue. Apabila si Kecil mengalami hal ini, MomDad boleh tenang, karena geographic tongue ​tidak membahayakan.

Apabila punya pertanyaan seputar kondisi si Kecil, MomDad dapat tanyakan pada ahli di Forum Tanya Dokter. Pertanyaan MomDad akan dijawab langsung oleh dokter spesialis anak, lho.

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., PhD

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: