primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Lipatan Kulit Bayi Lecet? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Author: Marisha A

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso SpA

Topik: Kulit Bayi, Kesehatan Bayi

Bayi memiliki kulit yang masih tipis sehingga berisiko mengalami lecet pada derah lipatan (intertrigo). Umumnya, area lipatan tersebut selalu basah, seperti leher yang selalu kena air liur, ketiak, bokong, lengan dan tungkai, hingga area yang tertutup popok. Lalu, apa saja tandanya bayi mengalami lecet dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab lecet di lipatan kulit bayi

hands-cleaning-baby-with-baby-wipe.jpg

Lecet pada lipatan kulit biasanya timbul akibat friksi atau gesekan kulit yang diperberat oleh cuaca yang panas dan lembap. Gesekan kulit ini akan merusak permukaan kulit, sementara cuaca yang panas dan lembab memudahkan tumbuhnya bakteri atau jamur sehingga menimbulkan peradangan.

Apabila kerusakan kulit akibat gesekan berat, bakteri atau jamur dapat masuk melalui permukaan kulit yang rusak dan menimbulkan infeksi. Daerah lipatan pada area popok dapat terkena urin atau feses yang dapat memperberat iritasi pada daerah tersebut.

Gejala awal yang timbul dapat berupa ruam kemerahan dengan bintil-bintil pada area gesekan. Pada tahap ini, bayi mungkin merasa gatal, panas, hingga nyeri dan perih pada area yang terkena. Jika tidak ditangani segera, kulit pada area yang terkena dapat terus terkikis, tampak bercelah, berdarah dan berair, serta berbau dan bernanah jika sudah terinfeksi.

Tips mengatasi kulit lecet pada bayi

mother-massaging-her-child-s-foot-shallow-focus.jpg

Prinsip utama dalam menangani area kulit bayi yang lecet adalah dengan mengurangi gesekan dan menjaga agar area tersebut tetap kering dan bersih. Hal ini dapat dilakukan di rumah dengan cara:

  • Keringkan seluruh tubuh bayi dengan handuk bersih dengan menepuk-nepuk ringan setelah mandi, jangan digosok.
  • Jika lecet di area popok, pertimbangkan untuk menggunakan popok sekali pakai (pospak) selama masa penyembuhan dan ganti pospak lebih sering. Pospak umumnya dapat menyerap urin dan feses bayi agar permukaan kulitnya tetap kering dibandingkan popok kain.
  • Pakaikan bayi pakaian yang longgar dan menyerap keringat.
  • Gunakan krim atau salep yang mengandung zinc oxide dan/atau petrolatum untuk menjaga keutuhan permukaan atau skin barrier. Hindari menggunakan bedak di atas area yang diberi salep atau krim karena lengket dan akan membuat bayi semakin tidak nyaman.
  • Untuk mengurangi gesekan pada area yang terkena, dapat menggunakan kasa bersih pada lipatan.
  • Pada beberapa kasus yang memerlukan salep atau krim untuk mengurangi radang, MomDad dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan jenis salep atau krim yang sesuai dan berapa lama dapat digunakan.
  • Bila ada tanda-tanda infeksi, dapat digunakan anti jamur dan anti bakteri yang sesuai.

Itu dia penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi lipatan kulit yang lecet. Semoga dengan membaca artikel ini, MomDad tidak bingung lagi ya untuk mengatasi permasalahan lipatan kulit yang lecet.

Ingin tips dan informasi lainnya seputar kesehatan si Kecil? Ayo, baca artikel di aplikasi PrimaKu atau kunjungi primaku.com. Selain itu, MomDad bisa juga menonton seluruh tayangan ulang webinar di aplikasi, lho. Tak ketinggalan, follow juga akun Instagram dan TikTok PrimaKu supaya enggak ketinggalan update informasi seputar kesehatan anak dan parenting lifestyle!

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., PhD.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: