primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Mengenalkan Rupiah pada Anak, Begini Caranya!

Author: Ammy Marinda

Editor: Dhia Priyanka

Topik: Tips Parenting, Tips, Keuangan, Uang

Cara mengelola uang dengan bijak (sayangnya) tidak dijadikan pelajaran di bangku sekolah. Padahal pemahaman tentang mengatur uang merupakan instrumen penting yang perlu dimiliki seseorang untuk merancang masa depan. Agar anak pandai mengelola uang tak ada salahnya MomDad mencoba untuk memperkenalkan uang sejak dini. Bukan dalam arti mengarahkan si Kecil pada materialisme, tapi memberikan pemahaman mengenai cara kerja uang dan apa yang bisa dilakukan untuk mengelolanya. 

Tak perlu memulai dengan cara yang rumit karena dengan berbagai aktivitas sederhana berikut, MomDad bisa memperkenalkan uang pada anak dan membuat mereka lebih bijak dalam mengelolanya di masa depan!

Memperkenalkan konsep uang dan mata uang

istockphoto-522801050-612x612.jpg

Fase usia di atas 5 tahun anak bisa diperkenalkan pada konsep uang sebagai alat tukar atau pembayaran. Berikan penjelasan bagaimana uang digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Lalu jika si Kecil sudah mengerti, MomDad bisa menambah informasi seputar mata uang serta jenis-jenisnya. 

Ajarkan anak tentang berbagai nominal dan bentuk uang

istockphoto-124638486-612x612.jpg

Ketika anak sudah mengetahui uang kenalkan berbagai nominal yang ada. Selain itu perkenalkan juga pada uang koin dalam berbagai jumlah. Dengan mengetahui nominal, anak bisa bertindak lebih cermat ketika membayar suatu barang, dan memastikan uang kembali diberikan dalam jumlah tepat. 

Ajak anak untuk menghitung uang sebelum membayar barang

istockphoto-181072552-612x612.jpg

Ketika anak sudah mulai fasih dengan berbagai nominal ajak ia untuk terlibat dalam aktivitas pembayaran. Misal saat ke supermarket orang tua bisa mengajak anak untuk menghitung total harga barang yang ingin dibeli dan minta anak mengatur jumlah uang yang tepat. Lakukan hal ini saat orang tua membeli sedikit barang dan lakukan secara bertahap hingga anak fasih menghitung uang. 

Buat permainan seputar uang

istockphoto-180844006-612x612.jpg

Orang tua bisa membuat permainan kecil dengan anak. Seperti mengumpulkan uang dalam berbagai nominal dan minta anak melakukan berbagai variasi nominal untuk mencapai angka tertentu. Misal untuk angka Rp10.000, lihat apakah si Kecil bisa membuat variasi dari pecahan Rp1.000 sebanyak 10 lembar, Rp5.000 2 lembar atau Rp2.000 5 lembar. 

Belikan celengan dan kenalkan anak pada konsep menabung

istockphoto-682417324-612x612.jpg

Setelah anak cukup paham dengan konsep uang sebagai alat pembayaran dan biasa membantu melakukan aktivitas pembayaran saat berbelanja, MomDad bisa membelikan mereka celengan dan mulai mengenalkan pada kegiatan menabung. Pengenalan tentang uang pun akan berkembang menjadi aktivitas menabung dan berikan gambaran tentang menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk kebutuhan di masa mendatang maupun hal tak terduga. Langkah awal MomDad bisa memulai ajakan menabung dengan tujuan membeli barang yang mereka idam-idamkan.

Nah, itu dia 5 tips mengenalkan rupiah sejak dini pada si Kecil. Apakah MomDad punya tips mengenalkan uang lainnya pada si Kecil? Yuk, share bersama MomDad lainnya di Forum Parenting!

Sumber foto: iStok

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Ingin Mengenalkan Emosi pada si Kecil? Yuk, Lakukan Hal Ini!
4 Sep 2022
cover
Catat, Ini Tips Mengenalkan Berbagai Rasa pada si Kecil!
14 Okt 2022
cover
Manfaat Mengenalkan Berbagai Tekstur Makanan pada Bayi
24 Okt 2022
cover
Stimulasi Bayi Usia 9-12 Bulan: Mengenalkan Kegiatan
15 Apr 2023
cover
Begini Cara Mengenalkan Makanan Baru pada Anak
4 Jul 2023
cover
Begini Cara Mengenalkan Warna pada Anak
16 Jul 2023
cover
Stimulasi Bicara: Mengenalkan Suara Binatang
13 Agu 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: