primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Noda Cokelat pada Gigi Anak, Ternyata Ini Penyebabnya!

Author: Fauziah Sabtuanisa

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Gigi, Karies Gigi, Kesehatan Gigi, Noda Cokelat

Noda cokelat pada gigi anak paling sering disebabkan oleh penumpukan plak, karies gigi, dan bahkan gigi berlubang. Hal tersebut terjadi karena buruknya kebersihan mulut. Selain kebersihan mulut, penggunaan beberapa jenis obat-obatan seperti antibiotik juga dapat menyebabkan warna gigi berubah menjadi kecokelatan.

Namun, MomDad tak perlu khawatir, sebab noda coklat pada gigi anak bisa dihilangkan dengan bantuan tenaga profesional. Kuncinya agar noda coklat tidak terbentuk adalah dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi, menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride sesuai anjuran usia sebanyak 2 kali sehari sesegera mungkin setelah gigi pertama muncul.

Untuk menjaga kesehatan mulut pada anak, hindari mengisi botol dengan cairan seperti air gula, jus atau minuman bersoda dan hindari menidurkannya dengan botol. Selain itu, jangan berbagi peralatan makan dengan anak. Hal ini dapat menyebarkan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Jika anak menggunakan empeng, jangan pernah mencelupkannya ke dalam madu atau gula. Jadi, batasi asupan makanan manis si Kecil agar risiko karies gigi lebih kecil.

Referensi:

Mayo Clinic. (2021). "Baby teeth: What order do they come in?" [Mayo Clinic]. Diakses dari https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/expert-answers/baby-teeth/faq-20057765


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: