primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Seberapa pentingkah vitamin A untuk anak?

Author: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Vitamin A, 6-12 Bulan, 1-3 Tahun, 4-7 Tahun

Hai Sahabat PrimaKu, tahukah Anda bahwa bulan Februari dan Agustus ditetapkan pemerintah menjadi bulan vitamin A? Penasaran mengapa vitamin A begitu penting sehingga pemerintah mencanangkan bulan vitamin A? Yuk simak!

 

Apa kegunaan vitamin A?

Vitamin A adalah mikronutrien esensial, atau mikronutrien yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga vitamin A harus diperoleh dari luar tubuh. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan mata, kesehatan selaput lendir/ mukosa, kesehatan kulit (permukaan kulit luar maupun pemukaan kulit di dalam tubuh kita), kesehatan rambut, dan sistem reproduksi. Vitamin A juga sangat penting untuk menjaga fungsi imunitas atau kekebalan serta pertumbuhan kita, disamping juga mempunyai manfaat sebagai antioksidan. Kekurangan vitamin A dapat menimbulkan gangguan penglihatan dan meningkatkan kerentanan terhadap berbagai penyakit infeksi seperti campak dan diare, suatu hal yang masih banyak terjadi di negara-negara miskin atau negara-negara yang sedang berkembang.

 

Vitamin A dalam makanan sehari-hari terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu bentuk aktif dan bentuk belum aktif atau provitamin A. Bentuk aktif vitamin A yang juga disebut sebagai retinol banyak terdapat di dalam sumber makanan hewani seperti produk susu, hati, ikan, dan daging. Sedangkan bentuk belum aktifnya, yang juga disebut  beta karoten, banyak terdapat di dalam sayuran dan buah-buahan yang berwarna kuning-jingga, atau berwarna hijau gelap.

(sumber gambar)

 

Lantas, mungkin Sahabat PrimaKu berpikir “kalau begitu cukup dong anak kita diberikan sayur atau buah yang berwarna jingga atau “oren-oren”?” Eits tunggu dulu. Untuk bisa bekerja, provitamin A atau beta karoten harus diubah ke bentuk aktif oleh tubuh. Nah sayangnya, diperlukan 6 kali lipat beta karoten untuk mendapatkan sejumlah vitamin A yang diperlukan tubuh.

 

Pada Tabel 1 kita dapat melihat kebutuhan vitamin A pada berbagai kelompok usia, sedangkan pada Tabel 2 dan 3 kita dapat melihat kandungan vitamin A (retinol) atau beta caroten (pro-vitamin A) pada berbagai sumber bahan makanan.

Nah kira-kira apalagi pilihannya?

(sumber tabel)

 

 

Nah tapi jangan buru-buru pusing dan ngeluarin kalkulator ya Sahabat PrimaKu! Untungnya pemerintah sudah menyediakan suplementasi vitamin A rutin 2 kali setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus. Cek posternya di link ini!

 

Referensi

  1. Vitamin A Fact sheet for health professionals. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminA-HealthProfessional/
  2. Vitamin A supplementation in infants and children 6–59 months of age. https://www.who.int/elena/titles/vitamina_children/en/
  3. Codgia G. Food sources of vitamin A and provitamin A specific to Africa: An FAO perspective. Food and Nutrition Bulletin 22: 2001. https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/156482650102200403
  4. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/uploads/contents/others/POSTER_VITAMIN_A_3-converted.pdf
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Seberapa pentingkah serat untuk remaja?
3 Agu 2021
cover
Seberapa pentingkah suplementasi vitamin dan mineral pada an...
12 Sep 2021
cover
Seberapa Penting sih Memberikan Snack dalam MPASI? Ini Kata ...
15 Apr 2022
cover
Agustus Bulan Vitamin A, Seberapa Penting untuk Anak?
19 Agu 2022
cover
Seberapa Pengaruhnya Kalsium dalam Tumbuh Tinggi Anak?
7 Okt 2022
cover
Seberapa Penting Pemberian Snack di Masa MPASI
23 Nov 2022
cover
Susu & Suplemen Vitamin, Seberapa Penting untuk Balita?
26 Nov 2022
cover
Seberapa Penting Peran Finger Food pada Masa MPASI?
5 Des 2022
cover
Seberapa Penting Imunisasi Influenza untuk Cegah Batuk Pilek...
26 Jan 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: