primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Segudang Manfaat Memberikan Buku Bergambar pada Anak

Author: Fitri Permata

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Membaca, Buku Bergambar

Anak gemar berimajinasi, terutama jika melihat sesuatu yang ia suka. Untuk melatih imajinasi anak ke hal yang positif, memberikan buku bergambar dapat sangat membantu dalam mengembangkannya. Dengan melihat gambar-gambar yang berbeda, imajinasi anak akan terpicu. Mengesampingkan batasan usia membaca anak, berikut alasan kenapa MomDad perlu memberikan buku bergambar pada si Kecil. 

Usia Anak Mengerti Konsep Buku Bergambar

Tidak ada batasan usia khusus kapan anak dapat diberikan buku cerita bergambar, namun sebaiknya pilihlah buku bergambar yang sesuai dengan usia anak. Misalnya, jika ingin memberikan buku bergambar untuk anak kurang dari 1 tahun, maka carilah yang memiliki gambar cerah dengan warna kontras dan menarik, namun tidak terlalu kompleks (misalnya hanya ada 1-2 gambar per halaman), dan ajaklah anak berinteraksi dengan cerita atau gambar yang ada di buku.

Manfaat Memberikan Buku Bergambar

manfaat buku bergambar (1).jpg

Meskipun usia anak masih terlalu kecil untuk diberikan buku, namun memberikan buku bergambar mampu memberikan berbagai manfaat, antara lain:

  • Dapat "dibaca" meskipun anak belum bisa membaca. Anak dapat menunjuk dan menemukan gambar yang menarik baginya, dan berinteraksi dengan orangtua ketika waktu membaca buku.
  • Membantu anak memvisualisasi sesuai jalan cerita, sehingga dapat membantu mengembangkan imajinasi, menghubungkan bentuk tulisan dengan "benda"nya. Misal, ketika anak mulai berhitung, maka buku bergambar dapat memberikan gambaran tentang berapakah itu satu, dua, tiga, dan seterusnya.
  • Membantu anak memahami alur cerita, perasaan tertentu (misalnya lewat mimik wajah tokoh di gambar), serta membantu anak menangkap pesan tersembunyi dari jalan cerita, sehingga dapat membantu mengembangkan kemampuan sosio emosional anak.
  • Meningkatkan partisipasi anak dalam membaca, misalnya anak dapat mengulang kembali jalan cerita tanpa membaca dan hanya menggunakan gambar-gambar yang telah diceritakan sebelumnya.
  • Meningkatkan rasa percaya diri anak, karena ia dapat memahami cerita meskipun belum fasih membaca bahkan menceritakan kembali kisah di buku tersebut.

Tips Memilih Buku Bergambar sesuai Usia Anak

Gunakan buku bergambar dengan gambar sederhana pada anak usia 0-1 tahun, misalnya hanya 1-2 gambar saja per halamannya, dan ditingkatkan sesuai pemahaman anak. Sementara pada anak balita, gunakan buku dengan gambar yang sesuai kegiatan atau benda yang  mereka gunakan sehari-hari; atau yang meliputi topik yang sedang menarik perhatian mereka dapat meningkatkan keinginan membaca (misalnya kisah anak yang bermain di taman atau bertamasya, dan lain-lain).

Pada anak yang lebih besar, buku cerita bergambar yang menggunakan imajinasi anak, misalnya tentang si kerudung merah, pinokio, cinderella, dan lain-lain dapat menjadi pilihan. Anak juga dapat diajak memilih buku yang mereka inginkan untuk dibaca bersama.

Beberapa buku bergambar anak yang dapat dijadikan pilihan, antara lain:

1. Rabbit Hole - Cilukba! 

8fc1956b-0670-4256-9749-34bac18d1c5b.jpg

Buku bergambar yang menggambarkan kasih sayang orang tua ini menawarkan jumlah huruf di tiap halaman sedikit dan kalimatnya sederhana, yang disesuaikan dengan perkembangan anak bayi dan toddler. Gambar dibuat sesederhana mungkin dengan latar belakang warna yang lembut, sehingga terlihat lebih stand out, yang juga disesuaikan dengan anak bayi dan toddler. Cocok untuk bayi usia 6 bulan hingga 3 tahun. Beli Rabbit Hole - Cilukba di sini seharga Rp59.565 , yuk!

2. Buku Cerita Anak Bergambar - Seri Hewan

a0c6ec37-0dfd-4120-9f39-852d12c8d53b.jpg

Si Kecil penggemar hewan? Buku bergambar ini mungkin bisa dijadikan salah satu pilihan! Memiliki banyak tema, di antaranya series hewan laut hingga peliharaan. Dengan bahasa sederhana dan visual yang memukau, MomDad bisa mendapatkan Buku Cerita Anak Bergambar Seri Hewan seharga Rp45.000 di sini

3. Behaviour Matters Picture Story Book

9d8f24fd-44d4-4acb-9ffb-e1507e1f2e2f.png

Mau mulai ajarkan anak belajar bahasa Inggris. Coba berikan buku Behaviour Matters Pictures Story Book, yuk! Melalui buku ini, MomDad dapat  memberikan contoh kejadian, dampak, serta solusinya. Alhasil, nilai atau pesan yang ingin disampaikan juga akan lebih mudah anak terima. ⁣Beli buku Behaviour Matters Picture Story Book seharga Rp105.000 di sini.

Biar lebih hemat, MomDad bisa menggunakan voucher Tokopedia x PrimaKu dengan kode *PRIMAYTPD untuk mendapatkan diskon 10% hingga 100K dengan minimum transaksi Rp50.000.

Referensi: 9 Surprising Benefits of Picture Books For Children - Nurtured Neurons 

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Kenalan dengan BioActive, Nutrisi di Fresh Milk Pasteurisasi...
16 Jun 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: