primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Supaya Lebih Mandiri, Ini Tips Mengajarkan Anak Mengatur Keuangan

Author: Marisha A

Editor: Dhia Priyanka

Topik: Financial

Mengajarkan anak mengatur keuangan kerap diabaikan oleh banyak orang tua. Alasannya, mengajarkan anak soal uang sejak dini bisa membuat anak memiliki sifat materialistis. Padahal, dengan mengajarkan anak untuk mengelola keuangannya dengan bijak justru bisa membuat anak lebih mandiri dalam finansial saat mereka dewasa, lho! Yuk, simak tips mengajari anak mengelola uang berikut ini!

Beri pemahaman dari mana uang didapatkan

Hal pertama yang perlu MomDad ajarkan adalah mengenai dari mana uang didapatkan. Beri pengertian pada anak bahwa uang didapatkan dari hasil kerja keras, bukan cuma-cuma. MomDad bisa mulai dengan menjelaskan bahwa MomDad pergi bekerja setiap hari dari pagi hingga petang untuk menghasilkan uang.

Permainan jual-beli

Mengenalkan konsep uang bisa MomDad lakukan saat bermain jual-beli. Ajak anak bermain peran menjadi penjual dan pembeli. Buat dialog-dialog sederhana, misalnya MomDad berpura-pura ingin membeli mainannya dan menanyakan berapa harganya, lalu memberikannya uang mainan. Hal ini akan memberikan pemahaman bahwa uang bisa dijadikan sebagai alat tukar.

Ajarkan cara menabung

MomDad juga perlu mengajarkan anak caranya menabung. Cara paling mudah adalah dengan mengajaknya mengumpulkan uang saat ia ingin mainan baru. Misalnya, MomDad akan memberikan si Kecil upah saat ia selesai membereskan mainan atau membantu MomDad mengerjakan pekerjaan rumah. Beri uang sedikit demi sedikit untuk dikumpulkan di dalam celengan miliknya, dan ketika sudah cukup banyak bisa dibuka untuk membeli mainan baru.

Anggarkan uang jajan

Jika si Kecil sudah mulai bersekolah, MomDad bisa mengajarkannya untuk mengelola keuangannya dengan memberikan anggaran uang jajan. Misalnya, MomDad memberikan uang jajan Rp10.000 per hari untuk di sekolah dan Rp5.000 untuk les. Beri pengertian pada anak bahwa uang yang diberikan harus dicukupkan untuk satu hari dan tidak meminta lagi. Dengan begitu, anak pun akan berusaha mencukupkan uang yang dimilikinya.

Belajar berikan batasan

Sebagai orang tua, MomDad tentu ingin anak merasa tercukupi semua kebutuhannya. Namun, MomDad juga perlu memberikan batasan yang tegas mengenai mana kebutuhan dan keinginan. Misalnya jika anak menangis ingin mainan baru, sedangkan di rumah sudah ada, maka jelaskan padanya bahwa mainan itu tidak diperlukan dan alihkan dengan membeli mainan yang belum ia punya.

Itu dia beberapa tips yang bisa MomDad terapkan agar anak belajar mengatur keuangan sejak dini. Apakah sudah ada yang MomDad terapkan sejauh ini?

Jika ingin tahu tips menarik lainnya, pantau terus artikel terbaru kami melalui aplikasi PrimaKu dan jangan lupa follow Instagram @official.primaku ya, MomDad!
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Supaya Lancar, Ini yang Perlu Mom Tahu Sebelum Melakukan Pom...
29 Mar 2022
cover
Supaya Ibu dan Bayi Nyaman, Ini Posisi dan Perlekatan Menyus...
1 Apr 2022
cover
Supaya Menyenangkan, Ini Tips Membaca Buku Cerita Bersama An...
7 Mei 2022
cover
Supaya Tidak Ketergantungan Main Gadget, Ini Rekomendasi Mai...
8 Mei 2022
cover
Aman Enggak sih Bayi Pakai Kemiri supaya Alis Lebat?
22 Sep 2022
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: