primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Supaya Menyenangkan, Ini Tips Membaca Buku Cerita Bersama Anak yang Bisa MomDad Coba!

Author: Marisha A

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Tips Parenting, Membaca Dongeng, Dongeng

Membaca buku cerita bersama anak merupakan kegiatan yang tak hanya menyenangkan, tetapi juga bermanfaat bagi anak. Salah satunya yaitu memperkenalkan anak dengan huruf sejak dini karena nantinya anak akan belajar membaca di sekolah. MomDad, membaca merupakan kemampuan yang penting untuk perkembangan kognisi dan literasi anak. Namun, sebagian anak memiliki pengalaman dipaksa membaca atau diberi tugas membaca yang ternyata bisa menjadi beban, alih-alih kegiatan yang menyenangkan. Karena itu, berikut ini beberapa tips agar kegiatan membaca bersama anak bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

  1. Ajak anak membaca setiap hari, walau hanya beberapa menit, dan jadikan sebagai quality time bersama orang tua.
  2. Jangan terpaku untuk menghabiskan satu cerita setiap sesi membaca. Yang terpenting, anak belajar menikmati setiap prosesnya.
  3. Ajak anak untuk memilih buku bacaan yang dia sukai, meskipun itu berarti MomDad akan membaca buku yang sama berulang kali.
  4. Letakkan beberapa buku di kamar tidurnya untuk kegiatan membaca sebelum tidur atau bed time stories.
  5. Tunjuklah kata atau kalimat di buku saat membaca, sehingga ia belajar bahwa di dalam kumpulan kata-kata tersebut terkandung isi cerita.
  6. Gunakan mimik muka lucu dan suara-suara binatang untuk menambah ketertarikan anak, atau bisa juga dihubungkan dengan lagu.
  7. Jangan menjadikan kegiatan membaca seperti tugas sekolah, misalnya dengan terus memberikan ujian kepada anak tentang huruf, angka, warna, bentuk, dll. Namun, buatlah itu seperti sebuah permainan agar merangsang keingintahuan anak.
  8. Ajak ia membacakan buku yang sering dibaca untuk MomDad, serta ajak ia menceritakan apa yang diingatnya. Jangan lupa berikan pujian pada anak, ya.
  9. Gunakan momen ini sebagai waktu interaktif, misalnya MomDad menunjuk gambar dan bertanya kepada anak apa yang ia pikirkan tentang gambar tersebut, atau apa yang akan terjadi selanjutnya.
  10. Perkenalkan anak dengan variasi buku, misalnya buku dongeng, puisi, buku dengan sajak berima, maupun buku non fiksi.
  11. Menghubungkan apa yang ia baca dengan kegiatan yang terjadi sehari-hari .
  12. Ajak anak ke perpustakaan atau ke toko buku untuk memilih buku bersama.

Nah, itu dia sederet tips yang bisa MomDad lakukan agar kegiatan membaca buku cerita bersama anak menjadi momen yang menyenangkan. Yuk, follow Instagram @official.primaku untuk tahu lebih banyak tips parenting lainnya!

Sumber foto: FREEPIK

Referensi:

  1. Tips to help your children enjoy reading aloud. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/gradeschool/school/Pages/Help-Your-Child-Enjoy-Reading-Aloud-Tips-for-Parents.aspx
  2. Helping your child learn to read. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/preschool/Pages/Helping-Your-Child-Learn-to-Read.aspx

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Supaya Lancar, Ini yang Perlu Mom Tahu Sebelum Melakukan Pom...
29 Mar 2022
cover
Supaya Ibu dan Bayi Nyaman, Ini Posisi dan Perlekatan Menyus...
1 Apr 2022
cover
Supaya Tidak Ketergantungan Main Gadget, Ini Rekomendasi Mai...
8 Mei 2022
cover
Supaya Lebih Mandiri, Ini Tips Mengajarkan Anak Mengatur Keu...
3 Jul 2022
cover
Aman Enggak sih Bayi Pakai Kemiri supaya Alis Lebat?
22 Sep 2022
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: