primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Supaya Tidak Ketergantungan Main Gadget, Ini Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak

Author: Marisha A

Editor: Dhia Priyanka

Topik: Tumbuh Kembang, Fun Activities

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memang semakin memudahkan kehidupan kita. Salah satunya gawai smartphone yang tak hanya bisa dijadikan alat komunikasi, tetapi juga media hiburan. Di sisi lain, sebagai orang tua, MomDad juga perlu lebih bijak menggunakan teknologi, terutama dalam pola asuh anak.

Mungkin saat ini bukan hal yang aneh jika anak menangis, lalu orang tua memberikan si Kecil gadget untuk menonton Youtube. Namun, hal ini ternyata kurang baik untuk melatih perkembangan motorik si Kecil, lho! Sebagai alternatifnya, MomDad bisa memberikan anak mainan edukasi. Apa saja ya? 

Alat musik mainan

istockphoto-1178789300-170667a.jpg

Apakah MomDad menyadari jika kebanyakan anak senang mendengar bunyi-buyian? Nah, ternyata alat musik mainan bisa menjadi sarana edukatif bagi mereka, lho! Jika MomDad punya bujet lebih, tidak ada salahnya membelikan si Kecil alat musik mainan yang bisa mereka mainkan dengan cara dipukul seperti gamelan atau piano mini. MomDad juga bisa mengenalkan tangga nada sederhana. Memainkan alat musik mainan ternyata dapat meningkatkan kerja otak kanan si Kecil, lho!

Mainan blok

building-blocks-wooden-background-colorful-wooden-building-blocks.jpg

Mainan dengan berbagai bentuk, mulai dari segitiga, persegi panjang, kotak, hingga lingkaran dengan aneka warna bisa menjadi sarana edukasi anak. Mainan ini dapat mengembangkan kreativitasnya karena si Kecil dapat membuat apa saja sesuai dengan imajinasinya.

Tak hanya itu, mainan blok ternyata membantu mengembangkan keterampilan motorik kasar si Kecil. Untuk anak yang masih kecil, MomDad bisa memilihkan blok berukuran besar untuk mencegah anak menelannya atau risiko terinjak.

Puzzle

knob-puzzle-with-geometric-shapes.jpg

Eits, jangan buru-buru membayangkan puzzle yang rumit dan kecil-kecil, ya, MomDad! Puzzle untuk anak juga ada yang mudah, lho! Pilihlah puzzle dengan bentuk menarik, seperti hewan atau buah-buahan yang hanya terdiri dari 4-6 potong. Dengan belajar memperbaiki dan menggabungkan bentuk melalui potongan-potongan, akan membantu anak meningkatkan kemampuan ingatannya. Puzzle juga akan melatih imajinasi, kesabaran, serta tekad anak.

Masak-masakan

Mainan lain yang bisa MomDad berikan untuk membantu mengembangkan imajinasinya yaitu masak-masakan. MomDad bisa juga bermain peran sebagai penjual dan pembeli makanan. Biarkan anak berkreasi dengan imajinasinya seolah menyajikan makanan yang akan ia jual. Biasanya anak kerap mengamati orang dewasa di sekitarnya dan mencontohkannya saat bermain.

Mainan olahraga

Ingin melatih koordinasi otak, tangan, dan kaki si Kecil? Coba ajak ia bermain permainan olahraga ringan, yuk! Jenis permainan fisik ini akan membantu melatih keseimbangan tubuh, gerak motorik, serta membuatnya tetap sehat dengan banyak bergerak. Bermain permainan olahraga juga akan membantu melatih aspek sosialnya karena akan mengajarkan mereka mengenai sportivitas.

Jadi, dari kelima permainan edukasi anak di atas, mana nih yang sudah MomDad berikan untuk si Kecil? Yuk, follow Instagram @official.primaku agar MomDad tahu lebih banyak informasi seputar perkembangan si Kecil!

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Supaya Lancar, Ini yang Perlu Mom Tahu Sebelum Melakukan Pom...
29 Mar 2022
cover
Supaya Ibu dan Bayi Nyaman, Ini Posisi dan Perlekatan Menyus...
1 Apr 2022
cover
Supaya Menyenangkan, Ini Tips Membaca Buku Cerita Bersama An...
7 Mei 2022
cover
Supaya Lebih Mandiri, Ini Tips Mengajarkan Anak Mengatur Keu...
3 Jul 2022
cover
Aman Enggak sih Bayi Pakai Kemiri supaya Alis Lebat?
22 Sep 2022
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: