primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Hernia pada Anak, Apakah Bisa Dicegah?

Author: Fauziah Sabtuanisa

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso Sp.A

Topik: Hernia

MomDad apakah pernah lihat adanya tonjolan atau benjolan lunak di bawah kulit sekitar perut atau alat kelamin si Kecil? Bisa jadi ini pertanda hernia. Umumnya, hernia terdiri dari dua macam, yaitu inguinal dan umbilical. Nah, yang sering ditemukan pada anak laki-laki dan perempuan adalah hernia inguinalis. Lantas, bagaimana pencegahan hernia dapat dilakukan?

Pencegahan hernia pada anak

istockphoto-1130235240-612x612.jpg

Semua bayi memiliki jaringan yang berbentuk terowongan di selangkangan yang disebut kanalis inguinalis. Kanal ini terentang antara perut bayi hingga area alat kelamin bayi. Normalnya, kanal ini akan menutup segera sebelum lahir. Namun, pada beberapa bayi, kanal ini gagal menutup dan menyebabkan bukaan yang dapat dilewati oleh usus bayi, suatu kondisi yang disebut dengan hernia inguinal. Nah, jadi dapat disimpulkan bahwa hernia tidak dapat dicegah.

Faktor risiko hernia

Beberapa faktor risiko terjadinya hernia inguinal, antara lain:

  • Kelahiran prematur
  • Riwayat keluarga dengan hernia
  • Penyakit cystic fibrosis
  • Gangguan pertumbuhan panggul
  • Undescensus testis
  • Memiliki masalah dengan organ berkemih

Jika si Kecil diketahui mengalami hernia, cara mengatasinya harus disesuaikan dengan jenis hernia yang dialami. Satu-satunya cara mengatasi hernia inguinal adalah dengan proses pembedahan.

Pembedahan atau operasi ini bertujuan untuk menghindari tonjolan atau benjolan bertambah besar, menghitam, mengeras, dan merusak jaringan-jaringan bawah kulit. Jika dibiarkan tanpa penanganan, hernia inguinalis bisa merusak jaringan tubuh anak secara permanen.

Selain itu, dalam banyak kasus, pembedahan harus dilakukan segera ketika hernia ditemukan. Sebab, usus si Kecil bisa tersangkut di kanalis inguinalis. Bila ini terjadi, suplai darah ke usus bisa terputus dan menyebabkan kerusakan pada usus anak

Pembedahan pada kasus hernia inguinal ini bergantung pada derajatnya letak atau posisi hernia tersebut. Maka, MomDad bisa diskusikan dengan dokter bedah dahulu untuk menentukan waktu yang tepat untuk operasi perbaikan hernia inguinal pada si Kecil.

Ingin tahu tips dan informasi lainnya seputar kesehatan si Kecil? Ayo, baca artikel di aplikasi PrimaKu atau kunjungi primaku.com. Selain itu, MomDad bisa juga menonton seluruh tayangan ulang webinar di aplikasi, lho. Tak ketinggalan, follow juga akun Instagram dan TikTok PrimaKu supaya enggak ketinggalan update informasi seputar kesehatan anak dan parenting lifestyle!
Referensi:

Sumber foto: Freepik

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., PhD.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Gejala Hernia pada Anak yang Perlu MomDad Ketahui
15 Jul 2022
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: