primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Kapan, sih Bayi Mulai Bisa Tertawa?

Author: Annasya

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Tertawa, Stimulasi, Stimulasi Perkembangan

Melihat si Kecil tertawa merupakan salah satu momen berharga bagi setiap orang tua. Selain menyenangkan hati MomDad, ternyata tertawa juga memberi manfaat untuk si Kecil, termasuk tumbuh kembangnya, lho. Normalnya, kapan sih bayi mulai bisa tertawa? Yuk, simak penjelasan di bawah!

Kapan bayi mulai bisa tertawa?

source freepik 3 (5).jpg

Pada umumnya, bayi mulai tertawa (chuckles) pada usia 3-4 bulan [1], meskipun belum bisa tertawa terbahak-bahak. Bayi akan mulai mengeluarkan full laugh pada usia sekitar 5-6 bulan [2]. Bayi akan tertawa pertama kali akibat perasaan senang dan sensasi fisik misalnya ketika kita meniup perut bayi, menggelitik bayi, menggendong, berpura-pura main pesawat terbang, mengeluarkan suara lucu, ataupun membuat mimik lucu. Seiring pertambahan usianya, si Kecil akan dapat merespon terhadap hal-hal yang ia dengar dan lihat dengan tertawa [3].

Jika bayi tampak sesekali tersenyum tanpa mengeluarkan suara, namun ia merespon dengan baik terhadap stimulus yang diberikan orang tua dan dapat membuat suara di situasi lain, maka MomDad tidak perlu khawatir.

Apa penyebab bayi belum bisa tertawa?

BeFunky-collage - 2023-03-09T145429.296.jpg

Tertawa merupakan salah satu bentuk komunikasi dan respon bayi terhadap stimulus di sekitarnya. Jika bayi belum bisa tertawa, maka perlu diperhatikan apakah bayi tampak ‘cuek’ atau sebenarnya sudah dapat berinteraksi dengan orangtuanya. Apabila terdapat kekhawatiran, maka MomDad dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak terkait kondisi ini. Jika bayi belum mulai tertawa pada 6 bulan, kondisi tersebut dapat mengindikasikan adanya gangguan perkembangan atau fungsi pendengaran.

Manfaat tertawa bagi tumbuh kembang bayi

source freepik 1 (3).jpg

Bukan hanya untuk menyenangkan bayi, faktanya tertawa juga memiliki manfaat untuk perkembangan bayi, loh. Tertawa merupakan bagian dari perkembangan sosioemosional serta kognitif bayi. Itulah sebabnya tertawa dapat membantu tumbuh kembang bayi.

Demikian penjelasan mengenai waktu bayi mulai tertawa dan juga manfaatnya. Apabila si Kecil belum mulai tertawa saat sudah menginjak usia tertentu, segera konsultasikan dengan dokter anak untuk mengetahui penyebabnya, ya. 

MomDad mau share informasi atau pertanyaan seputar tumbuh kembang bersama orang tua lainnya? Yuk, ceritakan pengalaman MomDad di Forum Tumbuh Kembang! Selain itu, MomDad juga bisa bertanya seputar kesehatan si Kecil dan akan dijawab langsung oleh ahli, lho.

Sumber foto: Freepik

Referensi

  1. National Center on Birth Defects and Developmental Disabilities, Centers for Disease Control and Prevention, November 2022
  2. National Center on Birth Defects and Developmental Disabilities, Centers for Disease Control and Prevention, December 2022
  3. https://www.parents.com/baby/development/laughing/babys-early-laughs/


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Pemberian Makan pada Bayi: Kapan, Apa, dan Bagaimana?
6 Feb 2018
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: