primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Tahapan Penglihatan Bayi Mulai dari Lahir hingga Usia 1 Tahun

Author: Radhita Rara

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso SpA

Topik: Stimulasi Perkembangan

Perkembangan bayi mulai dari lahir hingga ia beranjak besar merupakan hal yang paling ditunggu oleh orang tua. Bayi baru lahir akan belajar memahami lingkungannya melalui suara, sentuhan, bau, rasa, serta penglihatan.

Meskipun masih samar-samar, penglihatan merupakan salah satu indera yang belum berkembang sempurna saat bayi lahir. Dibutuhkan beberapa bulan untuk penglihatan bayi bisa berkembang sepenuhnya. Tapi, kalau rangsangan yang diberikan dengan tepat, tentu akan sangat membantu si Kecil untuk menikmati dunia sepenuhnya dengan segera.

Nah, untuk mengetahui tahapan penglihatan bayi mulai dari newborn hingga setahun pertama usianya, MomDad bisa menyimak artikel ini sampai bawah, ya. Yuk, lihat apa saja yang dilalui si kecil dalam penglihatannya!

Newborn hingga 2 bulan

pexels-the-craft-wonder-421879 (1).jpg

Saat baru lahir, penglihatan bayi memang belum sempurna. Namun, ada beberapa hal yang bisa ia bedakan, misalnya cahaya terang dan gelap. Dalam beberapa minggu seiring dengan retinanya yang berkembang, si Kecil mulai bisa melihat benda dengan warna cerah dan kontras.

Di usia yang menginjak 1 bulan, seorang bayi mulai bisa fokus pada objek tertentu. Oleh karena itu, bayi mulai dapat memfokuskan mata untuk melihat wajah MomDad di usianya ini. Ia pun mulai tertarik pada objek yang dekat dengannya.

Usia 2 hingga 4 bulan

pexels-polina-tankilevitch-3875217 cop.jpg

Pada usia ini, MomDad mungkin akan melihat mata si Kecil tampak juling atau bergerak kesana kemari. Dalam kebanyakan kasus, hal ini adalah normal. Namun, kalau MomDad merasa ada yang janggal, coba langsung konsultasikan dengan dokter anak, ya.

Di usia 2 bulan, bayi biasanya sudah bisa mengikuti objek yang bergerak. Hal ini karena koordinasi visual bayi sudah mulai meningkat dan koordinasi mata serta lengan juga sudah mampu mengikuti gerakan di dekatnya.

Pada usia 3 bulan, mata bayi sudah bisa bekerjasama untuk melacak objek yang bergerak dan berusaha untuk meraihnya. MomDad bisa merangsang perkembangan penglihatan bayi dengan mainan yang dapat digenggam dan digerakan. 

Usia 5 hingga 8 bulan

istockphoto-1178789300-170667a(9)(10)(11).png

Saat si Kecil menginjak usia 5 bulan, kemampuan bayi untuk melihat seberapa jauh objek semakin berkembang. Hal ini disebut dengan depth perception yang berkembang lebih baik.

Si Kecil juga sudah mulai bisa melihat dunia sekitarnya dalam 3 dimensi (3D). Ia juga memiliki penglihatan warna yang lebih baik dari sebelumnya, meskipun belum sesempurna orang dewasa.

Kalau MomDad sadari, bayi di rentang usia 5-8 bulan juga sudah bisa melihat MomDad dari sudut kamar, lho! Mungkin ia akan menggerakan badannya ketika melihat MomDad atau objek dari kejauhan. Bahkan, ia bisa mengingat bentuk benda sekalipun hanya sebagian.

Usia 9 hingga 12 bulan

pexels-meruyert-gonullu-7499399 cop.jpg

Pada usianya yang menginjak 9 bulan, bayi umumnya sudah dapat memperkirakan jarak, seiring ia semakin banyak bergerak. Di usia ini juga, penglihatan bayi sudah mendekati sempurna, ia mampu melihat lebih tajam dan mulai bisa mengambil benda yang sangat kecil. 

Di usia 1 tahun, penglihatan bayi semakin terlihat jelas, sehingga ia dapat dengan mudah mengenal orang-orang yang sudah dikenalnya, bahkan dari jarak jauh. Ia pun bisa menggenggam sesuatu di antara ibu jari dan telunjuknya dengan memperkirakan jarak jauh dan dekat, lho!

Untuk itu, MomDad bisa merangsang perkembangan penglihatan bayi dengan meletakkan mainan favoritnya dan biarkan si Kecil untuk merangkak menggapai mainan tersebut.

Nah, itu dia perkembangan penglihatan bayi dan kapan usia bayi bisa melihat dengan jelas. Jangan lupa untuk terus bermain dan merangsang kemampuan visualnya dengan berbagai mainan yang memiliki warna dan bentuk menarik, ya, MomDad.

Untuk mengetahui lebih banyak konten informatif lainnya bisa dengan mengikuti instagram @official.primaku atau dengan membaca artikelnya di aplikasi PrimaKu atau website primaku.com.

Suka dengan artikel ini? Yuk, like, save, dan share artikelnya!

Sumber foto: Pexels

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Pengetahuan tentang tahapan tumbuh kembang anak dapat mening...
29 Jan 2018
cover
Begini lho tahapan literasi anak!
24 Nov 2021
cover
Pelajari tahapan perkembangan si kecil usia 4-6 bulan!
9 Des 2021
cover
Mengetahui Usia Perkembangan Anak dan Tahapan MPASI
20 Jun 2022
cover
Tahapan Bermain Anak Berdasarkan Usia
20 Agu 2022
cover
Tahapan Menerapkan Toilet Training pada Anak Berdasarkan Usi...
26 Agu 2022
cover
Tahapan Berbicara pada Anak Berdasarkan Usia
14 Sep 2022
cover
Yuk, Kenali Tahapan Adaptasi Bayi Terhadap Rasa Makanan!
14 Okt 2022
cover
Tahapan Literasi Anak yang Perlu MomDad Ketahui
21 Okt 2022
cover
Punya Anak Perempuan? MomDad Perlu Tahu Tahapan Pubertasnya!
26 Okt 2022
cover
Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia 7-12 Bulan
25 Nov 2022
cover
Ketahui Tahapan Bayi Mulai dari Tengkurap hingga Berjalan
2 Mar 2023
cover
Ini Tahapan Tumbuh Kembang Bayi sebelum Bisa Duduk Mandiri
20 Mar 2023
cover
Ini Tahapan Pengenalan Rasa MPASI Bayi sesuai Usia!
13 Apr 2023
cover
Panduan MPASI sesuai Usia, Perkembangan & Tahapan Anak
5 Mei 2023
cover
Kapan Bayi Bisa Duduk? Ini Tahapannya!
11 Sep 2023
cover
Inilah Tahapan Perkembangan Bicara Normal pada Anak
2 Nov 2023
cover
Mau Ajarkan Toilet Training? Ikuti Tahapannya biar Anak Tida...
16 Nov 2023
cover
Cegah Speech Delay, Ketahui Tahapan Perkembangan Bicara Anak...
22 Nov 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: