primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Agustus Bulan Vitamin A, Seberapa Penting untuk Anak?

Author: Fauziah Sabtuanisa

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso SpA

Topik: Vitamin A

Bulan Februari dan Agustus ditetapkan pemerintah Indonesia menjadi bulan vitamin A. Pada kedua ini, si Kecil bisa mendapatkan suplementasi vitamin A kapsul biru untuk usia 6-11 bulan dan kapsul merah untuk 12-59 bulan secara gratis di puskesmas, posyandu, balai pengobatan atau di fasilitas kesehatan lainnya. Nah, seberapa penting sih vitamin A untuk kesehatan anak?

Fungsi vitamin A

Vitamin A adalah mikronutrien esensial, atau mikronutrien yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga vitamin A harus diperoleh dari luar tubuh. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan mata, kesehatan selaput lendir atau mukosa, kesehatan kulit (permukaan kulit luar maupun permukaan kulit di dalam tubuh), kesehatan rambut, dan sistem reproduksi.

Selain itu, vitamin A juga sangat penting untuk menjaga fungsi imunitas atau kekebalan serta pertumbuhan, serta bermanfaat sebagai antioksidan. Apabila kekurangan vitamin A, maka dapat berisiko menimbulkan gangguan penglihatan dan meningkatkan kerentanan terhadap berbagai penyakit infeksi seperti campak dan diare.

Vitamin A pada makanan

bantal 2.jpg

Dalam makanan, vitamin A terbagi menjadi dua bentuk, yaitu:

  • Bentuk aktif di mana vitamin A yang juga disebut sebagai retinol bisa ditemukan di dalam sumber makanan hewani seperti produk susu, hati, ikan, dan daging.
  • Bentuk belum aktif atau provitamin A yang juga disebut beta karoten, bisa ditemukan di dalam sayuran dan buah-buahan yang berwarna kuning-jingga, atau berwarna hijau gelap.

Mungkin MomDad berpikir, “kalau begitu cukup dong si Kecil diberikan sayur atau buah yang berwarna jingga atau “oren-oren”?” Eits, tunggu dulu!

Untuk bisa bekerja secara optimal, provitamin A atau beta karoten harus diubah ke bentuk aktif oleh tubuh. Nah sayangnya, hal ini diperlukan 6 kali lipat beta karoten untuk mendapatkan sejumlah vitamin A yang diperlukan tubuh.

Pada Tabel 1 di bawah ini, MomDad dapat melihat kebutuhan vitamin A pada berbagai kelompok usia si Kecil.

vita.png

Keterangan:

  • RAE = retinol activity equivalent
  • 1 IU retinol = 0.3 mcg RAE
  • 1 IU supplemental beta-carotene = 0.3 mcg RAE
  • 1 IU dietary beta-carotene = 0.05 mcg RAE

Sedangkan pada Tabel 2 dan 3, MomDad dapat melihat kandungan vitamin A (retinol) atau beta caroten (pro-vitamin A) pada berbagai sumber bahan makanan.

vita 2.png

vita 3.png

Nah, MomDad enggak usah pusing! Sekarang pemerintah Indonesia sudah menyediakan suplementasi vitamin A yang rutin diberikan setiap dua kali setahun secara gratis, yaitu di bulan Februari dan Agustus untuk melengkapi kebutuhan vitamin si Kecil.

Yuk, cek informasi lebih lanjut mengenai vitamin A di sini!

Ingin tahu tips dan informasi lainnya seputar imunisasi? Ayo, baca artikel di aplikasi PrimaKu atau kunjungi primaku.com. Selain itu, MomDad bisa juga menonton seluruh tayangan ulang webinar di aplikasi, lho. Tak ketinggalan, follow juga akun Instagram dan TikTok PrimaKu supaya enggak ketinggalan update informasi seputar kesehatan anak dan parenting lifestyle!

Referensi:

 Sumber foto: Freepik

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., PhD.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Bulan Agustus, bulan imunisasi anak sekolah, lho!
12 Sep 2021
cover
Kegiatan BIAS, Bulan Imunisasi Anak Sekolah, Jatuh di Bulan ...
20 Agu 2022
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: