primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Kontak Mata dengan Bayi Bisa Cegah Speech Delay?

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Speech Delay, Kontak Mata, Tumbuh Kembang

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kontak mata antara orang tua dan bayi dapat membantu dalam perkembangan bahasa dan mengurangi risiko keterlambatan bicara pada anak. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang pasti dan jelas bahwa hanya dengan melakukan kontak mata saja dapat mencegah keterlambatan bicara pada anak.

Sebuah studi pada tahun 2017 yang diterbitkan di jurnal "Developmental Science" menemukan bahwa interaksi antara ibu dan bayi, termasuk kontak mata, dapat memengaruhi kemampuan bahasa anak. Namun, studi ini hanya menunjukkan hubungan antara interaksi orang tua dan bahasa anak, bukan sebab-akibat.

Demikian pula, sebuah penelitian pada tahun 2013 yang diterbitkan di jurnal "Pediatrics" yang menunjukkan bahwa semakin sering orang tua mengalihkan perhatian anak mereka dengan bermain atau berbicara dengannya, semakin rendah kemungkinan anak tersebut mengalami keterlambatan bicara. Namun, penelitian ini tidak secara khusus menyoroti kontak mata.

BeFunky-collage - 2023-05-02T120418.425.jpg

Dalam hal ini, perlu dicatat bahwa interaksi dan komunikasi yang baik antara orang tua dan bayi merupakan faktor penting dalam perkembangan bahasa anak. Tetapi, tidak hanya kontak mata saja yang menentukan perkembangan bahasa pada anak. Misalnya dengan memberikan stimulasi yang optimal, kondisi kesehatan, kecerdasan, hingga jenis kelamin ternyata berpengaruh terhadap perkembangan bahasa seorang anak

MomDad mau share informasi atau pertanyaan seputar tumbuh kembang bersama orang tua lainnya? Yuk, ceritakan pengalaman MomDad di Forum Tumbuh Kembang! Selain itu, MomDad juga bisa bertanya seputar kesehatan si Kecil dan akan dijawab langsung oleh ahli, lho.

Referensi:

  • Leong, V., & Goswami, U. (2017). Implications of eye gaze research for developmental cognitive neuroscience. Developmental Science, 20(4), e12416.
  • American Academy of Pediatrics. (2019). Identifying infants and young children with developmental disorders in the medical home: An algorithm for developmental surveillance and screening. Pediatrics, 145(1), e20193449. 


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Ini Pentingnya Kontak Mata dengan Bayi untuk Melatih Bicara
2 Apr 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: