primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Deretan Vaksin Dewasa untuk Usia 19-26 Tahun, Cek List nya!

Author: Dhia Priyanka / dr. Afiah Salsabila

Topik: Vaksinasi, Vaksin Dewasa

Vaksin tidak hanya penting bagi anak, namun anak remaja hingga dewasa tetap memerlukan vaksin. Vaksin membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang terhadap penyakit tertentu. Dengan menerima vaksin yang sesuai, seseorang dapat melindungi dirinya sendiri dari penyakit yang dapat dicegah, bahkan saat dewasa. Ini merupakan hal penting, khususnya jika sudah berkeluarga. Tak hanya melindungi diri sendiri, vaksin juga dapat melindungi si Kecil dari penyakit menular yang mungkin ‘dibawa’ oleh MomDad. 

Nah, vaksin apa saja sih yang dibutuhkan untuk usia 19-26 tahun? Yuk, cek list nya!

Vaksin Varicella

Cacar air adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus varisela-zoster (VZV) yang dapat dicegah dengan vaksin varicella. CDC merekomendasikan dua dosis vaksin cacar air untuk anak-anak, remaja, dan dewasa yang belum pernah mengalami cacar air dan belum divaksinasi. Anak-anak biasanya disarankan untuk menerima dosis pertama pada usia 12 hingga 15 bulan dan dosis kedua pada usia 4 hingga 6 tahun.

Orang yang berusia 13 tahun ke atas yang belum pernah mengalami cacar air atau menerima vaksin cacar air sebaiknya mendapatkan dua dosis, dengan setidaknya selisih 28 hari. Vaksin varicella sangat penting, terutama untuk:

  • Tenaga kesehatan
  • Orang yang merawat atau berdekatan dengan orang lain yang daya tahan tubuhnya lemah dalam melawan kuman dan penyakit (sistem kekebalan tubuh yang melemah)
  • Guru
  • Tenaga kerja penitipan anak
  • Penghuni dan staf di panti jompo dan pengaturan tempat tinggal lainnya
  • Mahasiswa
  • Narapidana dan staf lembaga pemasyarakatan
  • Personel militer
  • Wanita yang tidak sedang hamil pada usia yang masih bisa hamil
  • Remaja dan dewasa yang tinggal bersama anak-anak
  • Pelancong internasional

Vaksin HPV

Vaksin HPV adalah vaksin untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus HPV. Virus tersebut dapat menginfeksi manusia pada sel epitel di kulit dan membran mukosa (salah satunya adalah daerah kelamin), dan dapat menyebabkan keganasan atau kanker, baik pada laki-laki maupun perempuan. Pada daerah kelamin, kanker dapat terjadi pada leher rahim, vulva atau bibir vagina, vagina, dan penis, sedangkan pada daerah non-kelamin, kanker juga dapat terjadi pada bagian mulut dan saluran napat atas. Kanker leher rahim adalah kanker tersering yang disebabkan oleh virus HPV. Di dunia, kanker leher rahim menduduki peringkat kedua penyebab kematian terbanyak pada wanita setelah kanker payudara. Hal inilah yang semakin meningkatkan kebutuhan masyarakat akan vaksinasi HPV.

Saat ini, pemberian vaksin HPV di Indonesia disarankan pada remaja perempuan mulai dari usia 10 tahun ke atas.

Vaksin COVID-19

Setelah menghadapi pandemi COVID-19 yang mengancam jiwa selama lebih dari 2 tahun, setiap individu dianjurkan untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Vaksin COVID-19 penting bagi orang dewasa karena dapat membantu melindungi mereka dari penyakit serius, komplikasi, dan kematian akibat COVID-19. Selain itu, vaksinasi juga membantu membangun kekebalan komunal yang penting untuk mengendalikan penyebaran virus dan melindungi individu yang rentan.

Vaksin Influenza

Siapa pun bisa terkena flu, bahkan orang sehat. Masalah serius terkait flu bisa terjadi pada usia berapapun, tetapi beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi untuk alami komplikasi serius terkait flu jika mereka sakit, termasuk orang dewasa yang berusia 65 tahun ke atas, orang dari segala usia dengan kondisi medis kronis tertentu (seperti diabetes, asma, atau penyakit jantung), wanita hamil, dan anak-anak kecil.

Cara terbaik dan langkah paling penting untuk mencegah flu adalah dengan mendapatkan vaksin flu setiap tahun. CDC merekomendasikan bahwa semua orang berusia 6 bulan ke atas perlu mendapatkan vaksin flu setiap tahun. Vaksin flu dapat mengurangi penyakit flu, kunjungan ke dokter, dan absensi kerja atau sekolah akibat flu, serta mencegah rawat inap terkait flu.

Vaksin Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit serius yang disebabkan oleh virus yang menyerang hati. Virus tersebut, yang disebut virus hepatitis B (HBV), dapat menyebabkan infeksi seumur hidup, sirosis (pengerasan) hati, kanker hati, gagal hati, dan kematian. 

Vaksin hepatitis B tersedia untuk semua kelompok usia, yaitu direkomendasikan untuk semua bayi, semua anak-anak atau remaja di bawah usia 19 tahun yang belum divaksinasi, semua orang dewasa usia 19 hingga 59 tahun, dan orang dewasa usia 60 tahun ke atas dengan faktor risiko untuk infeksi hepatitis B. Orang dewasa yang berusia 60 tahun atau lebih tanpa faktor risiko, juga dapat menerima vaksin hepatitis B.

Vaksin MMR

CDC merekomendasikan agar setiap individu mendapatkan vaksin MMR untuk melindungi diri dari campak, gondongan, dan rubella, setidaknya satu dosis vaksin. Beberapa orang dewasa memerlukan 2 dosis jika sebelumnya belum pernah mendapatkan vaksin MMR. Namun, jika sudah pernah mendapatkan 1 dosis saat kecil, vaksin MMR cukup diberikan 1 dosis saat dewasa.

Orang dewasa yang akan berada di lingkungan yang berisiko tinggi untuk penularan campak atau gondongan harus memastikan bahwa mereka telah mendapatkan dua dosis yang dipisahkan oleh setidaknya 28 hari, termasuk siswa/i di institusi pendidikan pasca-sekolah menengah, tenaga kesehatan, dan pelancong internasional.

Vaksin Tdap

Vaksin Tdap ditujukan untuk mencegah batuk rejan, yang juga dikenal sebagai pertusis. Batuk rejan adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis. 

CDC merekomendasikan vaksinasi batuk rejan untuk semua bayi dan anak-anak, remaja pra-remaja, dan wanita hamil. Orang dewasa yang belum pernah mendapatkan vaksin ini juga perlu mendapatkan vaksin dtap. Selain itu, vaksin Tdap juga dapat mencegah penyakit tetanus dan difteri.

Untuk mendapatkan vaksin di atas, MomDad bisa memesannya melalui Booking Vaksin di PrimaKu dan nikmati berbagai promo menguntungkan setiap bulannya. Jangan ragu hubungi Dokmin melalui WhatsApp di nomor 0877-8688-881 untuk konsultasi seputar vaksin.

Referensi:

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Deretan Momfluencer yang Suguhkan Konten Parenting di Instag...
4 Jun 2022
cover
Deretan Ide Menarik untuk Merayakan Ulang Tahun si Kecil
25 Jun 2022
cover
Jangan Keliru! Ini Deretan Mitos dan Fakta tentang Bilingual...
22 Sep 2022
cover
Deretan Aktivitas Fisik Anak Usia 0-5 Tahun dan Cara Menstim...
9 Okt 2022
cover
Deretan Pencapaian Tumbuh Kembang Bayi Usia 4-6 Bulan
26 Okt 2022
cover
Deretan Alat Kesehatan (P3K) yang Perlu Ada di Rumah
12 Des 2022
cover
Deretan Bahan Aktif dalam Skin Care yang Perlu Dihindari Ibu...
22 Des 2022
cover
Deretan Aktivitas Stimulasi untuk Melatih Kecerdasan si Keci...
30 Jun 2023
cover
Deretan Aktivitas Fisik Anak yang Cocok berdasarkan Usia
20 Agu 2023
cover
Deretan Nutrisi yang dapat Mencegah Anak dari Stunting
3 Sep 2023
cover
Deretan Resep MPASI Anti GTM untuk Atasi BB Seret
6 Sep 2023
cover
Deretan Perilaku Mom Shaming yang Tanpa Sadar Kerap Dilakuka...
24 Apr 2024
cover
Deretan Vaksin Dewasa untuk Usia 27-49 Tahun, Cek List nya!
10 Mei 2024
cover
Deretan Vaksin yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil
24 Mei 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: