primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Kerap Dianggap Sama, Apa sih Bedanya Vaksin & Imunisasi?

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Vaksinasi, Imunisasi

Kata vaksin dan imunisasi pasti sudah tidak asing di telinga MomDad. Dalam rentang usia tertentu, anak pasti akan diberikan vaksin dan imunisasi untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjaganya dari berbagai penyakit. Nah, mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa keduanya adalah dua hal yang sama. Faktanya, vaksin dan imunisasi memiliki makna yang berbeda, lho. Apa, sih bedanya?

Pengertian Vaksin dan Imunisasi

perbedaan_vaksin_dan_imunisasi_(1).jpg

Vaksin ada produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme yang sudah mati atau masih hidup namun dilemahkan, masih utuh atau bagiannya, atau berupa toksin mikroorganisme yang telah diolah menjadi toksoid atau protein rekombinan, yang ditambahkan zat lainnya, yang diberikan kepada seseorang, sehingga akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Sementara imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga bila suatu saat terjangkit penyakit tersebut, maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.


Perbedaan Vaksin dan Imunisasi

perbedaan_vaksin_dan_imunisasi.jpg

Imun adalah kekebalan tubuh, sementara sasi adalah proses. Jadi, imunisasi adalah suatu proses untuk membuat seseorang, baik anak dan orang dewasa, mendapatkan imunitas. Imunisasi terbagi menjadi dua, yaitu imunisasi alamiah dan imunisasi buatan. Imunisasi alamiah pun terbagi menjadi dua bagian, yaitu ada secara aktif dan pasif, di mana tubuh akan menentukan apakah perlu bekerja atau tidak untuk mendapatkan imun.

Misal, untuk imunisasi alamiah yang aktif, berarti anak mengalami sakit. Anak yang terkena cacar, sebelumnya tidak memiliki respon imun terhadap virus cacar. Lalu, setelah virus cacar masuk ke dalam tubuhnya, sang tubuh akan 'mengenal' virus cacar tersebut dan mengingatnya. Jadi, tubuh harus 'bekerja' dulu untuk mendapatkan imunitas alamiah. Sementara imunisasi pasif adalah ketika anak sudah mendapat kekebalan sendiri di dalam tubuh. Umumnya, kekebalan tersebut datang dari ibunya, baik pada masa kehamilan atau menyusui.  

Imunisasi buatan pun terbagi menjadi dua, yaitu aktif dan pasif. Kalau yang aktif, tubuh disuruh bekerja saat anak tidak sakit, contohnya vaksinasi. Saat anak melakukan vaksinasi, anak akan dimasukkan 'sesuatu' yang mirip dengan sebuah penyakit. Misal, anak yang vaksinasi BCG, tubuhnya akan mengalami gejala penyakit yang mirip dengan TB. Jadi, jika sewaktu-waktu anak mengalami TB, tubuh sudah mengerti dan memiliki memori mengenai penyakit TB. 

Sementara, imunisasi pasif berarti tubuh tidak perlu bekerja seperti imunisasi aktif, karena sudah langsung mendapat imunoglobulin yang merupakan antibodi. Namun, perlu diingat imunisasi pasif umumnya tidak bertahan lama jika dibaandingkan dengan aktif


Yuk, cek jadwal vaksinasi si Kecil sesuai anjuran IDAI melalui aplikasi PrimaKu! Tak hanya itu, MomDad juga bisa Booking Vaksin dengan Klinik Partner PrimaKu dan mendapatkan harga spesial, lho. Cek, kode voucher untuk vaksin dewasa dan anak melalui aplikasi PrimaKu, ya.

Jika memiliki pertanyaan seputar vaksinasi, MomDad bisa menghubungi Dokmin melalui Whatsapp di nomor 0877-8688-881.


Referensi:

  • Instagram Live PrimaKu, Serba-serbi Imunisasi yang Perlu Diketahui Orang Tua bersama dr. Lucky Yogasatria, Sp.A & dr. Reza Fahlevi, Sp.A
  • Pedoman Pengelolaan Vaksin di Fasilitas Pelayanan Kesehatan oleh Kemenkes RI
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Si Kecil Kerap Sakit Usai Liburan? Bisa Jadi Hal-Hal Ini Pen...
27 Jun 2022
cover
Kumpulan Pertanyaan seputar MPASI yang Kerap Ditanyakan para...
29 Jun 2022
cover
5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan New Parent, Apa Saja?
16 Agu 2022
cover
Kerap Dijadikan Obat Herbal, Bolehkah Madu Diberikan ke Bayi...
29 Sep 2022
cover
5 'Kecelakaan' Tak Disengaja yang Kerap Membuat Batita Menan...
16 Okt 2022
cover
7 Kendala yang Kerap Dialami Saat Memberikan MPASI Pertama
19 Des 2022
cover
Waspada, Ini Jenis Kanker yang Kerap Menyerang Anak-Anak!
15 Feb 2023
cover
Permasalahan Kuku yang Kerap Terjadi pada Bayi
21 Feb 2023
cover
Ini Dampaknya jika Orang Tua Kerap Membanding-bandingkan Ana...
12 Mar 2023
cover
Kerap Diabaikan, Ini 3 Penyebab Anak Alami Stunting
16 Jul 2023
cover
Mitos vs Fakta seputar Vaksinasi yang Kerap Dipercaya
31 Agu 2023
cover
Kerap Dianggap Sama, Ini Perbedaan Stunting & Gizi Buruk
14 Sep 2023
cover
Deretan Perilaku Mom Shaming yang Tanpa Sadar Kerap Dilakuka...
24 Apr 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: