primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Serba-serbi Imunisasi Kejar yang Perlu Orang Tua Ketahui

Author: Fauziah Sabtuanisa

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Imunisasi, Imunisasi Kejar

Tujuan utama imunisasi adalah untuk melindungi anak terhadap penyakit tertentu. Imunisasi juga telah terbukti mampu menghilangkan penyakit dari muka dunia, seperti misalnya imunisasi cacar. MomDad perlu tahu bahwa imunisasi seharusnya dilakukan tepat waktu, sesuai dengan rekomendasi usia. Hal ini diperlukan agar kekebalan tubuh anak dapat terbentuk dengan optimal.

Namun masalahnya, terkadang jadwal imunisasi terlewat dengan berbagai alasan. Oleh karena itu, perlu segera dilakukan imunisasi kejar.

Pengertian imunisasi kejar

Imunisasi kejar merupakan kegiatan memberikan imunisasi kepada anak yang belum menerima dosis vaksin sesuai dengan rekomendasi usianya. Imunisasi kejar dapat diberikan kepada anak yang belum divaksinasi, tertinggal jadwal vaksinasi ataupun yang belum melengkapi dosis vaksinasinya.

Terlambat imunisasi 1 hari, 1 minggu atau 1 bulan, apa bedanya?

vaccination-baby-injection-arm_73944-15322.jpg

Masalah yang paling umum dijumpai adalah imunisasi tidak sesuai dengan jadwal (terlambat), tidak lengkap atau belum imunisasi. Pemberian imunisasi yang tidak sesuai jadwal atau terlambat dan belum lengkap, merupakan indikasi untuk melakukan imunisasi kejar.

Jadwal imunisasi disusun menggunakan dasar penelitian untuk mendapatkan manfaat kekebalan atau proteksi paling baik dengan efek samping yang seminimal mungkin. Keterlambatan pemberian imunisasi mengakibatkan tidak optimalnya proteksi ini. Namun, terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali, ​sehingga MomDad perlu segera mengejar imunisasi yang tertunda atau terlewat. Imunisasi yang terlambat tidak perlu diulang dari awal. Anak hanya perlu melanjutkan dari dosis yang telah diberikan. MomDad cukup menginformasikan kepada dokter mengenai dosis yang telah diterima anak, kemudian melanjutkan kelengkapan dosis imunisasi tersebut.

Pemberian imunisasi kejar dapat dilaksanakan bersamaan dengan jadwal imunisasi rutin lainnya, maupun dengan jadwal khusus. Tetapi, sebelum melaksanakan imunisasi kejar, ada baiknya MomDad berkonsultasi dulu kepada dokter spesialis anak.

Artikel ini untuk sekedar mengingatkan agar MomDad segera memeriksa kelengkapan imunisasi anak dan segera melengkapi bila ada yang tertinggal agar kekebalan tubuh anak dapat terbentuk optimal.

Yuk, cek jadwal imunisasi si Kecil sesuai anjuran IDAI melalui aplikasi PrimaKu! Tak hanya itu, MomDad juga bisa Booking Vaksin dengan Klinik Partner PrimaKu dan mendapatkan harga spesial, lho. 

Referensi:

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., PhD.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Serba-Serbi Stunting pada Anak Usia Dini yang Wajib MomDad T...
10 Mei 2022
cover
Serba-Serbi Stunting pada Anak Usia Dini yang Wajib MomDad T...
11 Mei 2022
cover
Serba-serbi Menyusui Saat Hamil yang Patut MomDad Ketahui
12 Agu 2022
cover
Serba-serbi Imunisasi yang Perlu Diketahui Orang Tua
22 Feb 2023
cover
Serba-Serbi Penyedap Rasa untuk MPASI
9 Jun 2023
cover
Tertarik Terapkan Jellyfish Parenting? Ketahui Dulu Serba-Se...
24 Nov 2023
cover
Beri Kenyamanan, Ketahui Serba-Serbi Pijat ILU pada Bayi, yu...
13 Des 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: