primaku
Mitra resmi kami:
kemenkesidaibkkbn
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Genetik Pengaruhi Tinggi Badan Anak? Kenali Familial Short Stature!

Oleh: Dhia Priyanka / dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A (Editor)

Topik: Tinggi Badan, Familial Short Stature

“Anak saya pendek bila dibandingkan teman-teman sekelasnya? Apakah ini berarti anak saya stunting?” Jawabannya, belum tentu. Perawakan pendek dapat masih merupakan varian normal, terutama bila tinggi badan orang tua juga tidak terlalu tinggi. Karena bagaimanapun, secara alamiah, anak akan mewarisi genetik kedua orang tuanya. Hal ini disebut familial short stature. 

Bagaimana sih kita dapat membedakan apakah perawakan pendek anak dapat dianggap sebagai familial short stature? Pertama, MomDad harus mengukur Tinggi Potensi Genetik (TPG). TPG adalah perkiraan tinggi akhir (tinggi dewasa) anak yang dihitung berdasarkan tinggi badan orang tua. Berikut cara menghitung TPG:

  • TPG anak laki-laki = ((TB ibu (cm) + 13 cm) + TB ayah (cm))/2 ± 8,5 cm
  • TPG anak perempuan = ((TB ayah (cm) - 13 cm) + TB ibu (cm))/2 ± 8,5 cm

Angka 12 cm adalah rata-rata selisih tinggi badan laki-laki dewasa dan perempuan dewasa di suatu populasi. Angkanya dapat berbeda di berbagai negara. Di Indonesia, selisihnya 12 cm. Angka 8,5 cm adalah rentang ketidakpastian estimasi TPG ke atas dan ke bawah. 

Setelah mendapatkan nilainya, skor-z tinggi badan anak dibandingkan dengan skor-z dari rentang estimasi TPG. Bila nilai skor-z tinggi badan anak berada di dalam rentang skor-z TPG, maka tinggi anak masih dapat disebut sebagai variasi normal untuk potensi genetiknya. 

Hal lain yang sangat penting diperhatikan dalam menilai tinggi badan anak adalah laju pertumbuhannya. Anak harus diukur pertumbuhannya secara berkala, sehingga setiap masalah yang mungkin terjadi dapat dideteksi lebih dini.


Referensi: 

Ikatan Dokter Anak Indonesia. Kalkulator Tinggi Potensi Genetik. 22 Mei 2013.

Batubara JRL, Tjahjono HA, Aditiawati. Panduan Praktik Klinis Ikatan Dokter Anak Indonesia Perawakan pendek pada anak dan remaja di Indonesia. UKK Endokrinologi IDAI. 2017

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Berat Badan Anak Dipengaruhi oleh Faktor Genetik Orang Tua?
3 Okt 2023
cover
Begini Cara Menghitung TB Rerata Anak berdasarkan Genetik
18 Apr 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
kemenkesidaibkkbn
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: