primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Kiat Memilih Car Seat yang Aman dan Tepat untuk Anak

Author: Fauziah Sabtuanisa

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti Sp.A

Topik: Car Seat

Memangku atau menggendong si Kecil saat berkendara di dalam mobil sangat berbahaya, lho. Sebab, jika terjadi kecelakaan mobil, si Kecil tidak terlindungi dan ini menjadi salah satu penyebab utama kematian dan cidera pada anak. Makanya, car seat menjadi salah satu peran penting dalam berkendara bersama si Kecil dan untuk memastikan keamanan saat berkendara. Bahkan, beberapa negara maju telah mewajibkan penggunaan car seat untuk anak dan hal ini dilindungi secara hukum.

Memilih car seat yang aman pun harus mempertimbangkan usia, ukuran tubuh anak, berat badan anak dan tentunya ukuran kendaraan. Lantas, hal apa saja sih yang sebaiknya diperhatikan saat memilih car seat?

Kiat memilih car seat yang aman

Car seat merupakan kursi mobil khusus untuk anak yang disesuaikan berdasarkan ukuran tubuh, usia, berat badan dan ukuran kendaraan untuk melindungi mereka selama berada di dalam mobil. Sebelum memutuskan membeli car seat, sebaiknya ketahui beberapa jenis car seat berikut, yuk!

  • Infant Seat

my00824_im04620_mcdc7_infant_only_carseatthu.jpg

Sesuai dengan namanya, jenis car seat ini dirancang khusus untuk anak yang baru lahir sampai menginjak usia 2 tahun dan memiliki berat badan 10kg – 16kg. Jenis car seat ini harus selalu dipasang menghadap ke belakang (rear facing).

Hal ini dikarenakan untuk mengurangi seminimal mungkin risiko anak mengalami trauma atau luka serius pada kursi yang menghadap ke belakang, sebab bagian belakang car seat akan melindungi kepala, leher, dan tubuh anak saat terjadi kecelakaan.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan penggunaan rear facing seat untuk bayi dan batita sampai mencapai batas tinggi badan dan berat badan yang ditentukan.

Yang perlu MomDad ingat adalah memilih car seat harus sesuai dengan ukuran anak, bukan dengan usianya. Beberapa infant seat dapat digunakan sebagai carrier (gendongan), kursi, stroller, atau baby rocker saat tidak digunakan sebagai car seat.

Namun, jangan biarkan si kecil berada dalam car seat terlalu lama karena dapat menghambat perkembangan motoriknya.

  • Convertible Seat

my00824_im04621_mcdc7_convertible_carseatthu.jpg

Jenis convertible seat ini merupakan car seat yang dapat dipakai anak dengan berat badan sekitar 18 kg. Jika dengan berat badan sekitar 18 kg, convertible seat ini digunakan dengan cara menghadap belakang atau sampai anak melampaui batas tinggi dan berat badan untuk posisi menghadap ke belakang.

Saat anak sudah memiliki berat badan 30kg – 36kg, car seat ini sudah bisa digunakan dengan cara menghadap ke depan atau forward facing. Convertible seat ini biasanya cukup berat dan hanya dapat digunakan untuk safety seat.

  • Forward Facing Seat

istockphoto-1178789300-170667a.jpg

Car seat jenis ini dapat melindungi anak yang memiliki berat badan 10kg – 36 kg. Forward facing seat digunakan untuk anak yang sudah tidak lagi dapat menggunakan rear facing seat dan harus digunakan selama mungkin sebelum ia bisa duduk dengan menggunakan booster seat yang bergantung pada sabuk pengaman standar untuk dewasa.

Dalam penggunaan car seat tentu saja ada standar khusus untuk memastikan keamanan anak. Sayangnya, di Indonesia belum memiliki standar keamanan car seat yang harus dipatuhi. Tapi ada beberapa jenis car seat yang telah memiliki standar dan dicantumkan pada produknya.

Misalnya, MomDad dapat mencari car seat yang memenuhi standar Amerika Serikat (Federal Motor Vehicle Safety Standard 213), atau Australia (AS/NZS 1754). Jangan lupa pastikan untuk mencobanya sendiri di kendaraan MomDad serta mengikuti petunjuk pemasangan produk dengan benar agar car seat dapat melindungi si Kecil sebagaimana mestinya.

Masa penggunaan car seat pada anak

Di Indonesia memang belum ada hukum yang mengatur tentang hal ini, namun car seat seharusnya digunakan sejak lahir hingga anak cukup besar untuk duduk di booster seat yang menggunakan sabuk pengaman dewasa demi menjamin keamanannya.

Umumnya, car seat dapat digunakan hingga usia anak mencapai 7 tahun. Anak masih dapat menggunakan forward facing seat sebelum akhirnya berpindah ke booster seat. Idealnya, saat anak menggunakan booster seat, sabuk pengaman seharusnya jatuh di tengah dada dan melingkari perut.

Nah, itu dia MomDad penjelasan mengenai kiat memilih car seat yang aman untuk si Kecil dan cara penggunaannya dengan benar. Semoga penjelasan diatas membantu MomDad untuk lebih memperhatikan keamanan untuk si kecil dengan menambahkan car seat saat berkendara.

Jika ingin tahu konten menarik lainnya, jangan lupa untuk follow @official.primaku di Instagram dan pantau terus artikel terbaru kami melalui aplikasi PrimaKu atau website primaku.com.

Referensi:

Sumber foto: iStock

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. Dr. Madarina Julia, Sp.A (K), MPH., Ph.D


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Kiat Mengatasi Tersedak pada Anak
5 Feb 2018
cover
5 Kiat untuk Mencegah Stunting, Sudah Diterapkan Belum?
15 Feb 2023
cover
Kiat Hemat & Praktis untuk Cegah Anak Stunting
6 Mar 2023
cover
Kiat Mencegah & Menangani Penyebaran Demam Berdarah
6 Apr 2023
cover
Kiat Jitu Menaklukkan Anak Picky Eater, Begini Caranya!
8 Sep 2023
cover
Setelah mengASIhi, Apa Kiat Jitu Penuhi Asupan Balita yang A...
31 Okt 2023
cover
Kiat Praktis Menyiapkan Menu MPASI di Bulan Puasa | Webinar ...
19 Mar 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: