primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Polusi Udara Memburuk, Lindungi Anak dengan Terapkan Tips Ini

Author: Dhia Priyanka

Topik: Polusi Udara, Tips, Tips Parenting, Lifestyle

Saat ini, Indonesia menduduki posisi kedua sebagai negara dengan polusi udara terburuk setelah Dubai. Tak heran, banyak orang dewasa hingga anak-anak mengalami batuk, bahkan ISPA karena kondisi udara yang sangat krisis. Tentu hal ini membuat para orang tua khawatir akan keselamatan anak, khususnya saat pergi ke sekolah. 

Demi melindungi anak dari paparan polusi udara, terutama karena sistem pernapasan anak-anak masih dalam tahap perkembangan, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan para orang tua:

  • Hindari tempat yang terpapar polusi: Cobalah untuk menghindari tempat-tempat yang memiliki tingkat polusi udara yang tinggi, seperti dekat jalan raya yang padat lalu lintas atau area industri. Jika memang harus ke tempat dengan polusi udara yang buruk, disarankan untuk menggunakan masker.
  • Pantau kualitas udara: Gunakan alat pemantau kualitas udara atau aplikasi untuk memeriksa tingkat polusi udara di sekitar. Ini akan membantu MomDad mengambil tindakan pencegahan saat tingkat polusi tinggi.
  • Tetap di rumah: Dalam situasi polusi udara yang buruk, pertimbangkan untuk tetap di dalam rumah dan menjaga jendela dan pintu tertutup untuk mengurangi paparan polusi.
  • Purifier udara: Gunakan purifier udara di rumah, terutama di ruang tidur anak. Alat ini dapat membantu menyaring partikel-partikel berbahaya dari udara.
  • Beraktivitas di luar ruangan pada waktu yang tepat: Coba atur aktivitas luar ruangan anak pada pagi atau sore hari ketika tingkat polusi udara biasanya lebih rendah.
  • Gunakan masker: Jika tingkat polusi tinggi dan tidak ada pilihan lain, pertimbangkan menggunakan masker wajah khusus yang dirancang untuk melindungi dari polusi udara. Pastikan masker pas dengan baik dan sesuai untuk anak-anak.

Jangan lupa untuk terapkan tips di atas, ya agar si Kecil dapat terlindungi dari paparan polusi udara yang tinggi.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Perhatikan, Ini Dampak Polusi bagi Anak dengan Rinitis Alerg...
5 Okt 2023
cover
Polusi Udara Semakin Parah, Begini Cara Menjaga Kesehatan Pa...
25 Okt 2023
cover
Polusi Udara Dapat Sebabkan Pneumonia pada Anak, Mitos vs Fa...
30 Apr 2024
cover
Polusi Udara Dapat Sebabkan Pneumonia pada Anak, Mitos vs Fa...
3 Mei 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: