primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Catat, Ini Dia Tanda-Tanda Bayi Siap Diberi MPASI

Author: Marisha A

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: MPASI, Featured

Usia 6 bulan merupakan masa penting dalam kehidupan seorang anak. Di usia ini, umumnya bayi mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Pada saat usia 6 bulan, kebutuhan nutrisi seorang bayi tidak lagi terpenuhi hanya dengan ASI. Oleh karena itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan MPASI harus diberikan selambat-lambatnya pada usia 6 bulan.

Pada beberapa kondisi, MPASI dapat dimulai sejak bayi berusia 4-6 bulan, misalnya apabila  kenaikan berat badan bayi tidak sesuai dengan usianya. Tak hanya soal usia dan berat badan, pemberian MPASI juga harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini ya, Mom!

Tanda kesiapan MPASI secara enzimatis

 tanda bayi siap diberi MPASI - sumber freepik 1.jpg

Salah satu tanda kesiapan makan bayi ditandai dengan kematangan enzim untuk mencerna zat tepung dan protein utuh, yaitu pada usia 4-6 bulan. Di usia 0-3 bulan, enzim pada sistem pencernaan bayi belum berkembang secara utuh, sehingga bayi belum bisa diberikan makanan selain ASI atau susu formula. Beberapa bayi juga kerap mengalami intoleransi laktosa karena enzim laktase yang berfungsi dalam memecah gula susu juga belum bekerja secara utuh.

Begitu bayi menginjak usia 4-6 bulan, enzim pencernaanya pun mulai terbentuk dan berkembang sempurna. Bayi juga mulai bisa mengkoordinasikan otot untuk menelan di dalam rongga mulut. Namun, tekstur makanan yang diberikan juga harus bertahap, mulai dari yang paling halus, kemudian semakin padat seiring dengan tahapan usianya.

Tanda kesiapan MPASI secara motorik 



Ada beberapa tanda kesiapan motorik bayi yang perlu Mom perhatikan sebelum memberikan MPASI, antara lain:

1. Mampu menegakkan leher dan kepala

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, salah satu tanda bayi sudah bisa diberikan MPASI adalah ketika ia sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri. Selain itu, pastikan bayi juga sudah bisa menahan lehernya tanpa harus bersandar atau dibantu. Jika leher dan kepala sudah tegak, bayi pun bisa menjaga keseimbangan tubuhnya saat makan.

2. Mampu duduk sendiri atau bantuan

Tanda selanjutnya yang bisa dijadikan acuan untuk memberikan MPASI adalah ketika si kecil sudah bisa duduk sendiri maupun dibantu MomDad. Akan lebih baik jika sudah bisa duduk sendiri karena ia sudah bisa menjaga keseimbangan tubuh, serta bisa meraih benda di sekitarnya.

3. Refleks menjulurkan lidah berkurang

Selama menyusu ASI eksklusif, bayi memiliki kemampuan mengisap serta menjulurkan lidahnya untuk memudahkan menyusu dari puting payudara ibu. Di usia ke enam bulan, biasanya kemampuan ini akan semakin berkurang. Jika Mom melihat ini, itu tandanya si kecil sudah siap memulai MPASI.

Tanda kesiapan MPASI secara psikologis

syarat mpasi - source freepik.jpg

Berikutnya, tanda kesiapan yang bisa menjadi pertanda bayi Mom sudah bisa memulai MPASI yaitu dari sisi psikologis yang biasanya ditunjukkan dengan ketertarikan bayi saat melihat ibu atau ayahnya makan. Jika ia mulai berusaha menarik atau mengambil makanan yang sedang Mom makan, bisa jadi itu tanda ia siap makan.

Nah, itu dia berbagai macam tanda yang menunjukkan bahwa si Kecil sudah siap makan. Apakah si Kecil di sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut? Well, jika MomDad ingin mendapatkan berbagai konten informatif lainnya seputar MPASI dan tumbuh kembang anak, pastikan sudah mengikuti akun Instagram @official.primaku dan selalu pantau artikel di aplikasinya juga, ya!


Referensi: Yuliarti K. Apa yang perlu ibu ketahui tentang MPASI. Jakarta: Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia. 2017

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Catat, Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Saat Baru Punya Anak
20 Mar 2022
cover
Catat, Ini 5 Kesalahan Menyusui yang Sebaiknya Mom Hindari!
28 Jul 2022
cover
Catat, Ini Jadwal Imunisasi si Kecil Berdasarkan Usia
10 Agu 2022
cover
Catat, Ini Penggunaan Santan yang Tepat untuk MPASI
29 Sep 2022
cover
Catat, Ini Tips Mengenalkan Berbagai Rasa pada si Kecil!
14 Okt 2022
cover
Catat, Ini Tanda Kesiapan MPASI secara Motorik!
19 Mei 2023
cover
Catat, Ini Jadwal Imunisasi Terbaru untuk Anak Usia 0-12 Bul...
22 Agu 2023
cover
Catat, Ini Jadwal Vaksinasi Dewasa Terbaru yang Dianjurkan!
12 Mar 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: