primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Inisiasi Menyusui Dini

Author: Marisha A

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti Sp.A

Topik: ASI

Tak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, menyusui juga menjadi sarana bonding atau menjalin ikatan antara ibu dan bayi. Karena itu, para ibu ingin langsung segera menyusui anaknya setelah melahirkan. Proses ini disebut dengan inisiasi menyusui dini (IMD). Proses ini juga menjadi awal yang tepat bagi Mom untuk memulai ASI eksklusif, lho! Karena itu, sebelum melakukan IMD, berikut hal yang bisa Mom lakukan untuk mempersiapkannya, yuk!

Mengetahui pentingnya IMD bagi ibu dan bayi

sumber - verywellfamily.jpg

Satu jam pertama kelahiran bayi adalah saat paling penting, karena di masa satu jam pertama ini, terjadi fase kehidupan yang mempengaruhi keberhasilan menyusui. Di fase ini, bayi memiliki insting untuk mempertahankan fungsi kehidupannya dengan mencari sumber makanan. Pada saat IMD, bayi akan diletakkan di perut atau dada ibu agar terjadi kontak kulit. Ibu akan belajar mengenali tanda bayi yang siap menyusu dan bayi dibiarkan menemukan sendiri puting susu ibu sampai selesai menyusu.

IMD juga memberikan manfaat fisiologis dan psikologis bagi ibu dan bayi. Bagi ibu, IMD akan merangsang keluarnya hormon oksitosin yang melancarkan pengeluaran ASI. Sedangkan bagi bayi, kontak skin to skin dengan ibu dapat menjaga suhu tubuh, detak jantung, dan nafas menjadi teratur. Bayi juga mendapatkan kolostrum yang kaya akan zat kekebalan, serta bayi diajak “berkenalan” dengan flora normal kulit ibu. Secara psikologis, IMD tentunya akan mempererat bonding antara ibu dan bayi. 

Memilih fasilitas medis dan tenaga kesehatan memadai

Beberapa kriteria yang bisa menjadi pertimbangan MomDad dalam memilih fasilitas medis dan tenaga kesehatan yang memadai untuk melakukan inisiasi menyusui dini, antara lain;

  • Rumah sakit memiliki kebijakan ibu dan bayi berada di dalam satu ruang perawatan.
  • Rumah sakit beserta dokter terus mendorong dan memberikan afirmasi pada ibu untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi sejak dalam kandungan, serta tidak memberikan dulu susu formula walaupun setelah melahirkan ASI ibu sulit keluar.
  • Dokter hingga perawat yang selalu sigap membantu ibu dalam proses menyusui.
  • Memberikan ibu dan bayi waktu untuk inisiasi menyusui dini segera setelah persalinan.

Namun, kriteria di atas sulit dilakukan jika Mom melakukan proses persalinan operasi caesar di luar rencana, atau kondisi Mom yang mengalami komplikasi. Jika kondisi Mom memungkinkan saat mengalami kondisi tersebut, maka IMD tetap bisa dilakukan dengan persetujuan dokter.

Perlu diingat, inisiasi menyusui dini bisa dilakukan jika Mom telah memiliki kesiapan mental dan fisik. Selain itu, peran orang-orang di sekitar juga sangat penting untuk memberikan dukungan kepada Mom untuk bisa melakukan IMD.

Kalau Mom sendiri, ingin memberikan si Kecil inisiasi menyusui dini enggak, nih? Apapun pilihannya, semoga menjadi pilihan terbaik ya untuk Mom juga si Kecil. 
Yuk, gali informasi lebih dalam mengenai tumbuh kembang anak dengan follow @official.primaku di Instagram dan pantau terus artikel terbaru kami melalui website atau aplikasi PrimaKu.

Sumber foto: Freepik
Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Persiapan Obat untuk Liburan bersama Anak
29 Jan 2018
cover
Tips persiapan memompa ASI
12 Sep 2021
cover
Persiapan Obat yang Perlu Dibawa Saat Liburan bersama si Kec...
17 Des 2022
cover
Tak Perlu Beli Baru, Gunakan Alat Masak Ini untuk Persiapan ...
18 Apr 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: