primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Tak Hanya Enak, Yogurt juga Bisa Melindungi dari Alergi & Eksim!

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Eksim, Yogurt

Tahukah MomDad bahwa beberapa studi menyatakan bahwa anak yang mengonsumsi yogurt sejak dini, dapat mengurangi risiko alergi dan eksim [1]? Selain itu, yogurt dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung probiotik, yakni mikroorganisme hidup yang menguntungkan bagi kesehatan usus. Probiotik secara positif memengaruhi keseimbangan mikrobiota usus atau flora usus, yang merupakan kumpulan mikroorganisme yang hidup di dalam saluran pencernaan kita.

Mengapa Kulit Bisa Alergi?

yogurt_2.jpg

Sebelum membahas lebih dalam mengenai peran penting yogurt dalam mengurangi risiko alergi dan eksim, MomDad perlu tahu dulu bahwa alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap zat atau kandungan tertentu, seperti kandungan skin care, bahan pakaian, hingga makanan. Sistem kekebalan tubuh menghasilkan zat yang dikenal sebagai antibodi. Ketika memiliki alergi, sistem kekebalan tubuh membuat antibodi yang mengidentifikasi alergen tertentu sebagai bahaya, meskipun sebenarnya tidak. Ketika MomDad berkontak dengan alergen tersebut, reaksi sistem kekebalan tubuh dapat menimbulkan reaksi pada kulit, sinus, saluran udara, atau sistem pencernaan.

Keparahan alergi bervariasi di setiap orang dan dapat berkisar dari iritasi ringan hingga anafilaksis, yaitu keadaan darurat yang berpotensi mengancam jiwa. [2]

Sementara, paparan alergen lingkungan tertentu, seperti tungau debu rumah atau bulu hewan peliharaan, dapat memicu eksim atau memperburuk gejalanya pada seseorang yang rentan.

Eksim pada Anak

yogurt_3.jpg

Eksim atau dermatitis atopik adalah kondisi kulit yang paling umum terjadi, terutama pada anak, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan meradang [3]. Eksim disebabkan karena lemahnya skin barrier atau pelindung kulit, sehingga menimbulkan masalah-masalah tertentu [4]. Skin barrier padahal sangat penting untuk menjaga kadar air air agar kulit tetap lembap. Selain itu, penderita eksim lebih rentan terhadap infeksi, sebab zat berbahaya bisa lebih mudah menembus ke dalam kulit.

Konsumsi Yogurt Dapat Mengurangi Risiko Alergi dan Eksim

yogurt_4.jpg

Bayi dan balita cenderung memiliki kulit yang rentan terhadap alergi dan eksim, karena belum memiliki skin barrier yang sempurna. Oleh karena itu, MomDad perlu mengurangi risiko alergi dan eksim pada si Kecil dengan mengonsumsi yogurt sejak dini. Namun, jangan asal konsumsi yogurt, yogurt yang harus dipilih harus fresh yogurt, yaitu yang masih mengandung bakteri baik yang hidup. Kalau asal pilih yogurt yang tidak mengandung bakteri baik yang hidup, maka tidak akan memberikan manfaat bagi tubuh.

Selain itu, fresh yogurt itu masih mengandung nutrisi alami yang lebih mudah terserap optimal oleh tubuh, seperti fresh milk, protein, vitamin, buah asli, krim susu cair, susu skim bubuk, hingga alergen.

Fresh yogurt mengandung bakteri baik (probiotik) seperti Lactobacillus delbrueckii subsp, bulgaricus, Lactobacillus paracasei, Lactobacillus rhamnosus, dan Streptococcus thermophilus. Probiotik ini dapat membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus yang sehat, yang berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh dan mencegah reaksi alergi [5]. Selain itu, sebuah studi menyatakan bahwa probiotik yang diberikan sebagai suplemen selama kehamilan atau masa bayi, dapat mengurangi risiko eksim atopik pada bayi [5,6].

Setiap nutrisi dan bakteri yang disebut di atas dapat membantu mencegah alergi dan eksim, membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan yang sering terjadi pada kulit eksim. Selain itu, bakteri baik dalam yogurt dapat membantu memperkuat barrier kulit, yang melindungi kulit dari alergi dan iritasi eksternal. Jika barier kulit lebih kuat, maka risiko eksim dan alergi pun berkurang.

MomDad dapat mengolah yogurt sebagai camilan si Kecil, dengan berbagai resep menarik seperti berikut:

1. Es Loli Yogurt Buah (12+ bulan)

Bahan:

  • 150 g daging semangka
  • 150 ml susu UHT
  • 100 ml yogurt tawar
  • 4 sdm kental manis

Cara membuat:

  • Masukkan semangka, susu, UHT, yoghurt, dan kental manis ke dalam blender.
  • Blender hingga halus.
  • Masukkan ke dalam cetakan es, lalu dinginkan di dalam freezer.

2. Avobanana Yoghurt (9-11 bulan)

Bahan:

  • 1 buah alpukat matang, haluskan dengan sendok
  • ½ pisang clavendis, iris
  • 1 sdm plain yogurt

Cara membuat: Sajikan avobanana yogurt dalam satu bowl. Campurkan alpukat lumat, beri topping yogurt dan pisang iris.

3. Puree Naga Mangga Yogurt (6-8 bulan)

Bahan:

  • 30 g buah naga
  • 20 g mangga
  • 2 sdm yogurt

Cara membuat:

  • Haluskan buah naga dan mangga pada masing-masing mangkuk.
  • Saring buah naga dan mangga.
  • Siapkan mangkuk, tuang buah naga dan mangga, campur dengan yogurt. Sajikan.

Untuk berkreasi menciptakan camilan berbahan dasar yogurt, Greenfields Fresh Yogurt bisa menjadi pilihan yang menarik dicoba! Kaya akan rasa dan memiliki sensasi bulir-bulir buah yang cocok untuk pengenalan tekstur baru si Kecil, Greenfields Fresh Yogurt juga mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan karena mengandung bakteri baik atau probiotik, serta nutrisi penting seperti kalsium dan protein.

yogurt_5.jpg

Greenfields Fresh Yogurt terbuat dari susu segar 100% yang diolah di peternakan dan pabrik milik Greenfields yang berstandar internasional dan menghasilkan produk berkualitas tinggi. Yogurt ini mengandung bakteri baik hidup (Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus, Lactobacillus paracasei, Lactobacillus rhamnosus, dan Streptococcus thermophilus), sehingga kualitas nutrisi terbaik untuk pencernaan dan tubuh dapat dirasakan.

Selain itu, Greenfields Fresh Yogurt juga diperkaya dengan serat pangan rendah kalori, sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan tetap lancar, sekaligus cocok sebagai camilan sehat sehari-hari. Nah, karena Greenfields Fresh Yogurt terbuat dari susu segar 100%, protein di dalamnya susu, seperti kasein, berperan penting dalam membangun dan memelihara sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat dapat membantu tubuh melawan reaksi alergi dan infeksi yang berkontribusi pada perkembangan eksim.

Greenfields Fresh Yogurt hadir dengan berbagai pilihan jenis dan rasa, antara lain:

  • Yogurt Pouch hadir dalam kemasan 110 gram yang praktis dan mudah digenggam. Dengan 7 varian rasa buah serta sensasi bulir buah-buahan, teksturnya lembut dan creamy tinggal disedot, anak-anak pun mudah mengonsumsinya karena ukurannya pas, mudah dibawa dan dapat dikonsumsi dimanapun juga.
  • Stirred Yogurt dengan tekstur yang lembut & creamy, ditambah bulir-bulir dari buah-buahan asli sehingga menambah sensasi dalam menikmati kesegarannya. Greenfields Stirred Yogurt hadir dalam 7 varian rasa dan bisa dinikmati di dalam cup dengan menambahkan topping favorit, seperti potongan buah-buahan, granola ataupun kacang-kacangan.
  • Yogurt Drink yang mengandung sari buah asli, dengan cita rasa asam dan manis yang pas dan menyegarkan, praktis dikonsumsi saat di luar rumah ataupun dalam perjalanan.

MomDad bisa dapatkan Greenfields Fresh Yogurt di e-commerce mulai dari Rp9.000, loh! Yuk, biasakan si Kecil konsumsi yogurt sejak dini untuk mengurangi risiko alergi dan eksim.

Referensi:

  1. Randi J. Bertelsen, PhD, Anne Lise Brantsæter, PhD, Maria C. Magnus, Margaretha Haugen, PhD, Ronny Myhre, PhD, Bo Jacobsson, MD PhD, Matthew P. Longnecker, MD ScD, Helle M. Meltzer, PhD, and Stephanie J. London, MD DrPH. J Allergy Clin Immunol. 2014 Jan; 133(1): 165–171.e8.
  2. Allergies - Symptoms and causes - Mayo Clinic.
  3. Atopic Dermatitis (Eczema). Mayo Clinic.
  4. Ong PY, Leung DY. The infectious aspects of atopic dermatitis. Immunol Allergy Clin North Am. 2010 Aug;30(3):309-21.
  5. Huang R, et al. Probiotics for the Treatment of Atopic Dermatitis in Children: A Systematic Review and Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials. Front Cell Infect Microbiol. 2017;7:392.
  6. Rautava S, Kainonen E, Salminen S, Isolauri E. Maternal probiotic supplementation during pregnancy and breast-feeding reduces the risk of eczema in the infant. J Allergy Clin Immunol. 2012;130:1355–60.
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Kapan Anak Dikatakan Mengalami Pubertas?
22 Jul 2017
cover
Kapan Anak dikatakan Mengalami Pubertas?
23 Mar 2018
cover
Cukupkan Yodium. Dukung perkembangan otak janin sejak dari k...
12 Sep 2021
cover
Takaran Penggunaan Gula dan Garam pada MPASI Bayi yang Perlu...
11 Mar 2022
cover
Otak-Otak Kukus
15 Mar 2022
cover
Agar Nutrisinya Tak Hilang, Begini Cara Menghangatkan MPASI ...
16 Mar 2022
cover
Agar Nutrisinya Tak Terbuang, Ini Tips Menyimpan ASI Perah y...
25 Mar 2022
cover
Penyebab Berat Badan Bayi Tak Kunjung Naik, Kenapa ya?
31 Mei 2022
cover
Haruskah Membentak si Kecil agar MomDad Terlihat Tegas?
7 Jun 2022
cover
Sampai Usia Berapa Anak Mengompol Dikatakan Normal? Cari Tah...
17 Jun 2022
cover
Rekomendasi Drama Korea yang Menceritakan tentang Kisah para...
18 Jun 2022
cover
Tinggi Badan Anak Tak Kunjung Naik, Orang Tua Harus Apa?
20 Jun 2022
cover
Tak Perlu Cemas, Begini Perkembangan Penglihatan Bayi Sejak ...
1 Jul 2022
cover
Stimulasi Anak Usia 2-3 Tahun: Petak Umpet
4 Jul 2022
cover
Anak Susah Mandi karena Takut Air? Lakukan Tips Ini, MomDad!
5 Jul 2022
cover
Tips Memberikan MPASI ala Resti Suntoso, Content Creator yan...
22 Jul 2022
cover
Manfaat ASI bagi Perkembangan Otak Anak
5 Agu 2022
cover
Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Atasi Bayi Sembelit karena MPAS...
9 Agu 2022
cover
Tak Cuma Anak, Orang Tua Juga Bisa Alami Separation Anxiety,...
13 Agu 2022
cover
Atasi Rasa Takut Anak terhadap Orang Asing dengan Cara Ini!
4 Sep 2022
cover
Penyebab Bruxism pada Anak, Kebiasaan Menggeretakan Gigi Saa...
21 Sep 2022
cover
Kapan Anak Dikatakan Speech Delay?
7 Okt 2022
cover
Benarkah Bedak Tabur Tak Aman untuk Bayi?
7 Okt 2022
cover
Tak Hanya Menyenangkan, Ini Manfaat Bermain bagi Anak!
9 Okt 2022
cover
Cara Atasi Bentol yang Tak Kunjung Hilang di Kulit Bayi
14 Okt 2022
cover
5 'Kecelakaan' Tak Disengaja yang Kerap Membuat Batita Menan...
16 Okt 2022
cover
Si Kecil Takut Coba Makanan Baru? Waspada Food Neophobia pa...
3 Nov 2022
cover
Bayi Belum Punya Gigi Tak Dianjurkan Makanan Bertekstur?
8 Nov 2022
cover
Jenis Obat yang Boleh dan Tak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui
2 Des 2022
cover
Minum dari Galon Guna Ulang, Perlu Takut atau Tidak?
2 Des 2022
cover
Di Usia Berapa Bayi Dikatakan Lambat Tengkurap?
14 Des 2022
cover
Ketakutan yang Dialami Anak Usia Batita & Cara Mengatasinya
17 Des 2022
cover
Kapan Anak Dikatakan Stunting?
23 Des 2022
cover
Ini Bahaya yang Akan Terjadi Jika MomDad Membentak si Kecil!
24 Des 2022
cover
Tak Perlu Panik, Ini Cara Efektif untuk Menenangkan Bayi Men...
14 Jan 2023
cover
Kapan Bayi Dikatakan Terlambat Tumbuh Gigi?
16 Jan 2023
cover
Si Kecil Makan Berantakan? Kenali Manfaat Messy Eating!
17 Jan 2023
cover
Batuk si Kecil Tak Kunjung Sembuh, Harus Gimana, ya?
19 Jan 2023
cover
Kapan Bayi Dikatakan Terlambat Merangkak?
24 Jan 2023
cover
Kapan Bayi Dikatakan Obesitas?
25 Jan 2023
cover
Ini Alasan Mengapa Baby Walker Tak Dianjurkan buat si Kecil
26 Jan 2023
cover
Nasi Kotak ala Jepang
13 Feb 2023
cover
Stimulasi Bayi Usia 0-3 Bulan: Menciptakan Rutinitas
15 Feb 2023
cover
Kapan Anak Dikatakan Terlambat Babbling?
27 Mar 2023
cover
Nasi Tim Gulai Otak Sapi
28 Mar 2023
cover
Anak Sakit & Menolak Makan? Lakukan Ini agar BB-nya Tak Turu...
30 Mar 2023
cover
Ini Pentingnya Kontak Mata dengan Bayi untuk Melatih Bicara
2 Apr 2023
cover
Beda Vaksin, Beda Letak Penyuntikan, Ketahui Perbedaannya!
13 Apr 2023
cover
Tak Perlu Beli Baru, Gunakan Alat Masak Ini untuk Persiapan ...
18 Apr 2023
cover
Kontak Mata dengan Bayi Bisa Cegah Speech Delay?
2 Mei 2023
cover
Bayi tak Merespon Dipanggil Nama, Tanda Gangguan?
4 Mei 2023
cover
Hal-Hal yang Sebaiknya tidak Dikatakan pada Anak
12 Mei 2023
cover
Ketakutan yang Dirasakan Anak berdasarkan Usia
23 Mei 2023
cover
Bayi Takut dengan Orang Asing, Wajar kok, MomDad!
29 Mei 2023
cover
Otak-Otak Ikan Patin
30 Mei 2023
cover
Tips Menghangatkan MPASI agar Nutrisinya tak Hilang
5 Jun 2023
cover
Kisah Maya Melawan Rasa Takut
11 Jun 2023
cover
Gangguan Bicara tak Hanya Speech Delay lho, MomDad
17 Jun 2023
cover
Tak Semua Yogurt Sama, yuk Kenali Jenisnya!
27 Jun 2023
cover
Anak Makan Sedikit, Awas Kebutuhan Nutrisinya tak Terpenuhi!
3 Jul 2023
cover
Otak-Otak Kukus
10 Jul 2023
cover
Kenapa Bayi tak Dianjurkan Makan Makanan Padat sejak Dini?
27 Jul 2023
cover
Begini Cara Optimalkan Saluran Pencernaan, “Otak Kedua” dala...
10 Agu 2023
cover
Ketahui Ciri Tidak Normal pada Anak yang Takut Mandi
11 Sep 2023
cover
Kenapa sih Bayi Takut Menginjak Rumput atau Pasir?
19 Sep 2023
cover
Di Usia Berapa Anak Mengompol Dikatakan Tidak Normal?
20 Okt 2023
cover
Kurang Tidur Bikin Kecerdasan Otak Anak Menurun?
20 Okt 2023
cover
Tak Hanya Rewel, Kenali Tanda Lain Bayi Mengantuk
23 Okt 2023
cover
Segini Takaran Gula per-Hari untuk Anak berdasarkan Usia
10 Nov 2023
cover
Seputar Vaksin Dengue di Indonesia: CYD-TDV vs. TAK-003
24 Nov 2023
cover
Tak Hanya Pintar, Kenali Jenis-Jenis Kecerdasan Anak Lainnya...
15 Des 2023
cover
Cegah SIDS, Ini Tips Ciptakan Lingkungan Tidur yang Aman unt...
22 Des 2023
cover
Tak Hanya Satu, Kenali Jenis Posyandu beserta Manfaatnya!
24 Des 2023
cover
Tak Boleh Terlewat, Ini Antropometri Penting dalam Tumbuh Ke...
4 Jan 2024
cover
ISPA dan Demam Berulang Berhubungan dengan Gangguan Perkemba...
17 Jan 2024
cover
Anak Takut Disuntik? Coba Atasi dengan Cara Ini, MomDad!
4 Feb 2024
cover
Takaran Gula & Garam pada MPASI, Berapa Sendok Perhari?
6 Mar 2024
cover
Ini Dampaknya jika Imunisasi Dasar Anak Tak Lengkap
27 Mar 2024
cover
Bayi Tidur Gelisah, Apakah Tanda Tidurnya Tak Berkualitas?
6 Apr 2024
cover
Awas, Anak yang Tak Imunisasi Lengkap Berisiko Stunting!
4 Apr 2024
cover
Tak Hanya untuk Bumil, Ini Pentingnya Cek USG bagi Wanita
16 Apr 2024
cover
Peran Penting Sistem Taktil dalam Perkembangan Sensorik Anak
25 Mei 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: