primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Viral Dimakan Cipung, Ini Fakta Nutrisi Ikan Shisamo!

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Ikan Shisamo, Ikan, MPASI, Diari Nutrisi

Ikan shisamo berasal dari Jepang. Shisamo, juga dikenal sebagai "ayu laut" dalam bahasa Jepang, adalah jenis ikan berminyak yang sering ditemukan di perairan Jepang, khususnya di sepanjang pesisir Laut Jepang. Ikan ini memiliki ukuran kecil hingga sedang dan biasanya dikonsumsi sebagai hidangan makanan di Jepang.

Ikan ini mendadak viral setelah dimakan oleh Cipung. Cipung mengonsumsi ikan shisamo dengan lahap dan langsung memakannya tanpa mempedulikan duri yang umumnya ada pada ikan. Faktanya, ikan shisamo memiliki duri kecil di sekitar siripnya, seperti halnya pada banyak jenis ikan lainnya. Duri ini umumnya halus dan tidak tajam, sehingga mudah dihilangkan saat mempersiapkan ikan untuk dimakan. Saat menyajikan ikan shisamo, biasanya duri-duri tersebut dianggap sebagai bagian normal dari ikan dan dapat dimakan bersama dengan dagingnya. Namun, jika ingin menghindari makan duri, MomDad dapat menghilangkannya sebelum mengonsumsi atau memilih ikan yang sudah dibersihkan dari durinya.

BeFunky-collage - 2023-07-11T110934.788.jpg

Ikan shisamo baik dikonsumsi untuk anak karena memiliki beberapa nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa ikan shisamo baik untuk anak:

  • Protein: Ikan shisamo merupakan sumber protein yang baik. Protein penting untuk pertumbuhan otot dan jaringan tubuh anak. Konsumsi protein yang cukup membantu dalam membangun sel-sel baru, memperbaiki jaringan tubuh, dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.
  • Asam lemak omega-3: Ikan shisamo kaya akan asam lemak omega-3, terutama EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Asam lemak omega-3 adalah komponen penting dalam pembentukan dan perkembangan otak anak. Mereka membantu meningkatkan fungsi kognitif, memori, dan kemampuan belajar anak.
  • Kalsium dan vitamin D: Ikan shisamo juga mengandung kalsium dan vitamin D. Kalsium penting untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat, sementara vitamin D membantu penyerapan kalsium dan kesehatan tulang secara keseluruhan.
  • Zat besi: Ikan shisamo juga mengandung zat besi, yang diperlukan untuk produksi sel darah merah. Konsumsi cukup zat besi membantu mencegah anemia dan mendukung energi dan perkembangan yang optimal pada anak.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, dan penting untuk mencakup variasi makanan seimbang dalam pola makan mereka. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi mengenai kebutuhan nutrisi si Kecil sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makannya.

Referensi:

  • F.A.O. (Food and Agriculture Organization of the United Nations). (2010). Fats and fatty acids in human nutrition: Report of an expert consultation. FAO Food and Nutrition Paper 91. Rome. Diakses dari
    http://www.fao.org/3/a-i1953e.pdf
  • Cho, S., & Kim, H. (2016). Effect of omega-3 fatty acid supplementation on attention and hyperactivity in children with attention-deficit hyperactivity disorder. Innovations in Clinical Neuroscience, 13(11-12), 32-37. Diakses dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5319256/
  • Novotny, J. A., Gebauer, S. K., & Baer, D. J. (2012). Discrepancy between the Atwater factor predicted and empirically measured energy values of almonds in human diets. American Journal of Clinical Nutrition, 96(2), 296-301. Diakses dari https://academic.oup.com/ajcn/article/96/2/296/4571474
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Viral Permainan Lato, Adakah Manfaatnya untuk Anak?
28 Des 2022
cover
Viral Bayi Meninggal setelah Diberi Jamu, Apa Pemicunya?
18 Jan 2023
cover
Viral Klinik Tumbang Asal Diagnosa, Lebih Selektif Pilih Kli...
10 Apr 2023
cover
Viral Anak SD Bermain Roleplay di Sosmed, Ini Dampaknya!
21 Jun 2023
cover
Viral Bayi Tertukar di RS, Perhatikan Hal Penting Ini saat A...
16 Agu 2023
cover
Pilihan Tempat Bermain Anak yang Viral, yuk Ajak si Kecil ke...
16 Sep 2023
cover
Viral Bayi Dikerok, Memang Boleh?
18 Okt 2023
cover
Viral Anak TK Lakukan Pelecehan Seksual, Begini Cara Ajarkan...
17 Jan 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: