primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Busui Makan Pedas Bikin Anak Jadi Rewel?

Author: Fauziah Sabtuanisa

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso Sp.A

Topik: Ibu Menyusui, Makanan Pedas

Selama menyusui, Mom sering kali mendapatkan banyak pantangan makanan yang dipercaya dapat memengaruhi si kecil, salah satunya adalah makanan pedas. Ada yang bilang, kalau Mom makan pedas selama menyusui akan membuat anak jadi rewel. Benar enggak, sih?

Busui makan pedas bikin anak jadi rewel?

Sebenarnya, Mom yang sedang hamil maupun menyusui tidak memiliki pantangan makanan dengan rasa tertentu, salah satunya pedas, selama Mom tidak mengalami keluhan, seperti nyeri perut, perih di area ulu hati, diare, dan sebagainya.

Penelitian menunjukkan bahwa, bayi yang terkena berbagai rasa lewat cairan amnion selama kehamilan dan ASI, akan memiliki toleransi lebih tinggi terhadap variasi rasa pada makanan saat sudah mengonsumsi MPASI.

Suatu penelitian dari Korea menyatakan bahwa terdapat beberapa jenis makanan yang umumnya dihindari saat ibu hamil maupun menyusui, antara lain kafein, makanan pedas, makanan mentah, alkohol, dan beberapa jenis makanan yang menimbulkan gas seperti brokoli, kol, kubis.

Makanan pedas dipercaya dapat menyebabkan kolik, kembung, diare dan ruam pada bayi, namun hingga saat ini belum terbukti. Beberapa jenis makanan dengan rasa yang kuat seperti bawang putih mungkin dapat mengubah rasa ASI, namun tidak terbukti menimbulkan gejala saluran cerna pada bayi. Beberapa bayi memang dapat menunjukkan intoleransi terhadap jenis makanan tertentu, namun sifatnya individual (sama seperti beberapa orang tidak bisa makan pedas), sehingga rekomendasi menghindari makanan pedas untuk semua ibu menyusui tidak memiliki bukti yang cukup.

Penyebab anak rewel

cute-baby-white-dress-is-crying-stay-with-parents-house_208349-1366.jpg

Anak yang rewel dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya lapar, tidak nyaman karena popoknya basah, nyeri perut, kepanasan, mengantuk, dan lain sebagainya. Penting bagi Mom untuk mencari penyebab yang mungkin menjadi alasan bayi rewel dan tidak langsung menunjuk pada makanan tertentu yang dikonsumsi oleh busui. 

Risiko busui makan makanan pedas

thai-spicy-chili-sauce-nam-prik-kapi-paste-with-mixed-herb-ingredient-traditional-thai-food-cuisine_640221-269.jpg

Banyak isu yang beredar bahwa ibu yang sedang menyusui tidak diperbolehkan makan makanan pedas. Nyatanya, sejauh ini belum ada cukup bukti dari efek makanan pedas terhadap bayi yang menyatakan berbahaya.

Namun, jika Mom mengalami keluhan, seperti rasa terbakar di dada, nyeri perut, diare saat mengonsumsi makanan pedas, maka segera berhenti dan hindari makanan dengan rasa tersebut.

So, Mom enggak perlu khawatir ya jika ingin mengonsumsi makanan pedas selama menyusui. Kecuali kalau Mom memiliki keluhan terentu. 

Ingin tahu tips dan informasi lainnya seputar menyusui? Ayo, baca artikel di aplikasi PrimaKu atau kunjungi primaku.com. Selain itu, MomDad bisa juga menonton seluruh tayangan ulang webinar di aplikasi, lho. Tak ketinggalan, follow juga akun Instagram dan TikTok PrimaKu supaya enggak ketinggalan update informasi seputar kesehatan anak dan parenting lifestyle!

Referensi:

Sumber foto: Freepik

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., PhD.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Busui Boleh Puasa Enggak, Ya?
7 Apr 2022
cover
Busui, yuk Penuhi Nutrisi Mom dengan Makanan Ini!
2 Agu 2022
cover
Meski Jarang Terjadi, Ini Penyebab BB Busui dapat Menurun Dr...
5 Sep 2022
cover
Busui Minum Es Bikin Bayi Pilek, Mitos vs Fakta?
12 Sep 2022
cover
5 Pilihan Nipple Cream untuk Obati Lecet pada Puting Busui
28 Sep 2022
cover
Busui Batpil, Gimana Cara Mengatasinya?
28 Nov 2022
cover
Permasalahan Menyusui pada Busui & Cara Penanganannya
13 Des 2022
cover
Cegah Dehidrasi, Ini Pentingnya Mencukupi Cairan pada Busui
13 Des 2022
cover
Kesalahan Memompa ASI yang Tanpa Sadar Dilakukan Busui
23 Feb 2023
cover
Produksi ASI Berkurang jika Busui Puasa, Benarkah?
31 Mar 2023
cover
Busui Puasa? Jangan Lupa Terapkan Tips Ini!
3 Apr 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: