primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Daftar Aktivitas Menarik untuk Mengurangi Screen Time pada si Kecil

Author: Marisha A

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti Sp.A

Topik: Tips Parenting

Saat ini tak sedikit orang tua yang memberikan gadget pada anaknya dengan tujuan agar anak tidak rewel dan menangis. Meskipun saat ini sudah zaman teknologi, namun screen time pada anak tetap harus dibatasi ya, MomDad. Screen time adalah waktu yang digunakan untuk menggunakan komputer, menonton televisi, ataupun bermain video games. Berbagai ahli menganjurkan screen time tidak lebih dari 2 jam setiap hari untuk anak yang berusia lebih dari 2 tahun. Agar anak tidak kecanduan bermain gawai, MomDad bisa mengajak anak melakukan berbagai aktivitas menarik. Apa saja, ya?

Piknik

children-s-day-little-boy-blowing-soap-bubbles-park-cute-toddler-boy-playing-with-soap-bubbles-summer-field-hands-up-happy-childhood-concept-authentic-lifestyle-image.jpg

Tidak perlu jauh-jauh keluar kota, MomDad bisa mengajak anak piknik di halaman rumah. Gelar tikar atau karpet dan bawa makanan serta minuman ringan sehat yang disukai anak. Ajak anak bergembira bersama layaknya piknik sungguhan. Kalau tidak memungkinkan, MomDad bisa membuat tenda di ruang keluarga. Bahkan, kalau perlu menginap di dalamnya, seperti ketika camping sungguhan.

Mencuci mainan

istockphoto-1226753715-612x612.jpg

Aktivitas menyenangkan lainnya yang bisa MomDad lakukan untuk mengurangi screen time anak yaitu mengajaknya mencuci mainan-mainannya. Sambil mencuci mainan, MomDad juga bisa mengajaknya bermain air dan sabun. Buatlah gelembung sabun menggunakan tangan sendiri. Anak-anak pun akan tertarik untuk ikut membuatnya. Perlu diingat ya, MomDad, sebaiknya gunakan sabun yang aman untuk anak. Jangan gunakan deterjen yang bersifat keras di kulit karena akan bisa berbahaya bagi anak jika tertelan atau terkena matanya.

Memasak

istockphoto-1205684256-612x612.jpg

Kegiatan lain yang tidak kalah mengansyikkan adalah mengajak anak memasak bersama. Tidak perlu membuat makanan yang sulit, MomDad bisa mencoba menu yang mudah dan tidak menggunakan alat-alat yang bisa berbahaya bagi anak. Misalnya dengan membuat kue-kue kering yang pengerjaannya melibatkan anak. Biarkan anak mengaduk adonan, namun tetap diawasi. Selain melatih kesabaran anak, memasak juga bisa menstimulasi kreativitas anak, lho!

Menyanyi dan menari

mother-daughter-playing-triangle.jpg

Kegiatan ini mungkin menjadi yang paling mudah karena pada dasarnya anak-anak suka mendengarkan musik dan menari. MomDad bisa menyalakan musik dan menyambungkannya ke pengeras suara. Pilih lagu-lagu anak yang menyenangkan dan ajak ia untuk menari bersama. Selain mengasyikkan, aktivitas ini juga sekaligus mengajak anak untuk banyak bergerak sehingga menyehatkan tubuh.

Membaca buku, mewarnai, dan membuat kerajinan tangan

istockphoto-1255058084-612x612.jpg

Jika MomDad sudah terbiasa membacakan buku pada anak sejak kecil, tentunya kegiatan ini bisa sangat menyenangkan. Pilihlah buku-buku cerita bergambar agar anak betah melihatnya. Selain itu, MomDad juga bisa mengajaknya mewarnai gambar, atau membuat kerajinan tangan. Gunakan alat dan bahan sederhana, misalnya playdough.

Nah, itu dia beberapa kegiatan yang bisa orang tua lakukan untuk mengurangi screen time pada anak. Kalau MomDad sendiri biasanya melakukan kegiatan apa saja, nih?

Jika ingin tahu tips parenting lainnya, MomDad bisa membaca artikel melalui aplikasi PrimaKu atau website primaku.com. Ikuti juga Instagram @official.primaku ya!

Suka dengan penjelasan di atas? Jangan ragu like, save, dan share artikelnya!

Sumber foto: iStock

Artikel ini telah ditinjau oleh Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Daftar Imunisasi Anak Lengkap yang Perlu Diketahui Para Oran...
24 Apr 2022
cover
Daftar Imunisasi Bayi yang Disubsidi oleh Pemerintah
12 Sep 2022
cover
Ini 156 Daftar Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi oleh Anak!
1 Nov 2022
cover
BPOM Perbarui 168 Daftar Obat Sirop yang Aman Dikonsumsi
18 Nov 2022
cover
Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Anak Usia Dini
11 Okt 2023
cover
Daftar Imunisasi Dasar Lengkap Bayi Usia 0-6 Bulan
19 Feb 2024
cover
Daftar Harga Vaksin Anak di PrimaKu, Bisa Cicilan & Dapat Di...
28 Feb 2024
cover
Begini Cara Mendaftarkan BPJS Kesehatan untuk Bayi Baru Lahi...
25 Mar 2024
cover
Ini Daftar Imunisasi Rutin Anak yang Dibiayai Pemerintah
19 Apr 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: