primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Gaya Parenting Asal Korea Ini Bantu Tingkatkan Kecerdasan Sosial Anak, lho!

Author: Marisha A

Editor: Dhia Priyanka

Topik: Parenting, Nunchi

Setiap orang tua punya cara pengasuhan atau gaya parenting yang berbeda-beda. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh budaya dan adat yang berlaku di suatu daerah. Seperti halnya gaya parenting di Indonesia tentu berbeda dengan di Korea Selatan. Nah, Korea Selatan sendiri punya gaya parenting yang dinamakan 'Nunchi'. Simak mengenai 'Nunchi' yang disebut mampu meningkatkan kecerdasan anak, yuk!

Ajaran leluhur Korea

Nunchi berasal dari kata 'nun' yang dalam bahasa Korea berarti mata dan 'chi' yang artinya alat ukur, sehingga bisa diartikan sebagai 'ukuran mata'. Konsep nunchi diperkenalkan oleh seorang filsuf Cina bernama Confusius kepada masyarakat Korea sejak 25 abad lalu sehingga sudah menjadi budaya penting dalam kehidupan masyarakat sana.

Euny Hong, seorang penulis buku 'The Power of Nunchi: The Korean Secret to Happiness and Success' mengungkapkan bahwa nunchi merupakan seni memahami apa yang orang lain pikirkan dan rasakan. Dengan kata lain, gaya parenting ini mengajarkan anak agar memiliki kemampuan untuk lebih peka terhadap keadaan atau perasaan orang lain.

Dengan mengajarkan dan mengasah kemampuan ini sejak kecil, seorang anak dipercaya akan mencapai berbagai hal baik dalam hidupnya, mulai dari membangun kehidupan sosial yang baik, membangun relasi kerja, memilih pasangan yang tepat, hingga mengurangi kecemasan sosial.

Penerapan nunchi dalam keseharian

Melansir The Guardian, anak-anak di Korea umumnya telah mengenal konsep nunchi sejak usia muda. Menurut Euny Hong, bahkan mereka sudah mengetahui kata 'nunchi' di usia 3 tahun. Jika seorang anak bersikap nakal, tak sedikit orang tua yang bertanya, "Apakah kamu tidak memiliki nunchi?". Hal itu mungkin terdengar kasar, namun faktanya dalam keseharian, nunchi dikaitkan dengan tata krama dan sopan santun seseorang.

Karena itu, nunchi mengajarkan anak bahwa dunia ini tidak hanya berputar di sekeliling mereka. Ada orang lain yang juga perlu dihormati, sehingga anak diajarkan untuk bijaksana dan memikirkan perasaan orang lain. Jika anak bisa menghargai orang lain sejak dini, maka akan berpengaruh pula terhadap kecerdasan sosialnya. Anak pun akan lebih mudah bergaul, dan ketika mereka sudah memasuki usia kerja, mereka akan lebih mudah menjalin relasi.

Sekolah-sekolah dasar di Korea Selatan juga menerapkan ajaran nunchi kepada para siswanya. Salah satunya adalah kegiatan membersihkan sekolah karena biasanya pihak sekolah tidak mempekerjakan petugas kebersihan.

"Bertanggung jawab terhadap lingkungan juga termasuk penerapan nunchi dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, nunchi mengajarkan anak untuk menghargai semua yang ada di sekitarnya," tutur Euny.

Tertarik mengajarkan nunchi pada si Kecil, MomDad?

Ingin tahu tips dan informasi parenting lainnya? Ayo, baca artikel di aplikasi PrimaKu atau kunjungi primaku.com. Selain itu, MomDad bisa juga menonton seluruh tayangan ulang webinar di aplikasi, lho. Tak ketinggalan, follow juga akun Instagram dan TikTok PrimaKu supaya enggak ketinggalan update informasi seputar kesehatan anak dan parenting lifestyle!

Sumber foto: iStock

Reference: https://www.theguardian.com/lifeandstyle/2019/nov/11/what-is-nunchi-the-korean-secret-to-happiness



familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Stimulasi Bayi Usia 6-9 Bulan: Tiru Gaya Mama!
29 Jan 2023
cover
Kenali 6 Gaya Merangkak Bayi, yang Mana Favorit si Kecil?
6 Apr 2023
cover
Stimulasi Kognitif: Meniru Gaya
6 Sep 2023
cover
Gaya Tidur Memengaruhi Karakter Anak?
21 Sep 2023
cover
Punya Gaya Berbeda, Ini Arti Gerakan Ngulet pada Kesehatan B...
15 Des 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: