primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Kiat Jitu Menaklukkan Anak Picky Eater, Begini Caranya!

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Picky Eater

Si Kecil susah makan? Tenang, MomDad enggak sendirian. Masalah ini hampir dihadapi oleh semua orang tua, mulai dari anaknya yang GTM hingga pilih-pilih makanan alias picky eater. Jika picky eater berlangsung terus menerus, tentu saja orang tua jadi khawatir anak tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Plus, anak mungkin menolak makan makanan sehat untuk penuhi serat dan makanan dengan nutrisi tinggi. Akibatnya, anak jadi mudah sakit serta tumbuh kembangnya pun tidak optimal.

Kebiasaan makan yang pemilih pada anak sering kali membuat si MomDad khawatir. Tapi, ada alternatif yang menarik untuk menjembatani kesenangan makan si Kecil dengan kebutuhan nutrisi yang penting, yaitu lewat asupan camilan yang sehat. Salah satu camilan sehat yang dapat menjadi solusi kreatif adalah yogurt.

Dengan memanfaatkan beragam tekstur dan rasa yogurt, MomDad dapat mengatasi picky eating, sekaligus mendorong asupan nutrisi yang seimbang bagi pertumbuhan anak. Kenapa sih yogurt? Yogurt lebih dari sekadar camilan/snacking yang lezat, lho. Yogurt kaya akan manfaat gizi, serta memiliki rasa yang beragam. Teksturnya pun bisa disesuaikan dengan selera masing-masing anak.

Mengatasi Picky Eater

Picky eater_2.jpg

Anak yang picky eater kemungkinan bosan dengan makanan yang ditawarkan. Oleh karena itu MomDad dituntut untuk lebih kreatif dalam menyiapkan makanan. Well, untuk mengatasi picky eating dengan yogurt, MomDad dapat mencoba tiga kiat jitu, di antaranya:

  • Eksplorasi ragam tekstur: Saat ini, yogurt hadir dalam berbagai tekstur. Ada yang cair, lembut seperti bubur, hingga padat. MomDad bisa mengeksplorasi tekstur makanan dengan yogurt agar si Kecil tidak bosan dengan makanannya.
  • Eksperimen dengan rasa: Umumnya, yogurt memiliki berbagai macam rasa. Selain yogurt plain, cobalah berbagai rasa yogurt, seperti vanilla, stroberi, atau rasa buah-buahan lainnya. Ini memperkenalkan anak pada variasi rasa yang berbeda.
  • Penambahan bahan nutrisi: Walaupun nutrisi yang terkandung dalam yogurt sudah kaya akan vitamin, serat, dan probiotik atau bakteri baik hidup. MomDad dapat menambahkan buah-buahan segar seperti pisang, stroberi, atau blueberry ke dalam yogurt. Ini memberikan rasa segar, sekaligus tekstur yang berbeda.

Nutrisi pada Yogurt

Picky eater_3.jpg

Selain dapat mengeksplor ketiga hal di atas, yogurt juga kaya akan:

  • Kalsium yang baik untuk kesehatan gigi dan tulang.
  • Protein yang mampu mendukung metabolisme dengan meningkatkan pengeluaran energi, atau jumlah kalori yang dibakar sepanjang hari.
  • Vitamin B, terutama B12 yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung.
  • Mineral berupa magnesium, potasium, dan fosfor yang dapat mengatur tekanan darah, metabolisme, dan kesehatan tulang.

Salah satu kandungan yogurt yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak adalah bakteri baik yogurt yang bermanfaat untuk pencernaan, sehingga mampu menjaga keseimbangan bakteri sehat di dalam usus si Kecil. Seiring waktu, camilan penuh serat yang mengandung bakteri baik yang masih hidup juga berpotensi untuk mencegah berbagai masalah kesehatan pada masa selanjutnya, termasuk obesitas dan diabetes mellitus.

Namun perlu diingat, bahwa tidak semua yogurt mengandung bakteri baik yang hidup. Dalam beberapa kasus, bakteri yogurt/probiotik di dalam yogurt mati selama proses pembuatan. Oleh karena itu, pilihlah yogurt yang bakteri baiknya masih hidup,

Picky eater_4.jpg

Nah, untuk mengeksplorasi makanan si Kecil, Greenfields Fresh Yogurt bisa menjadi pilihan yang tepat! Tak hanya mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan karena mengandung bakteri baik atau probiotik, serta nutrisi penting seperti kalsium dan protein, Greenfields Fresh Yogurt juga kaya akan rasa dan memiliki sensasi bulir-bulir buahnya. Si Kecil jadi bisa merasakan tekstur baru yang unik, deh!

Greenfields Fresh Yogurt terbuat dari susu segar 100% yang diolah di peternakan dan pabrik milik Greenfields yang berstandar internasional dan menghasilkan produk berkualitas tinggi. Yogurt ini mengandung bakteri baik hidup (Lactobacillus delbrueckii subsp, bulgaricus, Lactobacillus paracasei, Lactobacillus rhamnosus, dan Streptococcus thermophilus), sehingga kualitas nutrisi terbaik untuk pencernaan & tubuh dapat dirasakan.

Selain itu, Greenfields Fresh Yogurt juga diperkaya dengan serat pangan rendah kalori, sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan tetap lancar, sekaligus cocok sebagai camilan sehat sehari-hari. Plus, kalsium di dalamnya, mampu membantu menjaga imun tubuh dan mendukung pertumbuhan tulang pada anak.

Greenfields Fresh Yogurt hadir dengan berbagai pilihan jenis dan rasa, antara lain:

  • Yogurt Pouch hadir dalam kemasan 110 gram yang praktis dan mudah digenggam. Dengan 7 varian rasa buah serta sensasi bulir buah-buahan, teksturnya lembut dan creamy tinggal disedot, anak-anak pun mudah mengonsumsinya karena ukurannya pas, mudah dibawa dan dapat dikonsumsi dimanapun juga.
  • Stirred Yogurt dengan tekstur yang lembut dan creamy, ditambah bulir-bulir dari buah-buahan asli, sehingga menambah sensasi dalam menikmati kesegarannya. Greenfields Stirred Yogurt hadir dalam 7 varian rasa dan bisa dinikmati di dalam cup dengan menambahkan topping favorit, seperti potongan buah-buahan, granola ataupun kacang-kacangan.
  • Yogurt Drink yang mengandung sari buah asli, dengan cita rasa asam dan manis yang pas dan menyegarkan, praktis dikonsumsi saat di luar rumah ataupun dalam perjalanan.

MomDad bisa dapatkan Greenfields Fresh Yogurt di e-commerce mulai dari Rp9.000, loh! Yuk MomDad, siap sedia Greenfields Fresh Yogurt di rumah sebagai camilan sehat sehari-hari untuk keluarga, terutama bagi si Kecil yang picky eater!

Referensi:

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Kiat Mengatasi Tersedak pada Anak
5 Feb 2018
cover
Kiat Memilih Car Seat yang Aman dan Tepat untuk Anak
17 Jun 2022
cover
5 Kiat untuk Mencegah Stunting, Sudah Diterapkan Belum?
15 Feb 2023
cover
Kiat Hemat & Praktis untuk Cegah Anak Stunting
6 Mar 2023
cover
Kiat Mencegah & Menangani Penyebaran Demam Berdarah
6 Apr 2023
cover
Setelah mengASIhi, Apa Kiat Jitu Penuhi Asupan Balita yang A...
31 Okt 2023
cover
Kiat Praktis Menyiapkan Menu MPASI di Bulan Puasa | Webinar ...
19 Mar 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: