primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Sampai Kapan sih Obat Boleh Disimpan? Cari Tahu di Sini!

Author: Radhita Rara

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Obat, Tips

Mengonsumsi obat-obatan jadi salah satu cara untuk mengatasi gangguan kesehatan ringan. Biasanya, orang tua juga menyediakan obat demam, pilek, dan batuk di rumah untuk sewaktu-waktu digunakan pada anak ketika sakit. Namun terkadang, masih ada orang tua yang bingung atau keliru tentang cara menyimpan obat yang tepat di rumah. Sebenarnya, di mana sih tempat terbaik menyimpan obat-obatan? Simak penjelasannya di bawah, yuk!


Tips Menyimpan Obat di Rumah

menyimpan_obat_2.jpg

Penyimpanan yang benar dapat membantu memperpanjang potensi obat. Kamar mandi dan lemari obat bukan tempat yang ideal untuk menyimpan obat karena panas dan kelembapan. Selain itu, obat sebaiknya tidak ditinggalkan di dalam mobil yang panas. Obat tetap paling stabil dalam ruang yang kering, sejuk, jauh dari cahaya. Selalu rapatkan penutup botol resep obat dan pastikan selalu menyimpan obat di luar jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Cara Mengetahui Obat Kedaluwarsa

menyimpan_obat_3.jpg

Menurut penjelasan dari dr. Lucky, Sp.A, MomDad bisa melihat dari tekstur atau bentuk obatnya. Untuk sirup kering yang isinya antibiotik dan perlu diencerkan menggunakan air, produk tersebut memiliki batas 7 hari setelah dibuka. Sementara, untuk sirup lain seperti sirup demam, batuk pilek, atau vitamin paling lama satu bulan setelah kemasan dibuka. 

Untuk obat berbentuk puyer kalau memang anak sudah tidak sakit dan tidak membutuhkan obat tersebut lagi, sebaiknya langsung dibuang dan tidak usah disimpan. 

Sementara, untuk tablet atau kapsul karena kemasannya tertutup jangka waktunya bisa lebih lama. MomDad bisa ikuti saja tanggal kedaluwarsanya. Namun, kalau sudah terbuka, sebaiknya digunakan maksimal 2 bulan setelahnya. 

Untuk mengetahui kapan obat kedaluwarsa bisa juga dilihat dari ciri-cirinya, seperti berubah warna, berubah rasa, dan berubah bau. Untuk sirup sendiri, kalau warnanya sudah keruh, teksturnya menjadi kental dan mengendap, sebaiknya jangan digunakan lagi, ya.

Sementara untuk tablet yang kedaluwarsa ditandai dengan teksturnya yang menjadi lengket dan berbentuk seperti bubuk. Walaupun belum habis tanggal kedaluwarsa, sebaiknya jangan dipakai lagi. 

Cara Membuang Obat

menyimpan_obat_4.jpg

Membuang obat kedaluwarsa tidak boleh sembarangan lho, MomDad. Ada cara khusus untuk membuat obat agar nantinya tidak disalahgunakan atau dimakan oleh binatang, serta anak-anak. Nah, berikut cara membuang obat yang disarankan oleh FDA (Food & Drug Administration):

  • Keluarkan obat dari wadah aslinya dan campurkan dengan sesuatu, seperti ampas kopi bekas, tanah, atau pasir kucing. Hal ini untuk melindungi obat agar tidak dimakan oleh atau terlihat kurang menarik bagi anak-anak dan hewan peliharaan, serta seseorang yang mungkin dengan sengaja mencari obat di sampah.
  • Masukkan campuran obat ke dalam sesuatu yang bisa ditutup rapat (kantong penyimpanan ber-zipper yang bisa ditutup kembali, kaleng kosong, atau wadah lainnya) untuk mencegah obat tumpah atau tumpah keluar.
  • Buang wadah tersebut ke dalam sampah.

Selain itu, MomDad juga bisa membuang obat dengan cara membuangnya ke dalam saluran pembuangan (flushing).


Referensi: 

Dan Gikonyo, Anthony Gikonyo, Duncan Luvayo, & Premanand Ponoth. Drug expiry debate: the myth and the reality. Afr Health Sci. 2019 Sep; 19(3): 2737–2739.

FDA. Where and How to Dispose of Unused Medicines.


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Cara Mengukur Panjang dan...
28 Mar 2022
cover
Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Stunting dan Gizi Buruk!
19 Mei 2022
cover
Jangan Sampai Salah! Ini Cara Tepat Menjaga Kebersihan Telin...
20 Mei 2022
cover
Sampai Usia Berapa Anak Mengompol Dikatakan Normal? Cari Tah...
17 Jun 2022
cover
Si Kecil Jangan sampai Kekurangan Zat Besi!
16 Mei 2023
cover
Sampai Kapan Anak Harus Minum Susu Formula?
25 Agu 2023
cover
Biang Keringat Bayi sampai Berair, Berbahayakah?
28 Agu 2023
cover
Sampai Kapan Orang Tua Bisa Mandi bersama Anak? Ini Batasan ...
28 Nov 2023
cover
Anak Alami ADB, Sampai Kapan Perlu Terapi Zat Besi?
9 Jan 2024
cover
Anak Demam, Kompres Air Dingin atau Hangat? Jangan Sampai Ke...
11 Mei 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: