primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Tummy Time di Kasur vs Lantai, Mana yang Lebih Baik?

Author: Fauziah Sabtuanisa

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Tummy Time

Tummy time memiliki sejumlah manfaat bagi tumbuh kembang si buah hati, antara lain mengontrol kepala hingga leher, menguatkan punggung, otot bahu dan perut, serta membantu perkembangan motorik dan sensorik bayi. Karena itu, para ahli mengungkapkan jika bayi yang tidak banyak berlatih tummy time kerap mengalami keterlambatan perkembangan fisik serta keterampilan motoriknya.

Saat si Kecil melakukan tummy time, mungkin MomDad bingung, di mana sebaiknya tummy time dilakukan, di atas kasur atau lantai, ya?

Apa itu tummy time?

BeFunky-collage - 2023-04-27T163658.234.jpg

Tummy time adalah waktu saat bayi terjaga dan beraktivitas pada posisi tengkurap (di atas perutnya). Tummy time penting untuk perkembangan bayi yang dapat membantu bayi dalam memperkuat otot leher dan bahu mereka, dan merangkak, serta meningkatkan keterampilan motoriknya. [1]

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar tummy time dilakukan sesegera mungkin setelah bayi lahir dan tidak ditunda. MomDad bisa memulai tummy time dengan durasi 1-2 menit beberapa kali sehari dan harus selalu di bawah pengawasan. [2 & 3]

Kemudian, seiring bertambahnya usia bayi, MomDad dapat membiarkannya tengkurap untuk peregangan yang lebih lama, karena bayi yang lebih besar membutuhkan lebih banyak tummy time untuk membangun kekuatan.

Di mana sebaiknya tummy time dilakukan?

Saat melakukan tummy time, sebaiknya MomDad lakukan di permukaan yang datar, seperti lantai dengan menggunakan playmat atau matras keras dan kokoh. Hal ini bisa mendorong tubuh bayi untuk bisa belajar menegakan kepala, mendorong tubuhnya sekaligus berlatih berguling dan merangkak.

Jika melakukan tummy time di atas kasur, hal ini bisa menyebabkan bayi mengalami kesulitan dalam menegakan leher. Sebab, ia harus mendorong tubuhnya dengan menggunakan kedua lengannya karena alas yang terlalu empuk.

Selain itu, di atas kasur juga terdapat beberapa benda yang dapat menutup jalan napas bayi seperti selimut, bantal, guling dan lainnya. Tak hanya itu, tummy time di kasur juga memiliki risiko yang lebih berbahaya, seperti bisa mengakibatkan tertutupnya hidung atau mulut akibat ‘melesak’ di dalam kasur.

Nah, waktu yang ideal atau tepat untuk melakukan tummy time adalah setelah bayi bangun dari tidur siang atau setelah mengganti popok. Sebelum melakukan tummy time, ada beberapa hal yang perlu MomDad lakukan, di antaranya:

  • Bersihkan area lantai tummy time. Letakkan bayi untuk tengkurap di atas playmat atau handuk bersih.
  • Usahakan agar bayi tetap tengkurap selama 3-5 menit, sebanyak dua sampai tiga kali sehari.
  • Saat bayi mulai menikmati tummy time, MomDad bisa lakukan sesi yang lebih lama dan lebih sering sepanjang hari.

Namun ada hal yang perlu MomDad ketahui, jangan pernah menidurkan bayi dalam keadaan tengkurap atau posisi tummy time. Sebab, tidur dalam posisi ini merupakan faktor risiko yang signifikan untuk Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau sindrom kematian bayi mendadak.

Tips tummy time

BeFunky-collage - 2023-04-27T163715.033.jpg

Beberapa bayi akan merasa tidak nyaman pada awal tummy time dan sering muntah. Jika si Kecil merasa seperti itu, MomDad bisa coba lakukan tummy time sebelum menyusui, atau saat bayi bangun dan waspada. Apabila si Kecil masih gelisah dan merasa bosan selama tummy time, MomDad bisa coba ubah aktivitas atau lokasinya.

Nah, untuk membuat tummy time lebih menyenangkan, MomDad bisa melakukan beberapa lah di bawah ini, seperti:

  • Berbaringlah di samping bayi dan mengobrol dengannya.
  • MomDad juga bisa temani bayi saat tummy time dengan bernyanyi, membelai punggung atau tangannya yang menandakan bahwa ia sedang ditemani atau dijaga.
  • Beri mainan yang aman di dekat bayi, gerakkan dari satu sisi ke sisi lain untuk mendorong bayi agar menggerakkan kepalanya, memfokuskan matanya, dan tetap tertarik.
  • Cobalah tummy time di lokasi yang berbeda, termasuk di luar ruangan seperti taman atau tempat teduh lainnya di atas matras saat cuaca hangat.

Si Kecil paling sering melakukan tummy time di atas kasur atau lantai? 

MomDad mau share informasi atau pertanyaan seputar tumbuh kembang bersama orang tua lainnya? Yuk, ceritakan pengalaman MomDad di Forum Tumbuh Kembang! Selain itu, MomDad juga bisa bertanya seputar kesehatan si Kecil dan akan dijawab langsung oleh ahli, lho.

Referensi:

1. KidsHealth. (2022, Februari). Tummy Time diakses dari https://kidshealth.org/en/parents/tummy-time.html

2. Pregnancy Birth & Baby. (2021, 19 Oktober). Tummy time diakses dari https://www.pregnancybirthbaby.org.au/tummy-time

3. What to Expect. (2022, 1 Januari). Your Baby's Tummy Time diakses dari https://www.whattoexpect.com/first-year/week-13/tummy-time.aspx


familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Ketahui Manfaat dan Waktu yang Tepat Tummy Time untuk Bayi, ...
27 Jun 2022
cover
Stimulasi Bayi Usia 3-6 Bulan: Tummy Time
11 Des 2022
cover
Bisa Dilakukan sejak Newborn, Ini Manfaat Tummy Time untuk B...
13 Jul 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: