primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Fungsi Pendengaran Berpengaruh, lho pada Speech Delay

Author: Fitri Permata

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Pendengaran, Speech Delay, Terlambat Bicara

Ada tiga organ yang paling berperan dalam hal kemampuan bicara pada anak, yaitu otak, mulut, dan telinga. Kalau misalnya mereka ada masalah atau gangguan pada otak dan mulut, kemungkinan besar ada masalah juga dalam kemampuan berbicara. Tapi, telinga masih banyak yang belum tahu. Gangguan pendengaran pada anak juga dapat mengganggu perkembangan bicara atau speech delay, lho. Apa hubungannya sih antara telinga dan speech delay pada anak?


Menurut dr. Miza, tahap bicara anak dimulai dari kemampuan reseptif, yaitu kemampuan anak mendengar, lalu menangkap, serta mengerti omongan orang lain. Setelah sudah mengerti omongannya, baru kemudian mereka bisa mengucapkan kata-katanya atau disebut juga sebagai kemampuan ekspresif. Makanya kalau anak orang Indonesia, pasti pertama kali bisa bicara bahasa Indonesia. Itu karena yang mereka dengar sehari-hari adalah bahasa Indonesia.


speech_delay_2.jpeg


Jika ada gangguan dalam pendengaran anak, kemungkinan besar akan ada masalah juga dalam hal bicara. Jadi, jangan kaget kalau misal ada masalah bicara pada anak, justru yang dicek pertama kali adalah pendengarannya. Walaupun selama ini sepertinya orang tua merasa pendengaran anaknya baik-baik saja atau kalau orang tua merasa stimulasi bicaranya sudah benar, anak sudah tidak dikasih gadget, dan lain sebagainya, tapi perkembangan bahasanya kok terhambat atau terlambat?  Contoh lain, anaknya berusia sekitar 6 bulan tapi tidak merespon dan menoleh ketika dipanggil, segera bawa anak ke dokter untuk diperiksa, salah satunya periksa fungsi pendengarannya. 


Ucapan dan bahasa yang dapat dipahami merupakan penanda yang berguna bagi perkembangan dan kecerdasan anak secara keseluruhan. Identifikasi keterlambatan yang tepat waktu oleh dokter dapat memungkinkan intervensi dini dan mengurangi kecacatan.



Referensi:





familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Merangsang Fungsi Penglihatan pada Bayi
5 Feb 2018
cover
Ini Anjuran Asupan Vitamin dan Fungsinya untuk Metabolisme A...
28 Okt 2022
cover
Play Date: Mengajarkan Fungsi Benda
12 Jan 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: