primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Gadget Bisa Memengaruhi Speech Delay?

Author: Annasya

Editor: dr. Lucyana Alim Santoso, Sp.A

Topik: Gadget, Speech Delay, Terlambat Bicara

Gadget bisa menjadi senjata ampuh ketika si Kecil rewel. Memberikan anak gadget mungkin kerap diterapkan pada banyak orang tua agar anaknya tetap tenang. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan pada anak bisa berdampak pada tumbuh kembangnya, terutama speech delay atau keterlambatan bicara. Memang apa sih hubungan antara penggunaan gadget pada anak dengan speech delay? 

Penggunaan gadget berlebihan sejak usia anak masih sangat dini menyebabkan anak kurang interaktif dan komunikatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fernandez dan lainnya, di Manado tahun 2020, ditemukan hubungan antara penggunaan gadget lebih dari dua jam sehari dengan keterlambatan bahasa [1].

Mengapa Gadget Bisa Memengaruhi Kemampuan Berbicara Anak? 

speech_delay_2_(2).jpg

Interaksi anak dengan gadget adalah interaksi satu arah, sedangkan anak memerlukan interaksi dua arah dalam belajar bicara. Anak yang sejak usia sangat muda sudah terpapar gadget dengan intensitas tinggi dan sangat tinggi kurang mendapat stimulasi indrawi dan juga menjadi kurang peduli dengan orang lain, tidak tertarik diajak berkomunikasi dengan orang tuanya, dan kurang memberi respon saat diajak berbicara. Sementara, untuk dapat berbahasa ekspresif, anak perlu belajar mendengar, merespon, dan juga memahami perkataan orang tuanya.

Durasi Waktu Penggunaan Gadget yang Disarankan

speech_delay_3.jpg

Anak di bawah dua tahun disarankan untuk tidak menggunakan gadget sama sekali, kecuali untuk panggilan video [2]. Anak usia 2-4 tahun diperbolehkan menggunakan gadget 1 jam sehari, dan untuk anak di atas 4 tahun diperbolehkan menggunakan gadget 2 jam sehari dalam waktu terbagi.

Untuk memudahkan MomDad dalam mengatur waktu dan jenis penggunaan gadget pada anak, berikut cara yang bisa dilakukan:

  • Untuk anak di bawah dua tahun, hindari penggunaan gadget untuk menenangkan atau menstimulasi anak. Pada usia di bawah dua tahun, anak sangat membutuhkan interaksi dengan orangtuanya, terutama untuk belajar bicara.
  • Untuk anak berusia 2 tahun ke atas, batasi waktu anak menggunakan gadget sesuai rekomendasi. Pilih tontonan edukatif yang sesuai usia anak dan dampingi anak selama menggunakan gadget. Bangun interaksi selama anak menggunakan gadget, sehingga anak tidak tenggelam dalam layar sendirian. 

Gadget bisa menjadi salah satu alat belajar untuk anak. Namun, MomDad perlu memperhatikan penggunaannya agar anak tidak kecanduan main gadget sampai memengaruhi perkembangan anak dalam berbicara karena bagaimanapun juga, interaksi MomDad dengan anak lebih penting. 


Sumber foto: Freepik

Referensi:

  1. Fernandez R, Lestari H. Hubungan penggunaan gawai dengan keterlambatan bahasa pada anak. Sari Pediatri. 2019;21:231-5.
  2. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Hindari gawai terlalui dini cegah anak telat bicara. 29 July, 2021. 

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Supaya Tidak Ketergantungan Main Gadget, Ini Rekomendasi Mai...
8 Mei 2022
cover
Anak Makan sambil Main Gadget? Waspada Perilaku Mindless Eat...
2 Agu 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: