primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Awas, Anak yang Tak Imunisasi Lengkap Berisiko Stunting!

Author: Tim PrimaKu

Topik: Vaksinasi, Imunisasi, Stunting

Status gizi balita memiliki peran penting dalam tumbuh kembang, termasuk kecerdasan. Gizi buruk pada masa bayi dan anak, terutama yang berusia kurang dari 5 tahun, dapat mengakibatkan stunting dan kecerdasan anak. Memberikan imunisasi lengkap menjadi salah satu cara untuk mencegah stunting pada balita. Bagaimana sih hubungan antara imunisasi lengkap dapat memengaruhi risko stunting?


Hubungan antara Imunisasi dan Stunting

Imunisasi_anak_tak_lengkap_(1).jpg

Stunting merupakan masalah kesehatan yang masih menjadi beban di negara kita. Stunting adalah perawakan pendek yang disebabkan oleh malnutrisi dan/atau penyakit kronik. Perlu diingat bahwa, stunting merupakan salah satu penyebab perawakan pendek, tetapi tidak semua perawakan pendek adalah stunting.

Sementara imunisasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan pemberantasan penyakit menular. Angka kematian bayi dan balita yang tinggi di Indonesia menyebabkan turunnya persentase kesehatan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah program pemberian imunisasi dasar bagi bayi dan balita secara lengkap. Well, untuk mendapatkan imunisasi lengkap, MomDad bisa melakukan Booking Vaksin di PrimaKu dan mendapatkan potongan harga setiap bulannya.

Imunisasi adalah upaya untuk menimbulkan dan meningkatkan kekebalan terhadap penyakit pada bayi, yang dilakukan dengan suntikan. Imunisasi yang tidak lengkap dapat menyebabkan imunitas balita menjadi lemah, sehingga mudah untuk terserang penyakit infeksi. Anak yang mengalami infeksi, jika dibiarkan dapat berisiko menjadi stunting

Memberikan imunisasi dasar yang lengkap pada anak sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Pemberian imunisasi.dasar tersebut diharapkan anak terhindar dari gangguan.tumbuh kembang, serta penyakit yang sering.menyebabkan cacat atau kematian dengan imunisasi dasar yang wajib didapatkan mulai usia 0 – 9 bulan seperti imunisasi hepatitis B, BCG, polio/IPV, DPTHB-HiB, dan campak. 


Dengan demikian, imunisasi lengkap pada anak tidak hanya melindungi mereka dari penyakit kronik yang dapat menyebabkan stunting. Jadi, pastikan jadwal imunisasi si Kecil tidak terlewat ya, MomDad.


Referensi:

Palupi. Pengaruh Penyuluhan Imunisasi terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Imunisasi Dasar Lengkap pada Nati Sebelum Usia 1 Tahun. Published online 2017.

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Awas, waspadai tanda terlambat bicara!
24 Nov 2021
cover
Awas, Bayi Berisiko Overstimulasi karena Situasi Ini
4 Sep 2023
cover
Awas, Kualitas Tidur Anak dapat Terganggu karena Hal Ini
26 Sep 2023
cover
Awas, 5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Anak Cacingan!
28 Sep 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: