primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Catat, Ini Jadwal Vaksinasi Dewasa Terbaru yang Dianjurkan!

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Afiah Salsabila

Topik: Jadwal Vaksin, Vaksin Dewasa

Vaksinasi adalah salah satu upaya pencegahan penyakit menular yang paling efektif untuk memutus rantai penularan penyakit. Tak hanya anak, orang dewasa, termasuk MomDad juga membutuhkan vaksinasi. Sama halnya seperti anak, orang dewasa juga memiliki jadwal imunisasi yang telah direkomendasikan. Well, berikut jadwal imunisasi dewasa terbaru yang dianjurkan oleh Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI Tahun 2023 beserta dengan penjelasannya.


jadwal_vaksin_dewasa.png

Catatan kaki:

1. Influenza

Semua orang dewasa dianjurkan untuk vaksinasi influenza satu kali setiap tahun dan sepanjang tahun. Beberapa kelompok/kondisi yang sangat dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi influenza adalah orang dengan gangguan pernapasan kronik, penyakit ginjal kronik, gangguan kardiovaskular (gagal jantung, penyakit jantung koroner, hipertensi, aritmia, gangguan katup jantung, defek kongenital), diabetes melitus, imunokompromais (HIV/AIDS), kanker, dan lainnya), obesitas morbid, lansia, karyawan/pekerja, tenaga kesehatan, perokok, pelancong (traveller), orang yang tinggal di panti jompo/tempat penampungan, dan calon jemaah haji/umrah. Vaksin ini juga dianjurkan bagi ibu hamil.

2. Tetanus, Difteri, Pertusis (Td/Tdap)

Selain dapat menyerang anak-anak, difteri juga dapat mengenai orang dewasa yang kadar difteri antibodinya rendah. Orang dewasa menggunakan vaksin Td/Tdap, yang merupakan vaksin DTP dengan reduksi antigen difteri dan pertusis. Untuk mencegah tetanus neonatorum, status imunisasi tetanus bagi WUS (Wanita Usia Subur) dan calon pengantin perempuan juga harus diperhatikan.

3. Varicella (Cacar Air)

Varicella merupakan vaksin hidup, di mana semua orang dewasa yang tidak terbukti pernah mengalami cacar air atau tidak memiliki kekebalan tubuh terhadap varicella, dianjurkan untuk vaksinasi. Vaksin ini dapat menyebabkan cacat janin bila infeksi primer terjadi pada trimester pertama kehamilan, sehingga dianjurkan diberikan sebelum menikah/hamil. Diperlukan waktu minimal 4 minggu untuk boleh hamil setelah vaksinasi terakhir.

4. Human Papillomavirus (HPV) untuk Perempuan

Vaksinasi HPV untuk perempuan menggunakan vaksin bivalen, quadrivalent, atau nonavalent. Waktu pemberian terbaik untuk mendapatkan efektivitas maksimal adalah sebelum aktif secara seksual. Vaksin ini dapat diberikan hingga usia 45 tahun dan tidak direkomendasikan untuk ibu hamil. 

5. Human Papillomavirus (HPV) untuk Laki-Laki

Vaksinasi HPV untuk laki-laki disarankan menggunakan quadrivalent atau nonavalent yang mengandung serotipe 6 dan 11 untuk mencegah penularan kondiloma akuminata/kutil kelamin. Vaksinasi HPV pada laki-laki dapat diberikan hingga usia 26 tahun.

6. Zoster

Zoster merupakan vaksin hidup yang perlu diberikan 1 dosis untuk semua individu berusia 50 tahun ke atas dengan atau tanpa episode zoster sebelumnya. 

7. Measless/Campak, Mumps/Gondongan, Rubella/Campak Jerman (MMR)

Vaksin ini sangat dianjurkan bagi tenaga kesehatan, pelancong, dan orang yang tinggal di asrama, lingkungan padat, serta  saat terjadi wabah. Jika belum pernah mendapatkan vaksin MMR saat kecil, maka perlu diberikan 2 dosis. Namun jika sudah pernah, cukup diberikan 1 dosis saja. Vaksin MMR dapat diberikan kepada perempuan sebelum menikah/hamil, minimal 4 minggu untuk boleh hamil setelah vaksinasi terakhir, dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

8. Pneumokokal Konjugat 13-valent (PCV13)

Dianjurkan untuk usia 19 tahun ke atas, khususnya kelompok penderita penyakit kronis, seperti penyakit jantung kronik, penyakit paru kronik, diabetes melitus, penyakit hati kronis, alkoholisme dan kebiasaan merokok. 

9. Pneumokokal Polisakarida (PPSV23)

Vaksinasi semua orang berusia 50 tahun ke atas, khususnya seluruh calon jemaah haji dan umrah, perlu dipertimbangkan. 

10, 11. Meningitis Meningokokal Polisakarida dan Konjugat

Vaksinasi ini tidak diberikan secara rutin. Sejak tahun 2023, vakin ini hanya diwajibkan untuk jemaah haji dan sangat dianjurkan untuk jemaah umrah. Ibu hamil dan menyusui dapat diberikan vaksin meningitis meningokokal polisakarida dan konjugat dengan pertimbangan manfaat yang diperoleh lebih besar daripada risiko.

12. Hepatitis A

Diberikan pada semua individu, khususnya untuk peloncong dan penjamah makanan.

13. Hepatitis B

Diberikan pada semua orang dewasa tanpa terkecuali, dengan anjuran untuk memeriksa HbsAg terlebih dahulu.

14. Hepatitis A dan Hepatitis B (Kombinasi)

Bila tersedia, gunakan vaksin kombinasi hepatitis A dan hepatitis B. Selain lebih ekonomis, kesempatan untuk meningkatkan cakupan imunisasi lebih besar.

15. Hepatitis A dan Typhoid (Kombinasi)

Vaksin kombinsasi diberikan sebagai dosis pertama. Untuk dosis berikutnya, gunakan vaksin hepatitis A dan typhoid terpisah sesuai jadwal.

16. Typhoid Fever (Demam Tifoid)

Sebagai negara endemis, vaksin ini dianjurkan untuk semua orang dan dilakukan pengulangan vaksin setiap 3 tahun.

17. Yellow Fever (Demam Kuning)

Vaksin ini tidak diberikan secara rutin dan hanya diberikan kepada calon pelancong ke negara-negara tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

18. Japanese Encephalitis (JE)

Vaksin ini diberikan pada seseorang yang akan bepergian ke daerah endemik JE.

19. Rabies

Vaksin ini tersedia di rumah sakit dan puskesmas yang sudah ditunjuk sebagai Rabies Center atau Pusat Layanan Gigitan Hewan Tersangka Rabies.

20. Vaksin COVID-19

Setelah suntikan primer, diperlukan pemberian booster karena pada umumnya antibodi COVID-19 menurun setelah 6 bulan. Pemberian vaksin COVID-19 dan vaksin lain, jika memungkinan diberikan jarak waktu 14 hari. Namun, apabila waktu mendesak, dapat diberikan secara bersamaan.

21. Dengue

Vaksin ini diberikan pada orang dewasa usia 19-45 tahun. Vaksin dengue ditujukan untuk pencegahan penyakit dengue yang disebabkan oleh serotipe virus dengue apapun pada individu usia 6-45 tahun.

22. Polio IPV

Vaksin ini diberikan 1 dosis pada calon jemaah haji di wilayah tertentu. 

B-Cover.png

Nah, saat ini PrimaKu menyediakan Vaksin Dewasa untuk MomDad, lho! Jadi, MomDad bisa melakukan Booking Vaksin sekaligus bersama dengan si Kecil, sehingga vaksinasi lebih mudah dan praktis. Yuk, manfaatkan potongan harga hingga Rp100.000 dengan Booking Vaksin di PrimaKu!

Jika memiliki pertanyaan seputar vaksinasi, MomDad bisa menghubungi Dokmin melalui Whatsapp di nomor 0877-8688-881.

Referensi: Satgas Imunisasi PAPDI 2023

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Catat, Ini Dia Tanda-Tanda Bayi Siap Diberi MPASI
4 Mar 2022
cover
Catat, Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Saat Baru Punya Anak
20 Mar 2022
cover
Catat, Ini 5 Kesalahan Menyusui yang Sebaiknya Mom Hindari!
28 Jul 2022
cover
Catat, Ini Jadwal Imunisasi si Kecil Berdasarkan Usia
10 Agu 2022
cover
Catat, Ini Penggunaan Santan yang Tepat untuk MPASI
29 Sep 2022
cover
Catat, Ini Tips Mengenalkan Berbagai Rasa pada si Kecil!
14 Okt 2022
cover
Catat, Ini Tanda Kesiapan MPASI secara Motorik!
19 Mei 2023
cover
Catat, Ini Jadwal Imunisasi Terbaru untuk Anak Usia 0-12 Bul...
22 Agu 2023
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: