primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Galau Imunisasi Bayi Prematur

Author:

Topik: Prematur

Apakah bunda memiliki bayi prematur, dan saat ini sedang bingung kapan bayi prematur harus diimunisasi? Apakah aman jika bayi prematur diimunisasi? Temukan jawabannya disini yuk bund!

Imunisasi untuk bayi Prematur

Bayi prematur dapat diimunisasi sesuai usia kronologisnya (lihat artikel tentang usia koreksi vs. usia kronologis ), yaitu usia sesungguhnya bayi terlahir di dunia ini. Tentu saja jika kondisi bayi stabil dan baik. Misalnya, jika bayi normal dapat diimunisasi DPT pada usia 2 bulan, atau paling cepat pada usia 6 minggu, maka bayi prematur juga dapat diimunisasi DPT pada usia kronologis 2 bulan, mengikuti jadwal imunisasi IDAI 2020.

Perhatian khusus untuk vaksin Hepatitis B 

Pada bayi prematur dengan berat lahir < 2000 gram, imunisasi hepatitis B sebaiknya ditunda hingga usia bayi mencapai 1 bulan atau berat badan mencapai 2000 gram. Hal ini karena di bawah usia kronologis 1 bulan, respon imun yang dihasilkan untuk imunisasi tersebut belum adekuat.

Namun, jika ibu bayi berstatus HBsAg positif, maka bayi prematur harus mendapat imunisasi Hepatitis B DAN hepatitis B imunoglobulin (HBIg) dalam 12 jam pertama kehidupan. Apabila bayi prematur < 2000 gram diimunisasi hepatitis B, maka dosis yang diberikan saat lahir ini tidak dianggap dosis primer, sehingga harus diulang kembali saat usia 1 bulan atau bersamaan dengan vaksin DTP combo. 

Bayi prematur rentan mengalami komplikasi akibat infeksi/penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, sehingga imunisasi sesuai jadwal rekomendasi menjadi sangat penting. Ibu tidak perlu mengkhawatirkan keamanan vaksin untuk bayi prematur karena vaksin yang tersedia saat ini aman diberikan untuk bayi cukup bulan maupun bayi prematur. Risiko terjadinya efek samping terkait vaksin tidak berbeda antara bayi prematur dengan bayi cukup bulan. Pada beberapa jenis vaksin, kekebalan yang dihasilkan tubuh bayi prematur pasca imunisasi memang tidak setinggi pada bayi cukup bulan, namun tetap menghasilkan kadar antibodi yang protektif.

Jadi jangan ragu lagi untuk segera melakukan imunisasi bayi prematur sesuai jadwal ya bunda! Yuk kita lindungi anak-anak kita dari penyakit yang sudah ada pencegahannya!

 

Daftar bacaan:

  1. Gagneur A, Pinquier D, Quach C. Immunization of preterm infants. Hum Vaccin Immunother. 2015 Nov; 11(11): 2556–2563.
  2. https://www.healthychildren.org/English/safety-prevention/immunizations/Pages/Immunizations-For-Preterm-Babies.aspx
  3. Saari TN. Immunization of preterm and low birth weight infants. American Academy of Pediatrics Clinical Report. Pediatrics 2003;112;193
familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Masih Galau Imunisasi Bayi Prematur? Ketahui Informasi Lengk...
24 Mar 2022
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: