primaku
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu di:
playstoreappstore

Tunda Imunisasi jika Anak Alami Hal Ini

Author: Dhia Priyanka

Editor: dr. Dini Astuti Mirasanti, Sp.A

Topik: Vaksinasi, Imunisasi

Imunisasi dibutuhkan oleh setiap anak untuk mencegah penyakit mematikan. Imunisasi sesuai jadwal juga dianjurkan untuk memastikan bahwa vaksin diberikan pada usia ketika sistem kekebalan anak paling responsif dan dapat membentuk imunitas yang optimal terhadap penyakit. Namun, ada beberapa kondisi di mana imunisasi perlu ditunda. Dalam kondisi apa saja sebaiknya imunisasi anak ditunda?


1. Sakit kronik

Sebaiknya, tunda imunisasi jika Si Kecil menderita penyakit kronis, seperti kanker. Sebab, reaksi imunisasi, seperti demam, dapat menyulitkan diagnosis dan penanganan terhadap penyakit kronis. Gejala penyakit dapat disalahartikan sebagai reaksi tubuh terhadap imunisasi. Konsultasikan dengan dokter yang merawat mengenai kapan anak boleh mendapatkan imunisasi.


2. Alergi 

Jika si Kecil punya riwayat reaksi alergi yang berat setelah imunisasi, sebaiknya tunda imunisasi. Konsultasikan dengan ahli mengenai kondisi ini sebelum membuat jadwal ulang imunisasi.


3. Demam Tinggi

Anak yang alami demam tinggi, yaitu lebih dari 38,3 derajat celcius, sebaiknya perlu menunda imunisasi. Demam tinggi dapat membuat dokter kesulitan mendeteksi jika terjadi reaksi tertentu setelah anak diimunisasi.


4. Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Menurunnya sistem kekebalan tubuh biasanya dialami anak yang menjalani kemoterapi atau pengobatan tertentu setelah transplantasi, atau anak yang baru saja mengalami infeksi virus seperti campak


Sakit Ringan yang Masih Diperbolehkan Imunisasi

Anak yang sedang mengalami sakit ringan umumnya masih boleh diimunisasi. Pasalnya, sakit ringan yang dialami anak tidak akan memengaruhi respons tubuh terhadap imunisasi. Pemberian imunisasi justru membangun perlindungan terhadap penyakit pada anak yang sakit ringan seperti halnya pada anak yang sehat.

Umumnya, anak dengan kondisi berikut ini masih boleh mendapat imunisasi:

  • Demam ringan, kurang dari 38 derajat Celcius
  • Infeksi telinga atau otitis media
  • Diare ringan
  • Batuk atau pilek
  • Sedang mengonsumsi antibiotik


Meskipun vaksinasi biasanya aman untuk anak dengan penyakit ringan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum imunisasi. Dokter dapat menilai kondisi kesehatan anak secara keseluruhan dan memberikan rekomendasi terbaik. MomDad juga bisa melakukan konsultasi sebelum si Kecil imunisasi dengan Dokmin melalui WhatsApp di nomor 0877-8688-881. Selalu pantau jadwal imunisasi si Kecil dan lakukan Booking Vaksin melalui PrimaKu untuk dapatkan berbagai promo setiap bulannya.


Referensi: Tunda Imunisasi Anak jika Ia Mengalami Ini 

familyfamily
Baca artikel tumbuh kembang anak di PrimaKu!
Unduh sekarang
playstoreappstore
Rekomendasi Artikel
Lihat semua
cover
Meskipun Wajib, Ternyata Imunisasi Dapat Ditunda Jika si Kec...
6 Apr 2022
cover
Tunda Vaksinasi jika si Kecil Alami Kondisi Ini!
26 Feb 2024
primaku
Aplikasi tumbuh kembang anak Indonesia. Didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
Mitra resmi kami:
idaikemenkes
Unduh PrimaKu
playstoreappstore
© 2023 All rights reserved PRIMAKU, Indonesia
Cari kami di: